Beberapa sebab kerusakan motor listrik

Kerusakan motor kebanyakan disebabkan oleh al 5 factor :

. panas,
· kotor,
· lembab, 
· vibrasi.
· Kwalitas supply listrik

Dengan fokus pada faktor tsb. dapatlah di eliminir : jumlah kerusakan, kerugian, ongkos maintenance.

Dibagi menurut asal sebab kerusakan :
· kerusakan dari luar motor : kwalitas masukan tenaga listrik, misalignment, kondisi lingkugan panas/lembab/tidak ada ventilasi, kondisi beban
·  kerusan dari dalam motor :  aging/penuaan, degradasi.

Atau
· Kerusakan karena listrik :
· Kerusakan mekanis.
 Panas /over-heating:
Penyebab terbesar kerusakan motor sehingga motor tidak dapat mencapai umur pakai yang seharusnya ialah “over-heating atau panas berlebihan”,  Setiap mengalami Kenaikan temperature 10 derajat, dari temperature normalnya, berakibat memotong umur motor 50% , meskipun kenaikan terjadi hanya sementara. 
Sebab over-heating al:
· Memilih motor terlalu kecil, sehingga motor harus menderita over-current, berarti kondisi operasinya  lebih panas. Tetapi jika memilh motor terlalu besar berakibat pemakaian listrik tidak efisien berarti pemborosan.
· Sistem starting, kebanyakan motor dipasang dengan “direct starting” . sistem ini menimbulkan arus Starting-current terlampau besar (5 kali lebih), sehingga menimbulkan panas yang besar, lebih2 jika sering start-stop. Untuk itu perlu dipasang sistem start al: star-delta, fluid-couplig, pengubah-frequensi, dll
· Start-stop terlalu sering tanpa memperhartikan jedah antar waktu start sangat menimbulkan kerusakan. (lihat tabel minmum jedah waktu)
· Environment – ambient temperature tinggi,, mengakibatkan  operating temperture motor lebih tinggi dari seharusnya.
· Ventilasi ruang  kurang bagus menimbulkan symtem pendinginan motor tidak baik. Mengakibatkan operating temperature motor naik.
· Kondisi motor: fan rusak, body motor kotor, saluran pendingin buntu/kotor dll. Mengganggu penginan.
· Kondisi beban : kopling misaligment, beban terlalu besar, beban tidak normal,
Kotor 
Debu / Kotoran yg terakumulasi akan merusak komponen listrk maupun mekanical. Umumnya terakumulasi pada permukaan badan motor , saluran pendinginan, fin, fan mengakibatkan pendinginan  terganngu dan panasan motor berlebih. Motor type ODP , kotoran debu masuk dan terkumpul kedalam winding menimbulkan kerusakan isolasi / winding.
Moisture / lembab
Lembab atau embun juga merusak komponen listrik dan mekanikal, yang mengakibatkan pengkaratan pada poros, bearing, rotor, stator, laminasi. Jika penetrasi ke isolasi mengkaibatkan degradasi isolasi dan rusak.
Vibrasi
Vibrasi merupakan indikasi bahwa kondisi motor sedang mengalami masalah. Besar Vibrasi yang melebih harga yang diijinkan dapat menyebabka kerusakan yang lebih parah. Sumber vibrasi dpat dari motor atau dari mesin yang digerakan (load) bahkan mungki juga dari kedua2nya.
Sebab vibrasi a.l dari kondisi :
· Misalignment motor terhadap load (mesin yang digerakan),
· Kendor pada fondasi nya Motor atau load
· Kondisi Soft-foot pada fondasi nya Motor atau load
· Rotor unbalance ( Motor atau load)
· Bearing aus atau rusak, meyebabkan poros berputar tidak sentris.
· Akumulasi karat atau kotoran pada komponen putar (rotor)
· Sewaktu memasang rotor/bearing motor sehabis overhaul/rewinding tidak aligment.
 Kwalitas Listrik
Kwalitas suply tenaga sangat menentukan umur motor listrik, hal2 yang harus dihindari. al:
· Voltage  sering naik -turun melebihi harga toleransi, under/over voltage dapat menimbulakan overheating didalam winding, berakibat umur motor menjadi pendek.
· Voltage spike akibat power swicthing atau serangan halilintar (lightning strikes) juga menyebabkan kerusakan isolasi winding.
· Voltage 3 phase tidak balance melebihi harga toleransi, sering terjadi sebagai  sebab kerusakan winding.
Beberapa sebab lain al:
· Pemilihan pelumas harus sesuai specifikasi, penggantian/penambahan dilakukan dan terjadwal dengan baik.
· Pemilihan dan pemeliharaan kopling sama pentingnya dengan komponen lain.
· Seting bearing dan komponen lain harus sesuai dengan standard.

Setelah kita mengetahui beberapa sebab kerusakan, kita dapat merencanakan program pemeliharaan dan langkah pelaksanaan yang sesuai.

