Optimalkan system Motor Listrik Anda

Bagaimana Meng “OPTIMALKAN” Sistem Motor Listrik
Sistem penggerak mesin dengan motor listrik di dalam semua industri diperkirakan mengkonsumsi tenaga listrik sebesar 70% dari total pemakaian keseluruhan. Dengan asumsi tsb. maka mengoptimalkan sistem perlu diusahakan agar dapat menghemat tenaga listrik, yang berarti dapat menghemat tenaga listrik dan uang yang sangat signifikan.
Misal : menghemat 10% dari  setiap 10 MW adalah 1 MW Berapa uangnya yang bisa dihemat?
Berapa bahan bakar yang dapat dihemat?
berapa derajat Global warming yang dapat dikurangi?

Kasus apa yang dapat di hemat ?
Sistem penggerak motor listrik terdiri dari beberapa element :
* Sistem supply /sumber listrik ke motor
* sistem motor control.
* Motor listrik yang dipasang
Sumber tenaga listrik
Sangat penting sekali merancang dan memasang sistem tenaga listrik yang memenuhi standard atau safety code, minimum downtime, dan mengurangi rugi-rugi listrik. Sistem yang ada harus selalu secara berkala di cek dan dievaluasi jika ada problematic.
1. Jaga voltage/tegangan
Tegangan listrik harus dijaga agar sedekat mungkin dengan spesifikasi tegangan yang tercantum di plat-motor, dengan maksimum perbedaan 5%. Meski motor dirancang dapat dioperasikan pada beda teganan 10%, tetapi angka 10% mengakibatkan kerugian dan perubahan2 lain cukup signifikan, al : (lihat gambar ….)

                                   Tegangan versi performance

Perubahan al sbb:
menurunkan efisiensi,
menurunkan power faktor
menurunkan umur motor.
Jika tegangan sumber kurang dari 95% berakibat efisiensi berkurang 0,2 – 0,4 dan panas winding akan naik 20F berarti menurunkan umur winding/isolasi. Pengukuran tegangan harus dilakukan sedekat mungkin dikabel terminal motor.
Dari gambar terlihat jika tegangan listrik kurang dari 95%, berakibat sbb :
= efisiensi turun sebesar 2%
= arus starting turun 5%
= torsi start turun 10%
= arus beban penuh naik 4%
2. Minimize un-balance phase
Voltage/tegangan setiap phase pada sistem tiga phase harus sama, simitris, dan berbeda 120 derajat satu sama lain. Untuk menghindari penurunan rating dan hilangnya garansi dari pabrik., maka perbedaan tidak boleh lebih dari 1%
Beberapa faktor yang mempengaruhi voltage-balance: beban tidak sama , ukuran kabel tidak sama di setiap phase. Voltage tidak balance mengakibatkan kerugian di sistem dan menurunkan efisiensi motor listrik.
National Electrical Manufacturers Association (NEMA) memberikan pedoman cara menghitung besarnya unbalance, sbb :
Beda maximum dikalikan 100 kali dibagi voltage rata2 . misal voltage yang terukur 462, 463 dan 455, rata2 (462+463+455):3= 560 volt, maka unbalance dihitung sbb ;
                                           
(460-455)/460 x 100% = 1,1%
3. Jaga harga power faktor tinggi
Power factor rendah menurunkan efisiensi sistem distribusi listrik didalam maupun diluar fasilitas sistem. Power factor rendah diakibatkan oleh motor listrik dioperasikan pada beban rendah. Kebanyakan penyedia listrik ( misal PLN) mengenakan beaya/penalti jika power factor kurang dari 95%. Untuk memperbaiki power factor bisa dengan memasang kapasitor tunggal atau “banks of capacitor” di motor atau motor control.
4. Jaga qualitas power
Motor dirancang dengan frekwensi tertentu 50 atau 60 hertz dengan gelombang yang sinusoidal. Perubahan atau naik-turun frekwensi dan gelombang yang tidak sinusoidal bagus menurunkan efisiensi motor.
5. Memilih transformator.
Pilihlah transformer yang efisien dan kapasitas yang sesuai. Memasang Tranformer yang sudah tua, atau terlalu besar kapasitas atau terlalu kecil kapasitas sering sudah tidak efisien.
6. Identifikasi dan hilangkan kerugian (losses) di sistem
Secara berkala periksa :
+ koneksi yang jelek (bad connection).
+ pengtanahan yang buruk (poor grounding)
+ hubung singkat ke tanah (short to ground)
Hal2 tsb diatas sangat mengakibatkan sebagai sumber kerugian daya, berbahaya dan tidak reliable/handal. Fasilitas monitoring atau infra red dapat digunakan untuk mengetahui perusakan lebih dini.
7. Minimumkan Resistansi Sistem Distribusi
Kabel2 penghantar ke motor harus dipasang dengan ukuran yang sangat cukup besar untuk mengalirkan arus penuh (full load). Kabel ukuran kecil menimbulkan tahanan atau resistansi R besar. Kerugian tenaga /panas dapat dihitung dengan kwadrat arus dikalikan R. Kerugian V (voltage droops) adalah arus I x R

