Pemeliharaan Mesin Diesel Power Plant.

Beberapa aktivitas Pemeliharaan Predictive pada Mesin Diesel. Selain melakukan hal2 yang umumnya dilakukan dalam memelihara mesin diesel,, beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan >

Berbagai Sistem Pemeliharaan Mesin Diesel , terutama mesin2 besar dari Power Plant, penggerak kapal, dll telah banyak dilakukan. Dalam upaya untuk menghemat beaya dan memperpanjang umur pakai, dikembangkanlah sistem pemelihraan misal : Preventive Maintenance, Predictive maintenance, gabungan beberapa yang cukup relevan, dll.
Berbagai tulisan dan artikel juga banyak kita jumpai di Internat, kita tinggal membaca dan memilih yang mana yang perlu diambil untuk diaplikasikan.
Seperti : PEMELIHARAAN PREDIKTIP UNTUK PENINGKATAN PERFORMANCE PEMBANGKIT DIESEL By : Sanggul H. Siregar : Mei, 2007
Salut & hormat untuk P SH Siregar yang masih mau menyisihkan waktu untuk menulis cukup detail:
Saya ingin sharing dalam memberi informasi tambahan pengalaman, dengan maksud untuk memberikan informsi terutama kepada teman atau adik2 kita yang masih pemula.
Dalam melakukan aktivitas pemeliharaan memang sangat situasional. Terutama kita harus memperhatikan : tools/peralatan yang ada, kondisi operasi, tenaga yang ada, kondisi tempat/inviroment. Tetapi sebetulnya alasan apapun harus bukan merupakan sebab dari “gagalnya pemeliharaan”

Sedikit sumbangan/tambahan pikiran & pengalaman penulis al :

A. Perbedaan operasional Mesin Diesel dan Mesin Rotari lain misal; pompa/kompresor centrifugal, turbin uap/air, motor lisrik dll.

1. Operasional Mesin Diesel
Kerja mesin diesel : input ke mesin berupa bbm dan udara, kemudian dibuat terjadi pembakaran & kompresi didalam silinder (internal combustion). Akibat pokok dari proses tsb, maka ada sisa pembakaran yang bocor melalui ring piston ke “carter” .
Disini yang kritical al :
Oil filter menjadi lebih cepat harus diganti. Agar dapat melakukan kapan tepatnya harus diganti, perlu di monitor “deferential pressure” (beda tekanan masuk dan keluar filter) dan di buat trending (grafik skala datar waktu, skala tegak beda tekanan ), dengan trending kita dapat mengetahui berapa beda tekanan dan memperkirakan kapan harus diganti.
Intinya mengganti filter tidak boleh terlalu cepat atau terlambat.
Pelumas juga menjadi cepat hitam akibat sisa pembakaran ikut mencapur ke pelumas. Pengambilan contoh untuk di test dan analisa lengkap al :viscositas, water content, metal content, kandungan sisa pembakaran. (ikuti standard test utk LO Diesel), buatlah trending dan sebagai acuan untuk kapan tepatnya harus mengganti pelumas
2. Operasional Mesin Rotari misal; pompa/kompresor centrifugal, turbin uap/air, motor lisrik dll.
Mesin ini tidak terjadi adanya “internal combustion”, sehingga bedanya al : pelumas tidak dikotori oleh sisa pembakaran. Monitoring dan trending seharusnya tetap dilakukan seperti mesin diesel, tetapi dapat lebih lama periodenya . Penggantian filter dan pelumas sangat lebih jarang diperlukan. Bahkan penggantian pelumas sebuah turbin uap dapat menjapai 15 tahun atau lebih, Ini tergantung aktivitas PM yang dilakukan.
B. Monitor Kondisi Cylinder
Cylinder harus selalu diketahui kondisinya, karena ini yang menentukan boros bahan bakar atau masih baik. Tekanan dan temperatur setiap cylinder perlu di monitor dan di buat trending.
Tekanan rendah dari seharusnya , menunjukan al , keausan ring piston sudah excesive.
Temperature terlalu tinggi atau rendah menunjukan terjadi pembakaran tidak sempurna ataupun seting valve tidak tepat.
Kondisi pembakaran setiap cylinder seharusnya sama satu dengan yg lain pada harga tertentu (sesuai dengan spesifikasi mesin tsb).
Infra red salah satu alat untuk melihat panasan cylinder dapat di aplikasikan untuk monitor panasan cylinder. Kalau tidak memiliki Infra red dapat menggunakan Thermometer kontak. Bahkan seorang pemelihara pengalaman dapat memakai nalurinya dengan hanya memegang atau mendekat.
Umumya untuk diesel besar telah disediakan “nozle hole” dimana dapat dipasang tester gage /presure gage untuk mengukur tekanan cylinder. Dari pengukuran ini analisa, evaluasi dapat dilakukan untuk melakukan tindakan2 maintenance secara tepat dan hemat.
C. Overhaul Mesin Diesel
Mesin diesel lebih memerlukan tidakan overhaul, dengan periode waktu antar overhaul lebih pendek atau cepat dibanding mesin Rotari. Bahkan dengan monitoring ketat, mesin rotari dapat mencapai umur 15 tahun lebih baru perlu di overhaul. Perbedaan ini lebih disebabkan oleh beda sifat operasionalnya.
( tulisan ini hanya merupakan pendapat saya , disamping tulisan2 lain oleh para ahli yang telah ada)