179 Responses to Beberapa sebab kerusakan motor listrik

  1. mardiyan says:

    Pak,rate current itu maksudnya apa ya?
    Jwab: yaitu arus (beban)maksimal yg boleh mengalir scr terus menrus. tertera di nameplate.

    • Mochammad Thohir says:

      Salam kenal Pak Soemarno Adibroto saya mau nanya pada saat saya melakukan pengukuran vibrasi motor Condensate Pump dg data spesifikasi daya 55 kw speed 2960 RPM ,Arus 98 A Tegangan 380 Volt nilai vibrasinya normal tapi muncul alarm 2x line frekuensi dan misaligment penyebab adanya 2 x line frekuensi pada motor itu apa pak menurut historinya motor tersebut sudah dilakukan rewinding dan saat dicek tegangan supply motor arus per phasa normal dan motor dg pompa sudah dilakukan Realigment hasil alignment hasilnya bagus mohon pencerahan terima kasih
      jawab: apakah hot alignment juga bagus?

  2. maufiq says:

    salam kenal pak.wah pak artikel bapak menarik sekali buat aq yang masih pemula di dunia kelistrikan.pak bisa tolong jelasin tentang pemilihan motor listrik pak untuk driver konveyor misalnya.

  3. Nazliza Yasmin says:

    Salam kenal pak, saya mengalami masalah motor jet pump,capasitor diganti kebih besar nilainya dr ukuran standar,pada jetpump kata tukang servisnya ada komponen pelindung motor yg katanya kalau motor panas nanti alat itu memutus arus,yg terjadi pak baru dihidupkan beberapa menit mesin mati,penyebabnya alat tadi atau capasitor terlalu besar pak mohon petunjuknya…salam

    • gaspardi says:

      kapasitor ?
      mungkin yang anda maksud overload protecting device ??
      alat pelindung beban lebih yg apabila kurang tepat setting nya bs menyebabkan trip..

  4. dwihono says:

    Pak kalo kontaktor untuk motor 4 KW itu per linenya mampu berapa ampere ?? saya mau gunakan kontaktor untuk heater, tetapi bingung memilihnya ? bisa bantu ??

  5. soemarno says:

    P Dwi.Saya tidak dapat menjawab secara tepat. coba lihat tulisan2 di kontaktor, tentunya ada tulisan2 informasi berapa ampere. saat memasang motor 4 kW apakah pemasang juga memilih kontaktor yang tepat? juga berapa kapasitas/watt nya heater? anda dapat menghitung sendiri dengan cara sederhana.

  6. dwihono says:

    Itu yang buat saya bingung pak, di kontaktor tertulis misalnya 40 amper, apakah itu pengertiannya masing – masing kontak dari kontaktor itu mampu 40 amper ?? ataukah ketiga-tiganya 40 amper (berarti 1 line nya hanya sekitar 13 amper)? pak bapak sering menggunakan PLC dan HMI ??

  7. soemarno says:

    P N.Yasmin Saya kurang tahu persis apa yang dipasang tk service. Tapi sedikit ulasan:Motor 1phase itu biasanya dipasang capasitor hanya utk start. Sedang alat pengaman itu mungkin berupa bemetal yang jika panas dia berfungsi memutus arus. bisa jadi alat pemutus terlalu kecil atau ada gangguan di motor atau pompa sehingga arus yang mengalir lebih besar dari sebelunya. Apakah alat proteksi itu baru dipasang oleh tukang service?

  8. soemarno says:

    PDwi.Artinya setiap terminal/kontaktor itu dpt dialiri 40Ampere.Motor saat start, arusnya bisa 6x lebih arus full load.

  9. soemarno says:

    P Maufig. Penggerak motor untuk konveyor umumnya saat ini memilih motor induksi.agar startingnya dapat lembut/pelan perlu memakai kopling jenis fluid.

    • mupahrizal says:

      salam sukses untuk pak soemarno yang selalu membantu untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi di mesin cnc semoga ilmu yang bapak berikan selalu bermanfaat buat saya amiin, ma,af Pak sebelumnya saya mau nanya mesin saya merknya SINUMERIK SIEMENS Mesin saya alarm AL-12 Pak itu kira kira apanya pak padahal sudah saya reset ulang pak
      jawab: mohon maaf sekali tidak semua hal saya tahu. saran saya baca secara teliti dibuku manual tentunya ada di bagian trouble shhoting. pilot mau jalankan pesawat juga selalu baca dan isi langkah kerja. sop nya.

  10. umam says:

    Salam kenal…Saya kerja di power turbin,ada masalah mengenai metering motor di kontrol dengan menggunakan RMS (root means square)setting arus.Mengenai RMS itu apa?Kalo RMS settingan diperbesar pengaruh terhadap motor apa? Terima kasih…

  11. soemarno says:

    P Umam, jawaban dari rekan P.Alwi
    RMS (root-mean-square) adalah sebutan yang sering dipakai (most commonly used) untuk nilai efektif AC. Nilai efektif AC adalah sejumlah power AC yang menghasilkan efek pemanasan yang sama dengan sejumlah power DC. Jadi nilai RMS adalah menyamakan AC ke DC equivalents.
    Nilai AC dirumuskan sbb:
    Average value = peak value x 0.637
    Effective value (RMS) = peak value x 0.707 Peak value = average value x 1.57 Effective value (RMS) = average value x 1.11 Peak value = effective value (RMS) x 1.414 Average value = effective (RMS) x 0.9
    Menaikan setting RMS berarti mengijinkan mesin (motor) untuk running dengan beban yang lebih besar.

