Kerusakan Bearing karena Tight Fit

Bila bearing bore terlalu sempit terhadap poros / shaft , inner-race sangat sulit dimasukan keporos (interference fits terlalu kecil), mengakibatkan hal yang  buruk sekali.

Akibatnya yang terjadi yalah
Timbul semacam preload, inner race menanggung beban atau tegangan
· inner bisa strees karena harus menahan beban permanen dari besarnya  shaft,
· timbul tegangan pada inner dan mungkin terpaksa mengembang keluar.
· Akibatnya internal clearence di ball bertambah kecil, maka ball teralalu sempit geraknya.
· Maka ball menanggung beban yang berlebihan, kemudian timbulah panas yang berlebihan
· Jika di jalankan terus, bearing mengalami cepat aus dan premature fatigue

Tanda kerusakan
Lintasan ball di inner dan outer melebar dan  berubah warna  (biru/ coklat atau merah ) seperti overheating.
Perbaikannya.
Shaft harus di ganti atau direkondisi sehingga antara bearing dan shaft sligtly-fit. Lihatlah clearence yang tepat pada tabel interference fits / clearence bearing , karena besar bearing menentukan harga tsb.
Misal : bore inner sama dengan diameter shaft, maka cara memasangnya harus memanaskan bearing dengan apa dan berapa maximum temperature yang diperbolehkan.
Pemanasan bearing tidak diperbolehkan dengan nyala api. yang dianjurkan adalah dengan electrical heater atau direbus dengan lub oil panas dengan panas yang dikontrol. 

Pre load failure

8 Responses to Kerusakan Bearing karena Tight Fit

  1. abdul syukur says:

    pak,bagaimana cara membuka trhust bearing yang diduga sudah bersatu dengan porosnya akibat karat atau akibat panas yang berlebihan

  2. soemarno says:

    P.A.Syukur. memang tidak ada buku atau teori yang membahas itu.yang pernah lakukan: memotong dengan gerinda atau torch(potong api. ada resiko luka di shaft. jika ada luka dapat diperbaiki dengan “metalizer” dibutut lagi. toh akibat karatan diameter juga sudah tidak persisi lagi. maka diameter perlu di rekondisi, sehingga bearing dapat dipasang sesuai. semoga berhasil.

  3. edi says:

    pak…?berapa toleransi pembuatan shaft yg kontak langsung dgn bearing??
    Jawab: yg ditanyakan shaft utk bearing sleeve(jenis bantalan metal) atau bearing Rolling (ball bearing)?

  4. ENDI says:

    Pengalaman bapak sangat baik sekali dan mau sharing sam kita, semoga bapak bertambah pengalaman lagi dan menambah wawasan kit.
    terima kasih

  5. Endi says:

    DH,
    Saya ada masalah yang mau saya tanyakan kepada bapak, saya ada mesin pakai bearing besar type 21358 dengan putaran rendah beban 60 ton. masalah yang sering terjadi kerusakan pada bearing, sedangkan harga bearing mahal , saya sudah diskusi dengan skf dan sampai saat ini masih ada masalah. 1, grease apa yang cocok untuk beban berat dan putaran lambat tolong beri specnya.
    terima kasih sebelumnya.
    Endi

  6. soemarno says:

    P Endi. tlng informasi berapa(rpm)putaran,pelumasn pakai(grease NGLI berapa), berapa temp tertinggi.tanda2/bekas kerusakan seperti apa.(lagi cari file saya belum ketemu) tetapi putaran lambat pakai grease yang lebih kental dari putaran cepat.jadiangka NGLI tambah satu angka. dan pilih yang EP. salam Soemarno

  7. ferdy says:

    mau tanya pa,kalau motor panas dan suaranya keras, trus sudah d ganti bearng tp msh goyang gmn itu pa?
    jawab: bisa saja cara mengganti bearing belaun benar, jenis bearing salah, salah pasang, rotor tidak balance, coipling misalignment dan banyak lagi beberapa kemungkinan.

  8. Faris says:

    Pak mau tanya,
    saya ada memesan bearing, dengan spec yang diberikan oleh pabrikan.
    Kemudian setelah bearing jadi, pabrikan sebelum mengirim bearing tersebut meminta confirm dari kami tentang deviasi yang terjadi.
    Confirm yang diminta adalah sbb:
    . outer race run-out measurement should be 0.005″ but the bearing has an outer ring run-out of 0.017″ which is 0.012″ out of specification.
    . Inner race run-out measurement should be 0.005″ but the bearing has an inner ring run-out of 0.010″ which is 0.005″ out of specification.
    apakah yang dimaksud dg run-out tsb.
    apa yang terjadi jika bearing tersebut kami pasang..? (apakah akan sesak di rumahnya, baik yg outer maupun yang inner)terimakasih
    jawab: run out itu” ketidak rataan /ketidak lengkungan. atau deviasi/tidak rata. berapa besar bearing, utk dipasang di mesin apa?
    saya kurang mengerti maksud.apakah kita pesan bearing dan tidak dapat memenuhi syarat yg kita minta? betul, jika ada deviasi/selisih tsb diatas tentu berakibat kurang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>