29 Responses to Pemeliharaan Mesin Diesel Power Plant.

  1. arnol says:

    tolong yg lebih lengkap mengenai pemeliharaan mesin

  2. soemarno says:

    P Arnol. maaf tidak dpt menjawab secara tepat, yg ditanyakan mesin apa? Setiap mesin selalu dilengkapi dgn manual(operation&maintenance,buku ini yg dpat dipakai sbg pedoman pemeliharaandasar. dalam proses pelaksanaan kemudian timbul assesment, pengembangan maupun inovasi.

  3. Anindita Gayatri says:

    Heee….3X benar sekali ! Engine nya type apa, brand nya apa, model & serial number berapa ? Lagipula maintenance apa yg dimaksud ? Preventive Maintenance (by hours ato kms) atau overhaul. Begini aja bahasnya bisa lebih dr satu buku. Kalo ke machine (apalagi marine ato industrial engine) bisa makin berbuih-buih.

  4. luthfii says:

    ass.mohon untuk pemeliharaan mesin Deutz F6L912? dari Po sampai P8.
    Jawab: itu dapat mengikuti buku manual. jika di tulis di artikel mungkin ber-lembar2.

  5. iswan says:

    apa yang menyebabkan mesin disel pd beban 50% dari daya terpakai pemakaian bbm jadi boros
    Jawab: maaf jika diuraikan secara detail pasti panjang banget. pd umumya performance mesin2 itu digambarkan berbentuk curve, jadi ada titik paling optimal dan titik2 sebelum dan sesudahnya makin boros.

  6. jailiani says:

    saya mau tanya tentang, pemakaian oli untuk generator. saya memakai sae 40 api cf dengan tbn 9, berapa lama pemkaian oli tersebut?
    Jawab:
    oil utk gen tentunya beda dgn utk diesel. berapa lama oli diesel itu tergantung ; mesin baru atau lama artinya jika cepat kotor akibat pembakaran tentu cepat digenti. yg paling tepat ya diadakana test. inipun kalau diesel besar, kalau kecil-test teralu mahal. baca teliti manualnya.

  7. jack says:

    pak soemarno,bisa gak bpk uraikan sdkt tentang bgm cara membuat overhaull planning sblum mlksanakan pkrjaan perbaikan mesin..kmudian apakah pnjlsn bpk yg di atas itu bisa di bilang sbgai sebuah PLANNING MAINTENANCE SYSTEM…TRIMS

  8. mas`ud says:

    terimakasih pak ,kami baru bergabung di milis ini tapi sungguh sangat berguna sekali apalagi itu berhubungan langsung dengan pekerjaan saya . pak saya mau nanya mgni diesel : saya dah lama mencari buku manual book untuk Genset Deutz tb 528 mohon confirmasinya .terimakasih
    Jawab: maaf saya tidak bisa membantu, coba buka di internet, mungkin bisa hubungi ke pabriknya atau penjual Deutz.

  9. Stenly Misa says:

    Saya tim pemeliharaan mesin Deutz PLN Cab Mdo, saya punya masalah pd Mesin Deutz BF6M1013, di PLTD Mdo Tua. Kalau pikul beban 70% exhaust manifold membara smpai k keong turbo, saya minta petunjuk bgmn mengatasi hal ini,
    Jawab; berapa lama mesin tsb belum dioverhaul? mungkin valve2 dan injector/pump sudah harus di “seting” lagi. agar pembakaran lebih sempurna. pembakaran tidak sempurna mesin menjadi sangat boros ->rugi.