Motor Controls
Menghemat pemakaian tenaga listrik dapat dilakukan dengan al:
Memasang variable speed control, sistem solft starting, sistem pengaturan waktu pakai. Tindakan ini juga menghemat keausan mekanis peralatan.
Soft starting atau start lunak.
Motor listrik ketika start membutuhkan arus yang sangat tinggi, bisa mencapai 5 kali dari arus nominalnya, apa lagi jika beban yang di angkat sangat & lansung berat. Sedangkan arus besar sangat mempengaruhi umur dari motor, jika motor sering mengangalami thermal  sock maka sudah dipastikan motor akan cepat habis umurnya. Usaha untuk menurunkan arus start al. dengan system soft start, yaitu menggunakan al. fluid kopling. Umumya  sistem ini di gunakan pada conveyor atau ban berjalan yang dipakai mengankut batubara pada power plant maupun penambangan dan semacamnya.
8 ASDs (Adjustable Speed Drives) atau sistem dua Speed
Pompa atau blower centrifugal umumnya dioperasikan tidak pada kapasitas tetap, tetapi berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, biasanya dilakukan dengan mengatur prosentasi bukaan valve atau demper. Sehingga tenaga listrik yang di pakai untuk menggerakan motor relatip tetap, sedangkan pompa bekerja pada kapasitas berubah2 antara 30% – 100%. Tentu saja persoalan ini dapat dihemat dengan memasang ASDs.
9 Load sheding
Memasang sistem kontrol matikan/turn off saat tidak-dipakai/ idling Nema MG10 dapat dipakai sebagai panduan untuk menentukan berapa maksimal on/off dalam siklus per-jam dan berapa lama jedah waktu on/off sesuai kapasitas, tipe beban (variable atau fixed) dan putaran motor.

MG10 (Energy Management Guide for Selection and Used of Polyphase Motors).
Effisiensi Motor dan Transmisi
Di negara maju sudah membuat undang2 yang menghruskan kepada semua pengguna motor listrik, harus mengganti semua motornya dengan motor premium.
Tujuanya ialah penghematan pemakaian tenaga listrik yang sudah sangat mahal dan terbatas.
Misal : menghemat 10% dari  setiap 10 MW adalah 1 MW berapa uangnya yang bisa dihemat?
Ketika akan mengganti motor belilah dengan motor dengan effisiensi tinggi/ (premium motor). Banyak pabrikan motor telah membuat motor (berbagai class Hp, speed dan enclosure) dengan efisiensi tinggi tetapi harga sedikit lebih mahal dari motor yang standard. Motor efisiensi tinggi dapat menghemat pemakaian tenaga listrik 10% – 20%. Perbedaan harga dapat kembali modal hanya dengan waktu 1 – 2 tahun saja.

Mengoptimalkan efisiensi motor al dengan memilih motor dengan ukuran/kapasitas Hp/Kw yang sesuai dengan kebutuhan. Memilih motor terlalu besar kapasitas atau memberi beban terlalu rendah mengakibatkan power faktor rendah sehingga memperbesar losses atau kerugian.
10. Memilih Mengganti sebelum Motor rusak.
Jika kita menunggu motor sampai dengan rusak ada beberapa hal yang merugikan al:
“ kerusakan timbul sudah sangat parah, sehingga kondisi isolasi antar lamel mengalami kerusakan, mengakibatkan rugi histirisis menjadi lebih tinggi, efisiensi turun.
beaya juga tentunya menjadi membengkak.
“ Tetapi disarankan untuk mengganti saja dengan motor premium, karena dengan menghemat listrik, uang akan kembali.
 
# Lubrikasi
Terlalu banyak pelumasan adalah yang paling utama penyebab kerusakan motor. Terlalu banyak memasukan grease, sebagian grease akan masuk ke kedalam winding sehingga winding mengalami kerusakan lebih dini, (early winding failure atau premature damage). Overgreasing juga menurunkankan umur bearing dan efisiensi motor.