  12. danang says:

    salam kenal pak. Artikelnya sangat bagus. pak marno, saya mau bertanya soal batasan vibrasi (dalam mm/s)dari motor 3 phase.

    • Rokhim says:

      pak knp motor exhaust fan ac 220 volt saya kok gak bisa hidup lagi saya cek belitan ujung ke ujung bagus disambung di alatnya tidak bunyi bahkan timbul nilai ini bgai mana ya? minta tolong solusinya pak terima kasih banyak pak!
      jawaB; dgn keterangan ini kita tidak bisa memastikan sebabnya. tapi sebagai pedoman jika alat listrik tidak jalan : mungkin listrik dari sumber tidak ada/putus kawat. atau dalam alat tsb ada yg putus. pakai alat2 sederhana : testpen, avometer bisa megadakan pengukuran2 /test.

  13. soemarno says:

    P Danang.Jika di-asumsikan bahwa motor 3 phase tsb 15 – 500 kw , maka menurut ISO 2372 nilai good vibration dibawah 1.2 mm/s rms, sedangkan nilai tidak layak running (unpermissible) adalah diatas 7.1 mm/s rms. Antara dua nilai tersebut adalah tolerable.(jawaban kontribusi P.W.Amral)

  14. umam says:

    Salam Pa..Terima kasih atas jawabannya,sangat membantu saya yang masih pemula dibidang listrik,Melanjutkan pertanyaan kemarin, di control tertera nilai (RMS current 65,-100,30,26),nilai-nilai tersebut menujukkan nilai apa?Terima kasih banyak Pa…

  15. maryono says:

    Salam Pa.. bisa saya minta bantuannya untuk merangkai contactor pada motor 3 phase, yang apabila tidak ada 1 phase maka contactor tersebut akan trip atau motor 3 phase tersebut langsung mati
    atas perhatian dan bantuannya diucapkan banyak terima kasih.

  16. CATUR BOWO says:

    Pak, apabila sebuah panel kapasitor bank rusak, biasanya apa yg rusak, bagaimana langkah2 pengecekannya, dan bagaimana cara menentukan besarnya nilai kapasitor yg di butuhkan,misalanya sbh panel kapasitor 120kvar.
    Trims

  17. siswanto says:

    salam kenal pak, saya mempunyai problem, saya mengganti kabel motor cooling water,mereknya TATUNG,3phase, 380V. setelah diganti,motor tidak mau start , saya ukur voltasenya di terminal motornya tegangannya ada. Kira2 kerusakannya dan peyebabnya apa ya pak? matur nuwun sebelumnya.

  18. soemarno says:

    P Siswanto
    apakah sdh dicek conection-nya sdh betul,apakah tegangan diujung sudh sesuai volt-nya dgn motor 380V, cek fuse atau overload relay,stator winding-open-short or ground,cek beban-macet-tdk bisaputar-terlampau besar.

  19. Taufik says:

    salam knl, super buat bapak . pak untuk vibrasi pada motor adakah standarisasinya (kalau ada Brp) dan dengan alat apa tuk pengetesannya. mohon di jawab, terimakasih pak

  20. Saibun says:

    Salam pak..saya mau tanya cara perhitungan untuk beban motor dc it gimana pak.dimana motor berkapasitas 360kw.trimakasih

  21. Jaya says:

    Salam kenal Pak Soemarno
    Pak saya mau tanya tentang motor 3 fase…
    ada gak ya alat yg untuk menaikkan putaran motor 3 fase yg bisa diset variable.thank’s sebelumnya….
    jAWAB:
    dgn alat pengubah frequensi/inverter kita dapat megatur speed

  22. yonas says:

    Salam kenal Pak Sumarno,
    saya mempunyai problem waktu pengetesan motor 3 phase dengan daya 18,5kw arus saat posisi star terlalu tinggi (76A)dan terlalu lama turunnya hingga saat penggantian ke delta mencapai awalan(90A)tetapi cepat turunnya mencapai normal. timer yg saya setting sampai 60detik. saya takut motor akan cepat rusak. lalu apa yang menjadi permasalahannya,pak? terima kasih sebelumnya.

  23. soemarno says:

    PYonas. arus start utk direct line itu bisa mencapai 5-6 kali I.normal. berapa I di name plate? kalau sdh dgn star/delta itu sdh memperkecil I start

  24. vivi says:

    saya mau tanya ni pak. gimana ya cara menghitung lamanya arus start motor induksi sebelum mencapai normal??saya lagi susun TA yang berkaitan dengan starting motor induksi. mohon bantuannya ya pak

  25. soemarno says:

    Vivi: secara teori belum menemukan cara mhitung.dlm test itu bisa tergambarkan curve arus versus time.

