KOPLING

Salah satu bagian penting dari sebuah unit mesin: Kopling
Komponent ini berfungsi untuk ;
· Men-transmit torsi (meneruskan tenaga mekanis) dari driver ke driven dengan cara menghubungkan kedua atau lebih poros mesin, misal dari motor-listrik ke pompa

· Motor dan Pompa merupakan dua mesin yang terpisah, perubahan gerakan se-waktu2 bearing/fondasi atau pemuaian dapat menyebabkan misalignment, maka kopling harus mampu memberikan

toleransi terbatas adanya misalignment poros kedua mesin tsb.
· Fluid coupling Sebagai alat untuk “soft starting” pada alat2 mesin kapasitas besar : conveyor, pompa/kompresor kapasitar besar

Syarat kopling
Secara umum kopling harus mempunyai sifat2 :
· Ada toleransi / batasan parallel & angular misalignment
· Mampu memindahkan tenaga mekanis / perputaran
· Dirancang pelumasan tidak hilang meskipun dalam kondisi misalignment
· Mudah dipasang, mudah di perbaiki, mudah dibongkar
· Dapat menerima gaya goncangan dan getaran
· Meminimkan beban bearing meski misalignment
· Dapat bergerak axial, meski misalignment, tidak meneruskan beban ke thrust bearing.
· Tetap fit di shaft tanpa merusak shaft
· Bisa menahan suhu lingkungan atau gesekan kopling
· Bisa beroperasi dalam kondisi misalignment sewaktu star
· Menunjukan peringatan kerusakan dan proteksi overload
· Menghasilakan beban unbalance seminimal mungkin
· Mempunyai efek minimalpada perubahan sistem critical speed.

Menurut system lubrikasi kopling dibagi menjadi :
· Kopling yang memerlukan  pelumasan
· Kopling yang tidak memerlukan pelumasan

Menurut sifat2nya kopilng ini digolongkan :
1. Kopling fleksibel
2. Kopling Fluid
3. Kopling Clutch
4. kopling universal.
5. Kopling rigid.

1.Kopling Fleksibel
Adalah  sebuah kopling yang menghubungkan kedua atau lebih poros mesin yang dikonstruksi sedemikian rupa sehingga mempunyai fleksibilitas mampu memberikan kompensasi (meski sangat terbatas ) pada masalah gerak radial dan axial, atau misalignment dari mesin2 yang dihubungkan. Dalam masalah mesin2 rotasi misalignment tidak mungkin dapat dihilangkan sama sekali. Kopling ini juga dapat mereduce beban shock dan vibrasi dari satu mesin ke yang lain. Kopling fleksibel merupakan  jenis yang paling banyak dipakai, maka pembahasan akan lebih banyak pada jenis ini.
Dua kategori : mekanical flexing dan material flexing.

Kopling flexible:
· Kopling flexible grid
· Kopling gear
· Kopling rantai
· Kopling disc-plate
· Kopling diaphrahma
· Kopling elastomer

Gambar Jenis2 kopling al:

Gear koplGRID KOPL

 Kopling flexible gear          Kopling Flexible grid  

Fleksibel grid yaitu jenis mekanis yang memerlukan pelumasan, terdiri dari dua bagian utama : gear  dan grid untuk mendapatkan fleksibitas. Kopling jenis ini mampu dipakai untuk mesin2 dengan kapasitas kecil s/d sedang dan putaran rendah s/d sedang .
· Gambar:14 Fleksibel gear yaitu jenis mekanis yang memerlukan pelumasan, terdiri dari dua bagian utama : gear  dan gear untuk mendapatkan fleksibitas. Kopling jenis ini mampu dipakai untuk mesin2 dengan kapasitas kecil s/d sangat besar dengan putaran rendah s/d tinggi
                    Disc kopl

Fleksibel disc termasuk kopling mekanis yang tidak memerlukan pelumasan, terdiri dari bagian gear. Fleksibilitas diperoleh dari melenturkan plat-metal atau diafragma atau plat disc. Jenis ini sangat banyak dipakai pada mesin2 kecil maupun sangat besar, karena mudah/murah perawatannya (maintenance free )
· Kopling rantai  gambar 16 sifat dan perawatannya sama dengan kopling gear, dan perlu pelumasan
                            
                      Chain kopl
 Kopling flexible rantai

Fleksibel elastomer,

Jenis kopling ini fleksibilitas terjadi dari meregangkan dan menekan suatu material yang lentur ( misal; elastomer, karet, plastik, atau sintetis lain).
Keuntungan nya bahwa kopling ini tidak perlu pelumasan sehingga ongkos pemeliharaan sangat murah. Sedang kekurangannya bahwa kopling ini tidak dipakai untuk mesin2 besar.