Produsen motor juga mengeluarkan standard Pelumasan motor. Dimulai dengan membersihkan grease fitting, dan melepas drain plug. Setelah menambah grease baru, operasikan motor kurang lebih satu jam dan kemudian pasanglah plug drain. Ini untuk memberi kesempatan ekses grease dengan mencegah merusak winding. Jika pabrikan motor tidak menyertakan standard interval regreasing dapat mengikuti table dibawah ini.
(akan dilanjutkan dengan artikel lain)

54 Responses to Optimalkan system Motor Listrik Anda

  1. sukino says:

    yth.bp sumarno
    mau nanya,setelah kita rewinding motor mesti dikasih sirlak.
    saya pernah dengar agar sirlak lebih bagus harus dioven,apakah hal ini benar?lalu oven yang kita gunakan bentuknya seperti apa?
    terima kasih

  2. soemarno says:

    Bp Sukino
    kawat yang dipasang sebetulnya sudah diemail/dilapisi isolasi. kemudian diserlak(nama dulu kala), kemudian di oven.gunanya agar kering untuk mengusir lembab2 disela2 kawat agar tidak ada media penghantar, supaya tidak ada kebocoran listrik (hasil megger tinggi). oven bentunya secara sederhana seperti oven membuat kue, ukurannya tergantung besarnya motor. kalau motor 3mx3mx4m berati oven besar. dulu motor kecil cukup di panasi 2 buah lampu besar dari kedua sisi (Krn tdk punya oven)trmksh. maaf terlambat mbalas.

  3. Hadi Marsito says:

    saya punya motor listrik banyak untuk rewind benang, kec 2900 rpm, KVA Blank, karena bekas, saya ingin kecepatan tetap tidak merubah kwantitas atau banyaknya produksi, tapi ingin hemat bayar ke PLN bagaimana itu pak?, kalau harus dipasang alat, dipasang apa, bagaimana caranya?, dan motor listrik tetap awet.
    ditunggu jawabannya…, sebelumnya saya ucapkan terima kasih saudara-saudara…

  4. soemarno says:

    P Hadi. Jawaban singkat sbb:
    Agar Rpm tidak berubah,jangan mengubah pole/kutub. Kalau data2 blank,coba dibongkar hati2. catat dan gambar data:besar kawat,jumlah/berat gulungan, jumlah kutub atau datanglah ke workshop gulung motor yang profesional.sebetulnya semua itu bisa dihitung untuk rewinding baru.
    Syarat hemat bayar al:1)kwalitas supply listrik baik seperti tsb artikel diatas 2)kapasitas motor sesuai dgn yg digerakan 3)Rx induksi harus kecil atau di koreksi dgn capasitor.
    Hitunglah:belimotorbaru type premiun/eff tinggi kva sesuai yang diperlukan. yang bekas dijual saja. Mungkin ini lebih menghemat cost ke PLN, utk jangka waktu lebih dari 10 th.
    Silahkan jika ada yang ingin menambahkan.
    Salam
    Soemarno

  5. andhika budiadji says:

    selamat malam pak saya andika dari maintenance di PT ADM saya mau nanya untuk standart pengaman motor induksi 3 phase 250 kw harus menggunakan apa saja PFR,OLR,atau thermal relay??mohon bantuannya??trus untuk memperbaiki kerusakan bearing bagaimana??standart merger untuk motor tersebut seperti apa?? untuk starting motor sebaiknya menggunakan apa?sekarang menggunakan starting wey-delta.

  6. yulianto says:

    Salam pak Sumarno.
    Pak saya mau tanya tentang motor: 1.Jika saya mengganti motor karena load rationya rendah dengan motor yang lebih kecil ( contoh dari 110 kw diganti 75 kw tetapi beban motor tetap), Apakah ada hemat listrik yang dipakai ? kalau ada minta tolong cara hitung? saya tunggu tanggapannya pak Sumarno.. Terima kasih

  7. soemarno says:

    Salam P Yulianto
    Ada cara pendekatan praktis menggunakan rumus afinity seperti menghitung korelasi masalah2 di centrifugal pump. Memang harus selalu di cari hal2 yang ternyata merupakan pemborosan yang pastinya bisa di hemat. seperti pompa kebesaran, motor listrik kebesaran mengakibatkan membuang tenaga listrik cuma2. Seperti kita memuat barang 7 kwintal tapi memakai truk yang kerkapasitas 1 ton Terima kasih atas responnya. Tulisan ada di web ini. Mari kita bersharing.Salam.

  8. soemarno says:

    P Andika
    Sistem electric Motor harus diproteksi dari overheating. yg disebabkan oleh: al overload, stall, voltage unbalance, hilang satu/dua phase, under/over voltage.
    Sistem mekanis kadang dilengkapi sensing oil level, panasan bearing dan vibrasi yang kemudian dihubung kan ke relay .
    Pemilihan jenis relay dan breaker ditentukan oleh pertimbangan ekonomi dan nilai yang diamankan.(relay/proteksi ada di web ini)
    Starting star-delta itu salah satu model paling awal bertujuan utk memperkecil arus-start. Arus start bisa mencapai 5-6 kali arus beban normal.(sistem start/jedah antar start ada di web ini)

  9. Samsul says:

    Bpk yg thrmat. Sy tanya di mana sy bs mendapat gbr utk rewinding mtr 3 phasa.sekalian rumusnya.