  26. bpk takeem says:

    salam knal pak, saya mau tanya ada gak list atau data ampere motor 3 phase. yang jadi standart.dari mulai test tanpa beban dan dengan beban.trima kasih banyak ya pak sebelumnya.
    Jawab:
    kalau kita tahu KW & Voltage motor, kita bisa hitung Ampere dan bisa hitung R=tahanan. sedangkan arus beban itu tergantung beban yg diangkat. sedang dari motor dari test pabrik sudah dicantumkan arus tanpa beban dan arus dgn beban dan ini menjadi batasan beban.

  27. bram hendarto says:

    yang terhormat bapak soemarno,salam kenal pak!
    saya ingin bertanya hal dasar tentang motor listrik,
    bila ada motor dengan name plate:
    star/delta:660v/380v 11kw, pertanyaan saya adalah:
    1.apakah motor tersebut aman untuk dijalankan secara star secara terus menerus dengan supply power 380v, untuk diketahui motor ini adalah motor penggerak baling2 pada cooling tower.
    2.kemudian apakah tidak lebih baik motor ini dijalankan secara hub delta agar torsi bisa maksimum mengingat tegangan supply 380v
    3.bisakah bapak membantu saya untuk menunjukan rumus matematisnya yang menunjukan bahwa besar arus bila motor dihub star lebih kecil daripada arus bila motor dihubung delta untuk spek motor diatas.
    atas bantuan bapak saya ucapkan banyak terima kasih.

  28. soemarno says:

    PBram.
    1.spec660v/380v artinya 660v=star & 380v=delta.
    2.utk menghasilkan torque sesuai spec,mk betul supply 380 di hub delta.
    3.I phase delta= 380v:R(phase)
    I phase star = (660v:V3):R(phase)
    4.agarjelasbuatsket kumparan phase&volt,I sama

  29. Anjar says:

    Slm knl pak,saya mau tanya pak cara kerja hidran itu gmn ya pak?trimakasih atas jawabannya tlg dikrm di anjarx@gmail.com
    Jawab: saya kurang jelas yg dimaksud. tapi yg sy tahu hydran itu system pemadam kebkran. yaitu instalasi pipa lengkap dengan valve dgn conecti slang pemadam, yg ditempatkan scr strategis yg siap ( didalamnya selalu tersambung dgn system pompanya)

  30. anjar says:

    maksud’y untuk rangkaian elektriknya pak,kan pakai dua pompa pak, yg satu besar trus satu lg kecil pd saat valve dibuka yg kerja itu pompa besar atau kecil pak?mksh atas jwb-an nya ya pak!
    Jawab: pompa kecil jalan terus utk menjaga isi dan tekanan selama tidak dipakai utk memadamkan. saat ada pemadaman pompa besar tentu pompa besar jalan karena perlu flow besar.

  31. kurniawan says:

    Salam kenal pak soemarno
    nama saya kurniawan bekerja di itc surabaya. Mungkin saya bisa bantu pak, untuk mas anjar. Cara kerja dari sistem pemadaman gedung.
    Pompa pemadam pada Gedung biasa ada 3 unit yaitu:
    1. pompa jockey yaitu pompa yang kecil.tugasnya yaitu menjaga tekanan air pada pipa hidrant atau sprinkle (biasa tekanannya 8 kg), bila tekanan air menurun sampai pada tekanan yang diinginkan (biasa 6 kg) karena sprinkle pecah atau hidrant dibuka maka pompa jockey bekerja menaikkan tekanan air dalam pipa tersebut.
    2. pompa utama atau main pump yaitu elektrik pump yang besar.tugasnya bila tekanan air terus turun karena sebab diatas sampai tekanan tertentu (biasa 4 kg) maka main pump bekerja menekan air. ada dua macam cara pompa bekerja pompa mati disebabkan tekanan telah tercapai atau pompa mati dimatikan secara manual. Biasa yang dipakai cara kedua yaitu mati secara manual karena diperkirakan main pump bekerja disebabkan kebakaran besar oleh sebab itu pompa tidak akan mati bila tak dimatikan.
    3. disel pump yaitu pompa yang digerakkan disel engine. tugasnya pompa akan hidup otomatis bila tekanan terus turun (biasa 2 kg) contoh akibat kebakaran besar.atau pompa bekerja bila listrik mati.ada dua macam cara pompa bekerja pompa mati disebabkan tekanan telah tercapai atau pompa mati dimatikan secara manual. Biasa yang dipakai cara kedua yaitu mati secara manual karena diperkirakan main pump bekerja disebabkan kebakaran besar oleh sebab itu pompa tidak akan mati bila tak dimatikan.
    Demikian semoga bermanfaat
    ada tambahan lagi mungkin ada yang bisa bantu
    saya punya motor listrik yang dikendalikan dengan inverter. pada saat acceleration/ percepatan dan decceleration /perlambatan. motor bergetar seperti mendorong beban atau menahan beban berat. pada saat motor sudah berputar motor berputar dengan halus.padahal data motor yang diinput ke inverter sudah benar.
    mohon bantuan pencerahan.
    salam kurniawan
    email : kurniawanmadina@yahoo.co.id