Insert kopl

.2. Kopling Fluid.
Fluid kopl

Fluid Copling termasuk fleksibel. Selain bersifat fleksibel juga dapat menghasilkan start awal yang lembut pada mesin2 seperti conveyor (alat transport batubara, semen, bijih besi, tambang mas/perak/tembaga dll) agar ban berjalan tidak cepat putus. Caranya dengan meredam putaran motor didalam kopling dan meneruskan ke puley ban( conveyor belt) secara perlahan dan  bertahap sampai dengan mencapai putaran penuh. Hal ini di maksudkan juga agar arus awal motor tidak besar sekali yang dapat merusakan motor winding dan menghidari moment puntir pada poros yang besar sekali.
Saat start beban kejut besar sekali dan arus listriknya mencapai 6 kali arus nominal, tetapi dengan kopling ini beban dapat diperlembut dan arus listrik start dapat diperkecil.

                   Cluth
Kopling Flexible bentuk below/balon.
seperti gambar dibawah ini, termasuk klas flexible yang tidak memerlukan ketelian tinggi, tetapi hanya untuk putaran rendah

Kopling Clutch
Termasuk klas kopling fleksibel yang memakai prinsip sentrifugal atau pneumatic, dipakai untuk penggerak awal misal seperti: Gas Turbin.
Gas turbin secara prinsip pada satu rotor terdiri dari sisi sudu axial kompresor dan sisi  berikutnya adalah sudu turbin. Sisi turbin tidak dapat  berfungsi sebelum ada pembakaran di ruang kombusi, sedang sisi kompresor kalau tidak di putar tidak dapat menghasilkan udara untuk pembakaran.
Maka rotor tsb harus diputar oleh mesin penggerak awal, sehingga kompresor menghasilkan udara, kemudian terjadi pembakaran di ruang kombusi, seterusnya menggerakan sudu turbin maka bekerjalan turbin. Putaran turbin makin bertambah dan pada putaran tertentu ” maka kopling clutch akan melepaskan gandengannya dengan rotor turbin tsb. 


 (masih belum final)                

 

29 Responses to KOPLING

  1. iqbal says:

    mudah-mudahan bapak bisa terus membagi ilmu tentang teknik mesin dan kalau boleh nanti saya juga pengen nanya seputar teknik mesin
    Jawab:
    sepatutnyalah kita saling berbagi informasi, silahkan bertanya, kalau kebetulan saya tahu tentunya tak coba jawab.

  2. reza yadi hidayat says:

    Terima kasih pak Sumarno atas informasi/sharing ilmunya.Mudah-mudahan sharing ilmu yang Bapak sampaikan dapat bermanfaat bagi saya khususnya sebagai pengajar dan bagi yang lain umumnya.Kalau diijinkan saya mohon ijin untuk mencuplik sebahagian tulisan/gambar Bapak,untuk bahan ajar yang akan saya sampaikan.Terima kasih banyak Matur nuwun.

  3. soemarno says:

    PReza.Monggo silahkan ambil apasaja yg ada.Jika masih perlu,kami akan coba selalu membantu. anak didik kita perlu teori/praktisaplikative.Semoga berhasil mencetak tenaga yg antusias utk maju&ahli dibidangnya.masih banyak ilmu yg belum kt pelajari.

  4. m.iqbal says:

    info’a sangat b’manfaat palagi wat sya yg mahasiswa yg bth byk info wat pemblajaran pak….t’utama klo dpt tgs dr dosen krn trus trang sya lu2san sma yg lum b’pngalaman menangani scr lsg troubleshouting pd mobil….klo bpk b’knan sya ingin bljr lsg sama bapak sumarno kpn y??dmn????n gmn sya bsa m’hub bpk??
    thx be4…(“,)
    Jawab:kalau mau blajar troubleshooting mobil, blajarlah ke montir mobil, atau ambil kursus di VEDC.