  10. ismail says:

    Yth bp. Soemarno Adibroto, perkenalkan sy ariston.
    mohon petunjuk dari bapak dimana saya bisa mendapatkan manual book mesin genset deutz 6L dan deutz BF 8M. banyak banyak terima kasih. Salam: Ariston Ismail
    Jawab: coba searh lewat internet, dan/atau email langsung ke pabriknya. mudah2an berhasil.

  11. sudi permana says:

    Assalamualaikum wr wb,
    Apa kabar Pak Marno…moga2 sehat2 selalu. Masih di Paiton kah Pak? Saya mau belajar masalah diesel engine besar, karena saya sekarang pegang 9 Wartsila engine 18V26, 5MW. kalau Bapak punya training, atau buku yang bisa buat saya lebih mendalami engine operation and trouble shooting, mohon informasinya Pak. Maturnuwun sanget.
    salam, sudi
    Jawab:
    Pak Permana, saya alhamdulillah masih di Paiton. maaf saya tidak punya manual utk diesel merk tsb. mungkin bisa minta ke pabrik pembuatnya atau searching di internet. kalau pemeliharaan mungkin hampir sama utk semua diesel. tapi spec2 kusus tentu tidak sama.
    salam soemarno

  12. raga widi says:

    Pak Marno.saya mau tanya kebetulan saya akan mau bekerja di pltd,utk urusan perawatan mesin,sebagai pegawai baru apa yang pertama kali yang saya harus lakukan?terimakasih atas kesempatan yg dberikan…
    jawab:
    tentunya tekun, baca manualnya, setiap gangguan selalu di analisa, sebab2nya dan tindakan yg tepat itu yg harusnya dilakukan. dan baca buku2 referensi. selalulah berinovasi.

  13. anjuGOGO says:

    salam kenal semuanya
    klo boleh tau web tuk share/forum engine dmn ya
    ada yangtau gak saya mo belajar bayak tenteng mesin nih
    TQ

  14. wil says:

    Assalamualaikum wr wb,
    Yth Bp. Soemarno.
    Salam kenal semuanya.
    Saya mau nanya mengenai sering crankshaft patah kenapa…? ini terjadi pada mesin diesel engine 1000 kva yang menyuplai power ke pln. kalau teman2 ada yang pernah ngalami seperti tolong di share ya…mhn informasinya.
    matur nuwun sanget.
    salam wil

  15. hadi says:

    pak mau tanya kalo turbo mesin bocor itu kenapa ya ?
    soalnya ini baru ganti repair kit gk sampe sebulan
    Jawab: kemungkinannya adalah kurang cermat/teliti merakit/assambly nya, gasket dipasang dgn benar? seal2 dll.

  16. adhy says:

    selamat malam pa,saya mau tannya kenapa ya sering terjadi kepatahan pada as pompa bbm pada mesin disel deutz tipe bv 6m 628 makasih
    Jawab: ada kemungkinan misalignment sangat besar antara diesel dan generatornya

  17. Sigit says:

    Assalamualaikum . . . . .pak marno
    salam kenal dari saya pak,saya seorang operator pltd didaerah pegunungan tengah prov. Papua. Mesin yang kami awasi merk deutz 350 kva kami mengalami kendala pada pengaturan speed control engine. Dipanel control ada setelan untuk speed dan gain
    Disini untuk setelan gain yang bagus bagaimana dan indikatornya apa? Sekian makasih pak sebelumnya
    jawab: maaf yo saya tidak bisa menjawab dgn tepat. berapa lama sdh umur dari pengatur speed, apakha governor? mungkin juga perlu di kalibrasi atau ada komponent gear yg sudah aur/longgar.

  18. manurung says:

    Dear pak Sumarno….salam kenal,
    pak ditempat saya ada memakai genset 500 kva dgn mesin diesel mitsubishi dan saat ini mengalami kerusakan yaitu crankshaft retak. Menurut analisa dr mekanik yg mereperasi, hal ini akibat beban kejut pada saat start IDFan boiler. Apakah kerusakan trsbt memang diakibatkan beban kejut atau akibat hal lain pak? Mohon sharing pengetahuan dr Bpk atau teman2 yg lain. Tks.
    Note:pd saat trjadi kerusakan hm genset baru 2000 jam.