  32. soemarno says:

    Mas Kurniawan.Trima kasih tulisan yg sgtdetail hal pompa pemadam.soal getar saya tidak tahu pasti, krn harusnya investigasi langsung. Ada hal yg ingin dtulis, inverter adl pengubah frequensi utk starting dan membuat putaran motor sesuai dgn kebutuhan pompa,sehingga menghemat listrik. Biasany setiap mesin rotatingmempunyai”criticalspeed”, yaitu speed dimana terjadi resonansi.tandanya terjadi vibrasi besar, jika sudah melampaui speed tsb vibrasi hilang dan menjadi halus, critspeed ini bisa dua kali atau lebih (mesin put tinggi). maka critical speed harus dilewati secepatnya.

  33. kurniawan says:

    Terimakasih Pak Soemarno . atas responnya.saya telah menemukan jawabannya mengapa motor saya bergetar/vibrasi pada saat acc. atau dec. Ternyata masalahnya ada pada setting I 0(nol) atau Arus pada saat tanpa beban pada Inverter. setting arusnya ketinggian padahal menurut manual book arusnya sekitar 30% sampai 70 % dari I R(rate) menurut nameplate (dimesin tercatat 12A) jadi settingan I0 = 4 A. saya experimen arus I0 saya kecilkan sampai 1A hasilnya vibrasi berkurang.. saya lanjutkan I0 saya kecilkan sampai 0.5 A hasilnya vibrasi hilang motor tidak panas. demikian pak untuk penjelasan penyebabnya mohon diberi pencerahan. Terimakasih
    salam kurniawan

  34. syach says:

    pak, salam kenal, saya punya masalah pada contactor star-delta selalu terbakar, pompa saya 11 kw, awalnya star-delta pakai 25A dan terbakar, setelah itu pakai 32A setelah pemakaian 6 jam terbakar juga, saya sudah cek rangkaiannya dan benar tidak ada yang short, saya mohon petujuk bapak dalam masalah ini, sebelum dan sesudah terimakasih

    Syach

  35. anjar says:

    terima kasih pak kurniawan atas penjelasanya,penjelasan bpk sngt bermanfaat&membantu saya!sekali lg terima kasih pak

  36. arapi says:

    salam knal pak,. saya mau tanya tntang prinsir kerja motor 3 phase,. pertanyaan saya adalah apakah bisa motor 3 pahse dijalankan dengan sumber 1 phase.?
    mohon jawabannya dan penjelasannya.
    terimakasih.

  37. kurniawan says:

    salam, pak .. pertanyaan pak mungkin .berapa daya motor minimal untuk penggunaan kontrol star delta yang efektif. terima kasih atas jawabannya .salam
    Jawab: dengan rumus listrik bisa dihitung berapa keuntungan listrik bisa dihemat dan berapa harga tambahan utk star delta. bandingkan.

  38. rendi says:

    pak: apa untung dan rugi start delta dan y
    Jawab: untungnya arus start lebih kecil, jika di akumulativekan bisa menghemat. coba dihitumng2 secara matematis, ruginya ada sedikit tambahan invest.

  39. yuda says:

    salam kenal pak, saya mau nanya jenis gangguan pada mtor sinkro itu apa aj?
    dan cara penanganannya?
    terima kasi.

  40. ujang riwayat says:

    Salam kenal pak…. Bagaimana urutan cara pengecheckan secara electik untuk motot 3 fasa ,dimana motor tersebut cepat panas.Apakah betul bisa diukur dengan menggunakan Tang Ampere dari tiap kabel fasanya,demikian pertanyaan saya,terima kasih sebelumnya dan kami tunggu jawaban khabar baiknya,terima kasih ujang r
    jawab:
    ukur dgn tangampere, bandingkan dgn yg tertulis di nameplate. juga apa ada kemungkinan penyebab lain.

  41. ronggo says:

    Assalamualaikum Pak,
    Wah semoga tetap sehat selalu. Mau tanya nih Pak, dan sharing. Dalam pengalaman bapak adakah vibrasi motor karena pengaruh harmnonisa listrik – salah satu gangguan di kualitas tenaga listrik.
    Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. regards,
    Jawab: betul banget kwalitas kualitas supply listrik (al harmonisa) juga merupakan penyebab vibrasi.

  42. ronggo says:

    Wah matur suwun pak jawabnya.

    Yang mau saya tanya, bagaimana karakteristik vibrasi karena harmonisa, seperti mm/s. Apakah biasanya vibrasi karena harmonisa ini diketahui pada akhir2 solusi (karena root cause dari pompa dan drivernya gak ada masalah)

    Pendapat saya adalah sangat jarang sekali power quality analyzer di plant. Mohon petunjuk dan sharing nya.