  5. ibnoe says:

    dear bapak,
    saya punya motor listrik 7,5 kw,saat cek vibrasi mendapatkan vibrasi arah axial besar 3.8 mm/s pada posisi DE,bearingnya adalag 6208 ZZc3,pada posisi DE housing terdapat bearing spring,setelah dilakukan pembongkaran dan di lakukan pengukuran didapatkan untuk journal bearing sama yaitu 40,010 mm sedangkan housingnya 80,015 mm,dari sini kami mohon bantuan bagaimana caranya mengurangi gaya axial sehingga dapat menurunkan vibrasi axial
    atas bantuannya banyak terima kasih

  6. soemarno says:

    MasIbnu.Mtrlistrik horizontal tdk dipasang thrust bearing, karena ada magnit center, karena ada medan maknit maka rotor-stator saling terikat pd central nya.kemungkinan axial vibrasi disebabkan coupling. axialclearence coupling tidak mengakomodate center rotor.

  7. zulhendra says:

    Salam kenal p’ Soemarno
    Setelah membaca artikel bapak mengenai kopling ini , saya ingin menanyakan:
    1. Pertimbangan apa yang harus diperhatikan untuk mengganti jenis kopling..contoh dari gear coupling ke flexible rubber coupling..
    2.bgm perhitungan mengenai F Radial dan F Axial sebuah kopling

  8. ARUL says:

    tolongkirim data tentang kopling yang lengkapya? thanks before.
    Jawab:kopling jika dibahas mungkin berbuku2.yg mau ditanyakan masalah apa?

  9. soemarno says:

    PZulhendra.
    pertimbangan mengganti kopl.al:
    1.histori maint,sering rusak? maint.cost tinggi?ini semua dianalisa.(ini yg utama)dan pertimbangan lain:
    2.murah/kemudahan maint.(lubless kopl=murah)
    3.Beban dan putaran 4.besar& critical eqp.

  10. adi prasetya says:

    Pak, saya ingin membuat mobil buggy 4 roda atau ATV dengan mesin honda GX160, mohon diberi pencerahan kopling apa yang mesti dipasang agar saat dinyalakan mesinnya mobil/atv tidak langsung jalan. Saya menginginkan jika gas diputar sampai ke rpm tertentu (1100rpm) mobil/atv baru jalan. terima kasih
    Jawab:
    maaf sejujurnya, saya tidak paham mengenai kopling kendaraan. saya hanya tahu sedikit mengenani kopling mesin2 rotasi mesin2 yg biasa dipasang di mesin2-pabrik

  11. winarto says:

    Salam kenal pak, saya mau menanyakan kaitan antara turbine trip, misalignment dan flexible membran coupling putus.
    Jawab;
    yg ditanyakan ini apakah sudah real terjadi?saya belum pernah melihat sendiri membran kopling s/d putus. case ini, membrane kopling putus disebabkan kondisi misalignment yg sangat2 excesive/ keterlaluan. karena kopling putus maka turbine tanpa beban lalu overspeed dan trip.

  12. sir junianto says:

    Yth Bpk Soemarno, saya sangat membutuhkan buku praktis alignment, apakah saya masih bisa membelinya ?
    Jawab; Sudak tak kirim, semoga bermanfaat.

  13. sir junianto says:

    Pak Soemarno saya sudah transfer uang untuk pembelian buku praktis alignment via ac Bank BCA,
    Atas nama: Tri Budiyanto email: sirjunianto@yahoo.com tgl pengiriman: 12 Februari 2010 (pk.10.29) Jumlah uang : Rp. 60.000,-
    Jawab: apa sudah terima kiriman file PDF. berakli2 tak kirim kok gagal terus. apa ada alamt email lain.

  14. syahrial chaniago says:

    Slam kenal pak, Saya baca tulisan bapak mengenai sofstarting dengan fluid coupling dimana bapak menyatakan bahwa starting jenis ini akan mengurangi arus starting.
    Menurut pendapat saya fluid coupling hanya mengurangi torque starting bukan menurunkan arus starting, bila motor tetap menggunakan starting DOL. Jadi arus starting tetap sebesar LRC motor. kalau mau menurunkan arus starting kita harus mereduksi tegangan input yang bermacam macam tekniknya (misal auto trafo, static softarting, resistansi starting dll ).Wassalam
    Jawab: bukankah torque itu sebanding dengan arus (kalaugaksalah kwadrat; coba cari hitungan torque). soft starting juga melindungi beban dari start kejut.