  10. bimo says:

    Pak mau minta diagram pengaman motor 3phasa dengan sistem relay untuk pengaman jika ada salah satu phasa putus,trims

  11. bimo says:

    Pak mau minta diagram pengaman motor 3phasa untuk pengaman jika ada phasa yg putus,trims

  12. imat says:

    Pak saya mau merewending motor 75 hp 1400 rpm tapi untuk motor nya udah ancur jadi saya mau minta gambar merk motor teco 3 phasa,tlg bantuanya pak soemarno terima kasih

  13. misnan says:

    Bpk yg thrmat. Sy tanya di mana sy bs mendapat gbr utk rewinding mtr 3 phasa.sekalian rumusnya.

  14. wahyu says:

    salam pak soemarno Mmmmmm,saya mau tanya tentang motor 1 phase,kemarin saya beli motor baru, Hpnya 1, V = 115/208 – 220 V,ketika saya beri power, breakerny selalu trip,kira2 hal yang harus saya lakukan apa ya pak,motornya menggunakan 2 kapasitor,trimakasih pak .

  15. soemarno says:

    MWahyu.lihat ampere di motor berapa, lihat ampere breaker itu berapa. mungkin ampere breaker terlalu kecil. kalau ada amperemeter, saat start bisa dukur? atau bebannya keliwat berat atau beban bisa diputar dgn tangan. motor ini menggerakan apa?

  16. ilham says:

    bpk yang terhormat… saya mau nanya gmana cara menghitung lama waktu start pada sistem starting bintang segitiga motor induksi 3 fasa???saya menemukan pembahasan pada buku karangan pak abdul kadir tentang perhitungannya tp kok menghasilkan t= tak hingga…ada salah seorang teknisi yang memberi tahukan pada saya bahwa lama waktu perpindahan motor induksi yang bisa di start dg hub bintang segitiga adalah 6 second dengan spek yang berbeda??? apakah ini benar adanya??atas jawabannya saya ucapkan terima kasih…
    Jawab:
    maaf saya juga belum dptkan grafik / tabel. prinsipnya adalah setelah arus start STAR berachir (lihat grafik I start atau ukur berapa detik lansung arus saat start berachir) tapi memang sekitar 6 secon,

  17. vivi oktavia says:

    pak, saya punya pertanyaan yang hampir sama dengan sdr ilham(11 juni 2009).bagaimana cara menghitung lama starting motor induksi sampai ke normal?secara rumus maksudnya pak, karna saya belum mendapatkan pembahasan tentang hal di atas. trimakasih
    Jawab: melengkapi jawabn sebelumnya: motor setelah di buat/rewinding lalu ditest. dari test itu dibuat grafik. besar arus versus waktu. dan beberapa praktisi juga sependapat.

  18. Muhammad Agung says:

    Dear Pak Soemarno Salam kenal Pak.
    Saya mau berdiskusi mengenai permasalah saya. Saya mau menanyakan mengenai penggunaan motor Listrik khususnya motor induksi. Permasalahan saya adalah Berapa besar Kapasitas/Daya Motor induksi yang saya tentukan jika motor induksi tersebut memikul beban sebesar 10 ton dengan menggunakan Gearbox perbandingan 1:13. Salam. Agung
    Jawab:
    saya kurang jelas beban 10ton. biasanya satuan ya Hp.ya hitung saja 10ton jadikan HP dan dgn ratio gearbox tsb kita dapat Kw motor

  19. ilham says:

    assalamualaikum bapak soemarno,… saya mau nanya tentang motor 3 fasa yang ada dibengkel tempat saya sekolah… di bengkel ada motor induksi 3 fasa single voltage 380 volt 1,5 kW dengan kabel lead keluar ada 6 pada hubungan bintang, padahal setau saya untuk motor dengan single voltage biasanya connection delta atau star-nya didalam. Pertanyaan saya, bolehkah saya mengoperasikan motor tersebut pada tegangan 3 fasa 220 volt phase to phase??? terlepas dari motor dengan spesifikasi 220/380 volt…. terima kasih….