    Sugeng ndalu Pak Soemarno. Pareenngg

  43. Fathoni Wangsadrana says:

    Salam kenal Pak Soemarno… maaf Pak saya ada sedikit pertanyaan apakah ada rumus untuk menentukan diameter kawat, jumlah lilitan dan alur lilitan pada saat akan melilit motor listrik tiga fasa… dari stator kosong? besar harapan saya untuk mendapat jawabannya.. terima kasih
    Jawab:
    maaf, tentu ada; belum sempat menulis, karena cukup panjang. rumus2 yg dipakai al R ,I ,V ,W, tahanan jenis kawat, penampang kawat, jumlah slot, luasan slot.

  44. RUDI says:

    salam kenal, minta gambar kontrol motor sederhana dong,,,

  45. andri says:

    Salam kenal Pak….saya ingin belajar untuk motor-motor listrik DC dan AC. ingin sedikit memahami rumusnya juga…dan juga cara perawatannya pak….serta standart untuk pengukuran Merger itu rumusnya bagaimana pak ya….seta cara pengukurannya…karena kemarin adamasalah di di kerjaan pada motor 2000KW ( DC) terjadi short body yang tidak terdeteksi. sebelumnyya sudah di merger 0,3 tetap aja dijalankan.maaf ni pak newbie alias katrok…. mohon saran, petunjuk, serta masukannya dari bapak….kirim email saya: afdi_yandri@yahoo.com
    Jawab:
    coba di baca di tulisan “test motor listrik” nanti kalau kurang jelas bisa tanya lagi.

  46. arif says:

    pak..saya ingin bertanya mengenai motor listrik pada mesin cuci. apa penyebab motor tersebut tidak mau berputar padahal saya sudah mengganti kapasitornya(baru)dan juga pada motornya mengeluarkan panas yang berlebihan

  47. Budi says:

    Pak saya mau tanya saya punya ac split tetapi indoor motor kipasnya lemah saya sudah cabut kabel motor listriknya lalu saya pake penaik tegangan sampe 240volt tetapi putaran kipasnya tidak terlalu beda cuma lebih cepat dikit nah saya mohon petunjuknya bagaimana menaikan kecepatan kipasnya hingga maximum apakah gulung ulang tembaganya trims pak

  48. hendri says:

    salam kenal pak, saya mau tanya dari kerusakan diatas cara penanggulangannya bagaimana ya? terima kasih.
    Jawab:
    Dalam artikel sudah disebutkan sebab2, maka solfingnya dengan mengatasi/mnecegah/meniliniate.

  49. Dadang Sutarman says:

    aslmkm?pa saya mw buat mesin buat ROL as diameternya 12,tapi saya mw si motornya bisa diatur kecepatannya..saya mw pake motor 3 fasa 1hp kira2 cukup ga ya?dan saya minta tolong kira2 pakai komponen apa agar si motor bisa di atur kecepatannya,,mohon bantuannya?

  50. Wita says:

    Pagi Pak, saya mau tanya…sudah 2 hari ini kalau saya pakai motor lebih dari 30 menit (non stop)..mesin tiba2 mati, mw saya engkol..engkolnya jadi keras banget..mau di starter..starter nya gak mau hidup, malah mengeluarkan bunyi2 aneh.
    Jawab: maaf ini motor listrik, motor bensin atau mesin diesel?

  51. ali says:

    gimana caranya memperbaiki MF 440.yang mengalami kurang tenaga saat beraktivitas
    Jawab: Maaf saya belum tahu MF 440

  52. Anjar says:

    Selamat siang pak,saya mau tanya kalau inverter 3phase 220v dipakai untuk motor 3phase 380v apa bisa ya pak?terima kasih atas pencerahanya
    Jawab: yang paling pas adalah baca buku manual atau tanya ke pabriknya. sebagai pedoman alat listrik jika dipasang di voltage > maka arus >, jadi mungkin bissa terbakar.

  53. petro says:

    mohon pencerahan, saya mempunyai vacum pump dengan daya 750watt listrik 3 phase sedangkan dirumah saya listriknya 1 phase daya 2200watt. bagaimana cara merubah listriknya? terimakasih.
    Jawab: lkalau dihitung jangka panjang, listrik lebih hemat beli motor satu fase..

  54. iskak says:

    aslkm,pak untuk melihat data motor listrik tanpa beban dimana? jika di nameplate tidak ada.motor listrik saya 30 HP.
    Jawab: tanpa beban plingtdk dinyatakan dgn Io (I nol) juga dii name plate.

