Regreasing Kopling

Mengganti grease (gemuk), merupakan pekerjaan sederhana, membosankan tetapi berakibat fatal bila tidak dikerjakan dengan benar dan konsisten. Ada 2 jenis Kopling flexibe :
1. Kopling yang tidak memerlukan pelumasan, misal: disc pack, membrane, rubber insert, dll
2. Kopling yang memerlukan pelumasan, misal: gear coupling, chain coupling, dll.
Kopling yang memerlukan pumasan ini sangat ditentukan oleh kondisi grease agar berfungsi dengan baik. Pemeriksaan, penggantian grease harus di jadwal dengan baik.
Bagaimana cara memberikan grease atau melumasi yang benar, karena kesalahan dapat mengurangi fungsi, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan kopling dan atau motor / pompanya.
Beberapa hal yg harus diperhatikan,sbb:
· Pastikan memilih grade /standard NGLI / kekentalan yang sesuai dengan rekomendasi (misal NGLI 0).
· Jangan sering berganti-ganti atau mencampur grease dari beberapa brand/merk
· Bukalah kopling hub untuk pembersihan pemeriksaan internal partnya, apakah masih layak dipakai.
· Bersihkan grease lama yang akan diganti
· Lumuri semua permukaan gear kopling secara merata.
· Jangan pasang dulu “plug grease” untuk memberi grease yang berlebihan kesempatan keluar saat di putar.
Pengisian grease tidak dibenarkan langsung mengisi dengan “grease gun”, mengapa?
Karena grease lama akan tetap tinggal di dalam yang mungkin sudah mengeras , sehingga tidak berfungsi sebagai pelumas.
Pengisian dapat mengakibatkan terlalu penuh. Saat operasi temperature akan naik dan grease yang kepenuhan tsb. akan memuai, mengakibatkan internal kopling mendorong poros motor sehingga rotor motor kedudukanya menyimpang dari magnetic-center dan thrust bearing pada pompa overheating sehingga cepat rusak.

3 Responses to Regreasing Kopling

  1. Andi DS says:

    mau tanya dikit Pak
    di atas dijelaskan, bahwa pengisian jangan memakai grease gun, terus cara yag efektif untuk regeasing gear kopling gimana? apakah harus dibongkar total, ganti grease baru? terus waktu interval ganti grease butuh waktu berapa lama? tnx

  2. soemarno says:

    PAndi.utk mengganti grease sekaligus PM kondisigigi sprt dlm artical tsb. tapi dlm periode tertentu hanya regreasing.bisa pakai greasegun dan caranya seperti regreasing bearing(baca diartical bearing)

  3. Wahib says:

    Pak Marmo penambahan serta pengantian grase itu jangkanya berapa?cara melih grase yang baik gimana ?setahu saya ada yang warnanya crem,merah,hitam,coklat,biru ,apakah chain kopel perlu diberi pet
    jawab: pemilhan grease berdasar grade / NGLI sesuai pemakainnya nya, misal utk electro motor umumnya NGLI 2. chain kopling perlu di grease. mungkin ada di web ini, atau baca manual dari mesinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>