  20. soemarno says:

    P Ilham jika motor lead kabel stator itu 6, berarti motor tsb dpt di star utk 380v & di delta utk 220V.
    matematisnya sbb: I(star)=(380:V3):R(phase) dan I(delta)=(220):R(phase) shg I(phase) kedua hub sama. jadi boleh dihub sesuai tsb diatas

  21. syarip says:

    Dear Pak Soemarno,
    begini pak saya punya motor dng teg. 380 V, 60 Hz, ingin disambungkan ke power supply 460 V, 60 Hz sebelumnya lewat panel control 460 V, 60 Hz. apakah motor saya tersebut bisa diinstall ke power supply tersebut? kalau tidak bisa, menurut Bapak alat apa yang harus saya install pak? apakah menggunakan travo? kira-kira spesifikasi dan memperolehnya dimana Pak? terima kasih sebelumnya atas perhatiannya.
    Jawab:berapa Hp/Kw? petunjuk praktis selisih teg dibolehkan 5% (max10%) jadi: (460-380):380×100%=21%. dari grafik di artikel kondisi teg lebih besar dari motor berakibat; arus start,arus full load naik & efisiensi turun. jika disambung berakibat motor cepat panas dan bisa terbakar.atau pakai trafo atau turunkan load.

  22. agus says:

    a55.
    Pak gmna cranya menghitung ampere kawat.dan apa yg trjadi bila langka mal winding diperjauh +1 atau dkrangi -1 pd gulungan type diamond 12 coil

  23. arya says:

    Pak Sumarno ysh, Saya ingin bertanya tentang power faktor pada generator,
    Apakah yg dimaksud dengan power faktor leading dan lagging? apakah jika MVAR negatif itu bisa menyebabkan power faktor menjadi leading? Atas penjelasannya saya sampaikan terima kasih.
    jawab; PF atau power factor itu menunjukan sudut antara Voltage & arus. yang diakibatkan oleh tahanan impendasi Z . Z adalah jumlah vector R + (RL (tahanan induksi) -Rc (capasitansi)). Jika Rc lebih besar dari RL maka sudut lagging dan sebaliknya leading.

  24. dimyani says:

    pak salam kenal..
    saya mau tanya bagaimana kalau motor 1 phase
    di install inverter 3 phase ..
    tapi yang dipakai 2phase ….
    apa bisa kalau dilihat dari tegangan sama misalnya

    cuma kalau dimotor …pase – netral 220v
    dipasang di inverter pase R- pase S 220 v satu lagi pase T tidak dipakai misalnya…
    terimakasih

  25. chrisdy says:

    assalamualaikum,saya mau tanya bagaimana jika motor listrik 3 fasa kehilangan salah satu fasa apa yang terjadi,dan kalo bisa disertakan contoh dan perhitungannya, terima kasih
    Jawab: mungkin bisa dibaca diartikel sebab motor terbakar.

  26. widi says:

    assalamualaikum bapak soemarno,… saya mau nanya bisa tidak motor listrik induksi 3 fasa dipasang sumber 1 fasa??

  27. Bandi says:

    Pak Soemarno
    Saya mau tanya , saya punya pengalaman di lapangan ,ada UPS Kapasitas 80 KVA / 72 KW (PF 0.9).
    yang saya tanyakan adalah sbb; output/beban tertera di display UPS 64KVA/34.560W(PF 0,54),Arus output 100 – 110 Ampere. Mengapa UPS OVER LOAD ? apakah PF makin kecil Arusnya makin besar?.Perhitunagn seperti apa ?. Terima kasih. Salam Bandi
    Jawab:
    PF 0,9 itu cos@sudut V&I= artinya sudut antara V dan I kecil, artinya tahanan induksi Xl kecil dan impedansi Z kecil jadi daya efektive Kw relative besar. buatlah segitiga siku tahanan ( Z= akar dari jumlah kwadrat R & Xl.) dan I berimpit dgn Z
    PF 0.54 = tahanan induksi Xl besar banget = Z besar= I besar= daya relative kecil meski arus besar. utk membandingkan buat segita daya spt diatas. utk membuat agar pf mencapai ideal 0,9 maka harus dipasang capasitor bank dlm system tsb. Xc bersifat mengurangi Xl.

  28. boy says:

    pak saya mau nanya ni! pada motor kompresor akibat kehilangan satu fasa tahanan pada motor jadi berubah kenapa ya pak???mohon bantuannya!thanks
    Jawab: ya berarti satu kumparan hilang, tinggal tahanan dari 2kumparan. jika dijalankan beban dipikul 2pase saja. bisa berakibat cepat terbakar.

  29. nizar says:

    pa kabar pak. saya mau tanya. saya ada motor 2.2kw 380v, dengan rating ampere 5.2. ketika motor saya lepas dari beban (kopling dengan pompa saya lepas) lalu saya power up amperenya 3.8 s/d 4 A. apakah itu normal? terimakasih pak.
    Jawab:coba baca manualnya, berapa I noload (arus tanpa beban), mungkin di name plate. ampere 5.2 jika beban penuh.