  19. wawan says:

    SELAMAT SIANG PA,,,, DAN SALAM KENAL,
    DI KAPAL SAYA MAIN ENGINE GENERATOR SAYA DI STAR DAN KITA SUDA CHECK SEGALA MACAMNYA TAPI MASIH JUGA TDK MAU DI STAR,,,, AWALENGINENYA RUNNING BAIK CUMA KLO MAU DI PARALEL TDK MAU SINCRON TDK TDK LAMA KEMUDIA ENGINENYA TDK MAU DI STAR
    jawab: maaf ya, kok rumit, tidak start, apakh sdh di cek: system stater tidak mutar/rusak, bahan bakar habis/tidak ngalir, atau engine memang sudak rusak/stuck. coba terangkan yg agak lebih jelas.

  20. monang says:

    salam kenal pak. mohon bantuannya, Kenapa turbo mesin diesel merk enterprise membara, padahal turbo dah diganti dgn yang tetap juga membara. tks sebelumnya
    jawab: apakah kondisi valve di cylinder baik? mungkin ada valve exhaust yg bocor.

  21. Juansyah says:

    Salam semuanya, terkhusus pak sumarno.
    Pak Diesel Engine Generator baru Cummins 6LTAA8.9-G2 275 KVA pada saat perfomance test dengan load 250 KVA kok turbo chargernya membara ? Apakah ini normal ? Tolong dijelaskan kenapa ini bisa terjadi. Terima kasih
    jawab: apakah sudh dipastikan bahwa pipa/saluran/saringan/filter udara masuk bebas tidak blok atau ada hambatan dan juga saluran keluar exhaust juga baik/tidak aga hambatan ?

    • Juansyah says:

      Sudah dicheck gak ada masalah dengan tu semua pak. Semua normal pada saat load masih dibawah 250 KVA. Namun setelah dibebani dengan load 250 KVA, turbo charger membara. Saya check pake thermo gun 420 derajat.

  22. ade taufidian says:

    selamat malam pak…lam kenal… Kenapa ya jengset Deutz BF6M1015CG 320KVa pada saat dihidupkan seki tar 30 detik mati..diulang beberapa tetap seperti itu ? terus dipanel tertulis CHECK FOR RUN dan lampu indikator (G) berkedip…terima kasih pak saya tunggu jawabannya.
    jawab: sebaiknya di baca buku manual, tentu ada panduan trouble shooting. maafsaya tdk bisa jawab, karena tidak langsung bisa lihat.

  23. ade taufidian says:

    trmks pak jawabannya…kira2 pak ada gak kemungkinannya permasalahan ada di olie mesin/filter olie…?

  24. richo says:

    slmt malam pak..genset tempat kami 1500KW sering trip karena over heating..kami sdh ganti air radiator dan swicht temperature tp temp masih tinggi..sedangkan setahu saya untuk pompa air ikut puturan mesin..apa lagi yang harus saya cek ya pak?
    jawab: pembakaran yg tidak sempurna, valve bocor bisa panas. turbocharger sdh di periksa?

    • hariyadi says:

      Bersihkan aja radiatornya, air housing juga, atau mungkin karna memang ambient temp panas dan berdampak ke engine. bisa juga karna temp oli yang panas dan berdampak ke temp air.

      tambahan : apakah di ruang tertutup. apakah cukup sirkulasi udara luar bisa masuk.

  25. ari says:

    Salam knal pak,bgn sy kan mekanik diperusahaan,yg mau saya tnykan,apa sebaa genset cummins tak mau hdp,apa ada kemungkinan modulnya tersambar petir pak,mhon penjlasan nya pak terima ksh
    jawab: apakah kemungkinan2 lain sudah di cek? (di manual kan ada petunjuk traouble shooting)

  26. Yulianto tamrin says:

    Assmlkum Pak, Salam kenal,Saya ingin menanyakan masalah apa saja yang sering timbul di engine diesel selama yg pernah bapak hadapi, mohon maaf pak hanya untuk sharring karena saya di gas engine dan ingin mengetahui diesel engine. Terimakasih
    jawab: lub oil cepat kotor,filter oli cepat kotor, injector sering perlu calibrasi/seting, air filter sering kotor. dll

  27. wayank says:

    Asalamualikum pak soemarno….ilmu yg barokah..semoga mendapat umur yg barokah jg
    Saya mau tanya,ad kejadian 2x spring exhaust patah!! Mnurut bpk krn ap??Apakah tu dr karena material,pemasangan,tw vibrasinya terlalu kencang??
    Salam. Operator PLTMG
    jawab: maaf saya kok belum faham “spring” itu apanya. harus dihindari “rotating equipment” vibrasi besar, hukumnya wajib. sebab vibrasi besar itu banyak,al, misalignment, unbalance rotor, bearing rusak, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>