  55. wahyu says:

    Selamat siang pak, saya mau tanya: Di pt.saya punya motor 125 kw- 380Vac untuk blower menggunakan soft start Telemecanique type ATS23..ada masalh di soft start nya,sekarang langsung start tanpa Soft start Arus normal pemakaian antara 125-175 ampere yang saya mau tanyakan :
    1.Bahayakah kondisi mtr tersebut kalau dijlnkan tanpa Softstart.
    2.Kalau bisa dijalankan scr langsung pengamanapa yg perlu saya pasang ( berapa setting amannya ACB / OL treima kasih.
    Jawab: softstarting utk usahakan arus start kecil, jika direct arus mula besar (5-7kali I normal) jika yg digerakan blower tdk terlalu masalah. tidak bahaya. mungkin mengganggu alat listrik lain. saat start ada voltage droop sebentar atau breaker trip. tenggang waktu start dgn start hrus ada waktu cukup utk dinginkan winding (lihat articel di web ini)

  56. Abdul says:

    Gimana cara merger motor listrik 3 phasa, dan standard nilai acuan hasil pengukuran motor listrik 3 phasa menggunakan Megger.
    Trimakasih..

  57. anjar says:

    slm knl pak,saya mau tanya bagaimana caranya cek kerusakan bearing pada motor 15kw?
    jawab: bisa dgn alat vibrasi. kalau nggak ada bisa dgn suara, bunyi, getarannya, dan panasnya dll.

  58. anjar says:

    slm knl pak,saya mau tanya bagaimana caranya cek kerusakan bearing pada motor 15kw? yg ke2 dimn saya bisa mendapatkan wiring diagram sebuah mesin pak?trima kasih atas jawaban nya pak!

  59. anjar says:

    satu pertanyaan lagi pak,dimn saya bisa mendaptkan sebuah wiring diagram dari sebuah mesin?mungkin bisa website pak?trimakasih atas jawabanya pak!
    jawab:
    shrusnya ke pembuat mesin, coba ke internet. nama pembuat, mesin apa,type mesin/specifikasi

  60. 3ps says:

    Salam kenal pak, apakah mengalirkan listrik(menghidupkan pompa air) tanpa rotor bisa membuat lilitan terbakar? Nb: pompa saya bongkar tinggal stator trus di hidupkan untuk cek listrik tapi beberapa detik kemudian berasap. Terima kasih
    jawab:
    motor jalan tanpa beban itu tidak masalh. yg berasap itu sebelah mana? bearing atau winding?

  61. ojax says:

    pak, kmrin saya mencoba untuk menservis motor listrik 5 fase. Motor steper, 1.4A, dc 2.27v. Karena motor ini terlalu panas. Dan putaranya kurg stabil. Setelah di cek, ternyata suspek pertamanya dari bearingny yg udah stuck. Saya ganti bearing untuk dpan belakangny. Setlah smuany saya pastikn udah beres. Saya kembli memasang cover mtor tsbut. Tapi saya coba putar sndri poros mtor. Trnyta tdak se mulus sebelum saya bongkar. Saya udh berulang2 memastikan tdak ada yg salah. Tolg pencrahany pak. Trims
    jawab; jika bearing sdh dipastikan. mungkin hanya pengaruh magnit rotor & stator. is ok

  62. ifan says:

    Salam kenal pak, saya mau tanya tentang permasalahan yang pernah saya alami. saya punya motor teco 7,5 kw sering trip. check current R S T sampai 29 ampere (motor sudah tanpa beban dan di un-couple). saya cek tegangan supplynya enggak ada masalah ( 380 V ). dan untuk megger phase-phase dan phase- ground rata2 di atas 200Mohm, hasil megger kabel juga masih bagus. kira penyebab overloadnya apa pak?. mohon pencerahannya. salam sukses IRfan
    Jawab:
    trip krn overload. ukur ampere beban (bandingkan dgn ampre nameplate) sebab: electric,( R isolasi rendah,under capasity,seting reley terlalu rendah), mekanis.(bearing,beban over, rotor mesin yg digerakan seret dll). jika kurang jelas, berikan data/indikasi yg detail.

    • elkana says:

      saya punya masalah dengan motor 3 phase yang saya miliki. di name plate tertera 2,2 kw max a 14,6A. kalau saya nyalakan jam 12 malam sampai jam 1 siang tidak ada masalah semua berjalan automatic krn menggunakan omron sebagai pembaca level air dan dilengkapi TOR (Thermal Overload Relay) juga. yang jadi masalah adalah ketika motor tersebut menyala pada jam diatas 1 siang sampai 11 malam, belum sampai 2 jam TOR sudah memtutus arus listrik. apakah penyebabnya karena turunnya tegangan listrik atau karena apa ya? terima kasih sebelumnya, jawabannya sangat dinanti masyarakat banyak karena ini untuk kebutuhan air bersih masyarakat. terima kasih.
      jawab: maaf jika jawaban kurang tepat/salah. coba diukur tegangan setiap satu jam sekali dan catat. catat juga arus motor. kumungkinan saat jam2 tertentu suply listrik tegangan turun. saat itu pompa juga memompa lebih banyak, sehingga terjadi kenaikan arus listrik, motor jadi panas, dan trip.

  63. Salam kenal, Pak, ini saya dari Jogja, mau tanya cara melilit angker motor blender, dg jumlah alur 12 dan komutatornya 12. Jumlah kawat per alurnya berapa dan langkah melilitnya bagaimana, terimakasih.
    jawab:
    Mas sebaiknya sebelum membongkar, dihtung dulu berapa peralur, berapa besar kawat, maaf tdk bisa menjawab karena panjang dan data kurang.