  30. Bambang th says:

    Selamat siang Pak, saya mau tanya,
    Saya ada motor 2.2kW 8pole 380V. tetapi dari motor tersebut tercantum di Name plate 7.8A setelah di test dengan beban 380V ketemu 6.4A, yang saya tanyakan kenapa motor 2.2kW ampernya sampe begitu besar? Matur Nuwun
    Jawab: rumus motor 1 phase sbb: jika pf=0.74->2.2 Kw= 1/0.74 x 2.2 kVa= 2964 VA jadi Arus VA=VxA maka A=VA/v =2964/380 = 7.8A (ini full load). kalau beban tidak full arus bisa kurang misal 6.4A. bebandicari dgn rumus pendekatan 6.4/7,8= 82%

  31. titut says:

    assalamu alaikum pak sumarno… saya mau tanya tp bukan mengenai mesin listrik, yaitu sesuatu yang mendasar…apakah kita akan terkena kejut listrik apabila kita menyentuh kabel nol pada keadaan beban terbuka baik dalam sistem 1 fasa maupun 3 fasa?? terima kasih..
    Jawab: utk ground yg langsung di hubungkan tanah sebetunya tdk ada tegangan. utk system grounding 3 phase yg tidak langsung ketanah (misyg melewati suatu alat proteksi:mis peterson coil) dan jika kondisi 3 phas tdk seimbang, bisa jadi kawat ground ada teganan.

  32. joko says:

    salam kenal pak soemarno, saya mau tanya, saya mempunyai motor 1 fasa tetapi tidak ada kapasitornya, pertanyaan saya bagaimana caranya untuk mencari nilai kapasitor untuk motor tersebut, mungkin ada rumus yg bisa menghitung nilai kapasitor?terimakasih
    Jawab:maaf belum jelas, apakah sebelumnya ada sekarang tidak ada atau memang dari baru tidak ada? design motor (1) 1phs yg dipasang cap itu ada winding pembantu utk start saja,utk membuat sudut torque agar putaran satu kearah tertentu saja, seandainya tdk ada putaran bisa kekiri/kekanan tergantung saat gerakan awal. (2) ada yg didesign tidak dengan capasitor, tapi putaran sudah kesatu arah, misaldgn shaded coil.

  33. joko says:

    siang pak, maksud pertanyaan saya tempo hari adalah pada body motornya ada tempat dan tutup kapasitor, tetapi kapasitornya tidak ada, maksud saya kira2 berapa mikro farad yg harus saya pasang pada motor itu terimakasih
    jAWAB: (belidari baru)praktisnya coba motor di hub-jalankan. mutar kearah mana. berhentikan, putar dgn tangan kearah kebalikan dan kmdian startjalankan lagi, jika arah kelaikan dgn tangan tadi artinya sama dgn jalan pertama, mk tidak perlu pusing2 mikir psg condensor. krna motor sdh ada stating coil.

  34. afandi says:

    ass, salam kenal semua.. pak soemarno saya mau tanya , tolong dijawab ya… apa pengaruh dari perbedaan tahanan pada setiap fasa di motor AC 3 fasa… terima kasih… wss,
    Jawab: beda tahanan -> beda arus artinya juga tidak balance.-> al: vibrasi tinggi, kondisi unbalance

  35. Agus M says:

    To:Soemrno
    Selamat malam pak. perkenalkan saya agus M.saya melihat tanyan jawab di media ini sangatlah menarik dan ini hal yang sangan bagus. Saya sekarang ini sedang sibuk di perawatan mesin mesin produksi. Pak bagaimanakah saya bisa mendapatkan buku tentang “Buku praktis Alignment.terimakasih.
    jawab: tolong email anda, jika ada selain yahoo, karena sulit sampai.

  36. agus mugiyono says:

    To:pak .soemarno
    Selamat malam pak. perkenalkan saya agus M.saya melihat tanyan jawab di media ini sangatlah menarik dan ini hal yang sangan bagus. Saya sekarang ini sedang sibuk di perawatan mesin mesin produksi. Pak bagaimanakah saya bisa mendapatkan buku tentang “Buku praktis Alignment.terimakasih.
    jawab: tolong email anda, jika ada selain yahoo, karena sulit sampai. pak soemarno

    ini alamat email saya agusm945@gmail.com

    trims

  37. agus M says:

    selamat malam pak,saya augs m pak bagaimanakah saya, saat ini saya sibuk di perawatan mesinmesin produksi.bagaimanakah saya bisa mendapatkan Buku praktis alignment.ini adalah alamat email saya yang mengunakan Gmail.karena yang yahoo sulit sampai.terimakasih.