  15. sir junianto says:

    Maaf pak, file PDF memang sampai, tetapi yang saya terima hanya halaman 90 saja, mohon bapak mengirimkan secara lengkap 140 halaman.
    Saat ini saya sangat membutuhkan buku praktis alignment untuk referensi Tugas Akhir.
    email lain saya s1r_ja@yahoo.co.id

  16. Insan says:

    Salam Pak Soemarno..
    Saya merupakan Spv. Maintenance di pabrik gula. Saya sangat tertarik dengan artikel – artikel yang di website Bapak. Saya ingin tau buku-buku apa saja yang Bapak jual dan harganya berapa serta proses pembayaran bagaimana jika saya akan membeli buku Bapak. Makasih atas bantuannya….
    Jawab: sudah dikirim lewat email, semoga bermanfaat.

  17. ilman says:

    salam pak Soemarno …Pak, kl fluid coupling bisa gak di repair/service sendiri ?? kami pernah coba2 bongkar tp hasilnya gak memuaskan …. alias gak bisa dipake , emang barangnya udah rusak sih … tp kami coba repair sendiri … :)
    Jawab: sebetulnya apasaja bisa direpair sendiri. Tapi rusaknya bagaimana, apanya, part, ? ?

  18. zerict says:

    permisi pak,
    saya mw nanya, kalo maksud sari sambungan kopling tuh apa ya?

    terima kasih!

  19. zerict says:

    maaf pak, yg di atas itu maksudnya dari sambungan kopling?

  20. Umbar says:

    Salam kenal Pak Soemarno,

    Sangat bagus sekali pak website-nya, bapak sudi berbagi ilmu rotating pada kami yang muda-muda, ….mudah2an Tuhan membalas dengan kebaikan.
    Pada kesempatan ini saya mohon bantuan jawabannya pak. kami punya masalah dengan rusaknya elastomer coupling kami di firewater pump.Pengecekan alignment ok, karet coupling pecah dan sudah tidak elastis lagi, yaitu sudah getas. Apakah ini karena faktor umur, jika betul, dari pengalaman bapak, berapa tahun rata2 umur utk jenis Elastomer coupling ini? Jika ada referencenya pak.

    Matur suwun sebelumnya.

    • soemarno says:

      Jawab: kalau sdh getas tentu harus diganti. Umurelastomer relative, tergantung juga environment: panas, dingin, kering, berminyak. maintenance itu dinamis/inovative, histori perlu dibuat utk membuat keputusan yg sesuai ( menurut pengalaman di tempat tsb berapa umurnya). jadi satu tempat tdk sama dgn tempat lain.

  21. inno says:

    salam kenal pak
    web bapak ini sanagat membantu. pak, ijin tanya
    untuk motor yang sering on off dan memutar pompa hidolik
    lebih bagus menggunakan joining atau chain copling?
    dan alasanya… terimakasih
    Jawab: joining lebih baik, karena sering off/on itu sering ada beban shock/kejut yg ber ulang

  22. maskuri says:

    Sngt bermanfaat saya mau nanya nich pak kalau misal pda kompressor raciproacting tdk dpsang kopling nnti dmpak’a apa??
    jawab: maaf saya kurang ngerti pertanyaan tsb.

  23. kusnadi says:

    Saya udah transfer Pak, untuk buku.alignment trim’s
    Email sy: larasindo95@yahoo.co.id
    jawa; semoga ada manfaat. terima kasih.

  24. alfred says:

    Saya sangat suka artikel yang bpak share.. Apakah bbisa saya meminta artikel misligment balancing dan condition monitoring mesin pabrik. tolongg ya pak email saya….. Alfredharli@gmail.com
    ​​°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°

  25. indrias.l says:

    terima kasih info pak ,

  26. arief says:

    Mohon penjelasan pak, mengenai perbedaan (kelebihan dan kekurangan) kopling jenis disk kopling dan rubber kopling.
    Rencana kami akan melakukan modifikasi sistem kopling pada pompa yang sebelumya menggunakan disk kopling menjadi rubber kopling…
    Mohon arahan point2 apa saja yang perlu diperhatikan.
    Trm ksh.
    jawaB: dua2 nya cukup bagus, tidak perlu pelumas. sebab apa koko diganti, beri alasan dulu ya. apa yg ditemukan.

  27. dwi mediansyah says:

    Salam kenal pak. Pak mohon bantuan ny materi lengkap tentang kopling fluida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>