  38. Ivan ARafansyah says:

    Selamat pagi pa Salam kenal. saya mau tanya apakah bapak punya gambar cara pengechekan motor listrik 3 phase ( untuk mengetahui kondisi lilitannya) terima kasih
    Jawab: masing ujung kawat phase di ukur dgn megger/ohmmeter. kalau nol-> short/terbakar. baca test isolasi.

  39. nugroho says:

    Salam…!!Bagaimana cara atau prinsip kerja dari megger test ?
    jawab: megger itu seperti generator kecil, kalau dipakai/putar menimbulkan arus, terus meliwati winding yg diukur, skala sdh disesuikan, shg menunjukan besar tahanan yg di ukur.

  40. endang s. says:

    salam kenal. bagaimana cara mnghtung power factor dilapangan jika kita hanya mengetahui amper beban dgn mnggnkan tang amper. terima ksih ats jwbannya

  41. hayusa says:

    Bila motor itu bekerja dengan arus 30 A bagaimanakah sebaiknya pengaman dipasang?

  42. dedy says:

    salam, Pak, kalau motor yang jual dipasaran biasanya macam-macam dayanya berapa ya?terima kasih.
    Jawab: motor listrik dipasaran: dari kecil dari yg utk jam tangan s/d jam dinding/ alat2 mainan/rmhtangga dst : dari 1/2 kw s/d 1000 kw dst. sebetulnya yg dicari ukuran berapa?

  43. kahar says:

    salam,pak klu motor yg operasinya secara terus menerus harus berkreteria seperti apa…?makasih
    Jawab:
    dalam buku motor yg saya buat , cukup lengkap, apakah anda membutuhkan ?
    Duty Rating NEMA vs IEC
    Sifat pemakaian motor dirancang untuk dioperasikan secara :
    NEMA hanya membagi duty cycles dalam dua macam yaitu :
    Continue / terus –menerus , Intermittent / berkala dan special /khusus
    • Duty continue : artinya motor dirancang dapat dan tahan dioperasikan secara terus-menerus, tanpa berpengaruh terhadap panas winding, dan umur motor tidak akan berkurang. Motor operasi lebih dari 3 jam sudah termasuk kategori continue.
    • Intermittent duty: motor dirancang untuk dioperasikan dengan waktu tertentu, kemudian distop dengan waktu tertentu untuk kesempatan pendinginan, kemudian dijalankan lagi.
    • Special ; pemakaian dengan mencantumkan waktu tertentu
    Misal: 5, 15 , 30 , 60 menit. Contoh: Motor buka/tutup pintu,
    selanjutnya baca di artikel Duty rating….

  44. dudy_A says:

    saya mau tanya,di tempat saya motor star delta saya seri dengan motor vacum apakah ini bisa menghemat listrik pemakaian nya,mohon penjelasan nya?
    Jawab: maaf ya, saya kurang tahu maksud pertanyaannya.

  45. one says:

    salam pak,saya tertarik dengan forum ini yang menurut saya bagus dan bisa membantu permaslahan seputar kelistrikan.ada yang mau saya tanyakan pak,menurut banyak artikel yang menulis tentang softstart motor bahwa softtstart berfungsi menurunkan arus start motor.tetapi hasil oengujian yang saya dapatkan dengan membuat beberapa rangkaian softstart yang juga saya dapatkan dari beberapa artikel diinternet tersebut hasilnya koq beda ya.dari artikel tersebut disampaikan dengan mengurangi tegangan dan torsi start akan mengurangi arus start.ato dengan kata lain torsi dan arus berbanding lurus.tapi dari pengujian saya koq terbalik ya.saat torsi kecil arus malah tinggi dan sebaliknya.sehingga bisa dibilang ga ada gunanya dong dikasih dong rangkaian tersebut.apakah ini pengujian saya yang salah atau rangkaian yang saya buat yang salah.atau mungkin rangkaiannya tidak cocok atau salah.saya memakai motor single phase 3pk dengan arus name plate 13.8 a.dari pengukuran arus start mencapai 35 amp dan arus steady 4 amp.mohon penjelasannya pak dan mungkin berikut skema rangkaian softstart yang cocok untuk mengasut motor ini.maaf ya pak kalo saya masih baru didunia perlistrikan dan mohon bimbingannya.terima kasih.semoga sejahtera selalu.
    Jawab:
    soft start itu biasanya dipakai utk menggerakan “coveyor”, tujuanya utk start pelan agar belt tidak putus.

  46. dwi says:

    Saya rencana mau mengganti MCC yang digunakan untuk conveyor dengan menggunakan soft starter (kapasitas motor 55 kW). Pemilihan penggunaan softstarter adalah karena kecepatan conveyornya constant sehingga tidal perlu menggunakan VSD. Saya mohon tanggapannya tentang pemilihan soft starter & bagaimana menghitung saving energi dengan penggunaan soft starter. Terima kasih.
    Jawab:
    conveyor di PLTU kami motor pakai start langsung, tetapi motor pakai fluid coupling, sebagai sft starting.

  47. Didik sucahyono says:

    daftar motor Hz=50,Kw=0,75,pole=4,Ratio=7,7,Rpm=192,Volt=380,
    Amp=2,1,Rating=30min,jumlah gigi pinion motor=11
    jumlah gigi well gear=54,dia pinion=50mm,dia well
    gear=225mm
    Yang saya tanyakan jika motor berjalan, itu berapa meter /menit ?

  48. herrybs says:

    saya mau tanya pak..bagaimana cara mengetahui tegangan rotor slipring setelah di rewinding?

  49. Mr. Eko says:

    Aslmkm.wwb mohon bantuannya bagi yang tau temtang, variasi standard diameter kabel yang dapat digunakan utk instalasi dari motor listrik berdasarkan variasi daya motorny..?? thanks infony

  50. Ags says:

    Selamat sore pak,
    saya menggunakan motor 3 phase 1,1 KW scara direct, yang ingin saya tanyakan :
    - metode perawatan & proteksi seperti apa agar motor yang saya gunakan terhindar dari gangguan (terbakar)
    - proteksi apa yang mudah kita peroleh dipasaran apabila motor tersebut panas dapat OFF ketika motor tersebut dingin berputar kembali/ ON. Terima kasih. Ags

  51. Nelly says:

    Selamat Pagi Pak, Saya mau bertanya mengenai generator. Bagaimana cara menghitung generator jika menggunakan soft starter? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.
    jawab: maaf saya kurang mengerti yg ditanyakan.

  52. Ivan says:

    Pak Soemarno, salam kenal,
    maaf menganggu ,
    saya ingin bertanya apakah benar PLTAMH (pembangkit listrik tenaga air mikro hydro ) scala pico hydro dapat diterapkan dirumah pribadi ? jika benar bisa – maka dimana saya bisa membeli mesinnya – berapa Pakkisaran harganya? – dikota mana Pak saya bisa beli atau akan lebih baik jika merakit sendiri( jika harga lbh murah dan lbh kuat), bisakah generatornya bekerja 24 jam selama berbulan bulan nonstop ? atau Bapak memiliki pendapat lain atau cara lain yang lebih masuk akal dan lebih mudah diterapkan secara langsung di rumah.
    (saya berharap dapat memiliki generator micro hydro (pico Hydro) hanya untuk 3000 watt saja.
    saya harap Bpk dapat membantu saya, terima kasih banyak Pak dan maaf telah merepotkan Pak Soemarno
    jawab: maaf, mungkin dgn internet kita bisa searching. soal sebuah mesin bisa jalan 24 jam itu tergantung rancangan, misal turbine generator itu mampu jalan berbulan2/tahun tanpa berhenti. alternative lain. manfaatkan sinar matahari pakai”solar cel” ini banyak di jual, operasinal cost sangat kecil.

  53. Asep says:

    Mau tanya jetpam saya sudah berumur (beli second) dengan capasitor bawaanya (entah sudah diganti sama penjualnya atau belum)dengan nilai 12 uf,dan harus diputar dengan tangan kalo start,lalu sy ganti dengan 16 uf,tetap diputar dengan tangan namun hanya start pertama saja seterusnya tidak perlu,pertanyaannya bila saya ganti kapastornya dengn nilai yang lebih besar misal 20 uf apakah bisa berjalan normal dan apa efeknya pada motor bila kapasitor terlalu besar/kecil,trims
    jawab; capasitor itu dihubugkan dgn starting winding, hanya utk mengubah sudut/gerakan pertama. masalah yg ini mungkin ada hubung terputus atau starting coil sdh tidak fungsi.

  54. afrial effendi says:

    selamat sore pak soemarno,
    sebelumnya mohon maaf sudah mengganggu waktu bapak,perkenalkan saya afrial,mau tanya pak,di pt saya bekerja ada motor hydrant 90 hp,3 fasa.suply listrik dari pln 250 kva,begitu motor di star baru 2 detik belum sampai delta sudah turun breakernya.harapan bisa dibantu solusinya pak sebagai masukan buat saya,bagaimana supaya motor tersebut bisa bekerja normal tanpa harus menaikan daya listrik.trimaksih.salam
    Jawab: selain motor 90 HP apakah ada beban listrik lain dan berapa? secara hitungan 90HP= 0,740×90 Kw=66,6kw ya kira2 75 KVA. jika ada berikan tambahan keterangan utk solft ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>