  64. iwan says:

    salam kenal pa, saya dari bandung, kebetulan bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan tekxtile. terkait masalah motor saya mo tanya ..mungkin ga motor bisa rusak yang di akibatkan mati listrik yang mendadak,karana di tempat saya bekerja kadang kala terjadi mati listrik secara mendadak dari PLN nya. thk
    Jawab:
    Listrik mati ya motor berhenti, gak apa2. yang bisa merusak jika tegangn/voltage sering naik-turun.

  65. Bimo Aji says:

    Dengan Hormat, Pak,pertanyaan saya kalo arus beban kosong elmo 3 fasa / Io itu rata2 berapa ya.?
    Jawab:
    beban kosong=no load current, dpt dilihat di name plate motor. (kira2 1/5 dari full load current). dan arus start kira2 5x full load current.

  66. Deddy says:

    Mohon info tentang beda arus tiap fasa yang diijinkan pada motor 3 fasa pada solo run test n full load test. Apa harus kurang lbh 10% pada name plate. Sekedar info motor sudah rewinding dan insulated test diatas 1000 mega. Trimakasih
    Jawab:
    sebaiknya beda antar fase sekecil mungkin terutama saat full load (seperti yg di tulisan di blok),

  67. sofyantoro says:

    Selamat malam bapak,mw nanya nih?motor boiler feed pump ditempat saya bekerja vibrasinya tinggi sekali mencapai 7-8mm/s padahal untuk Data alignmentnya sudah bagus 0,02mm.menurut bapak bgaimana Cara untuk mngatasi masalah ini pak?terima kasih atas bantuannya?

  68. soemarno says:

    jawab utk P Sofyantoro, peyebab vibrasi al:
    rotor unbalance/bend,bearing,coupling, pipe strain, alignment dll. data bagus diatas sepertinya cold alignment. jika pompa runing kondisi berubah karena panas, kondisi menjadi misalignment. apakah pernah diukur temperatur setelah running? utk memahami lebih dalam perlu baca buku alignment.

  69. Rudy Fahmi says:

    salam kenal pak, saya mau tanya tetntang permasalahan pada motor konveyer yang terbakar.data motor 200 kW/380V/360 A/50 Hz. beberapa waktu lalu motor tersebut tidak bisa running, indikasi pada inverter A1000 Yaskawa ‘ground Fault’, setelah diukur ternyata lilitan U dan Ground hanya 14,7 kOhm. dan secara fisik lilitan memang terbakar pada lilitan U dekat terminal Bolt. pemakaian beban 95 % dari effisiensi motor. yang mau saya tanyakan apa penyebab dari terbakarnya motor tersebut (untuk lilitan antar phasenya bagus >450 Mohm.terimakasih
    jawab:
    penyebab motor terbakar banyak sekali, tetapi dari crita itu mungkin disebabkan oleh lose conection, sambungan terminal ke kabel tidak sempurna (atau semacam itu). jika atar fase masih baik terminal bisa diperbaiki, mungkin motor bisa normal.

  70. ervin says:

    pak saya mau tanya kenapa ya motor saya 3ph 30 KW koneksi star delta, pada saat running continoes tiba2 arus naik turun (tidak stabil), sehingga over load trip. Naik turunnya arus tsb tidak menentu, kadang kecil kadang besar (sampai seperti arus startnya). Saya sudah cek di kontaktor normal semua, saya ganti dengan kontaktor lain yang normal juga masih sama terjadi masalah. Mohon bantuan penyelesaiannya pak. Terimaksih
    Jawab: kalau saya melihat langsung mungkin bisa memberi jwaban yg agak tepat, coba ;
    1 apakah kondisi mesin yg digerakan normal atau ada kerusakan. atau beban naik/utrun
    2.apakah kopling tersambung dgn baik (axial clearence, alignment, dll) atau kopling rusak.
    3.apakah kindisi motor itu juga baik.

  71. djamiat sadini says:

    halo, salam kenal pak soemarno, saya ingin mempelajari dinamo tiga phasa dari dasar-dasarnya sampai lanjutannya. buku-buku apa saja yang saya perlukan dan saya beli dari pak soemarno agar dapat saya pelajari dari dasar sampai menjadi mahir. saya ini masih belum mengetahui bagaimana dinamo tiga phasa. salam hormat saya
    Jawab:
    sebetulnya jika ingin dari dasar, ya membaca/ mencari/membeli buku2 teknik cari yg mudah dimengerti , pilih bhasa Inggris atau Indonesia, buku2 STM atau yg perti itu di toko2 buku.

  72. Alsen says:

    Salam kenal Pak,,, Saya minta tolong pak,,,Byasanya yg mnjd mslh utama saat Over Current pada instalasi listrik untuk motor bntu lampu,,itu apa ya pak..?? & Cara mengatasinya bgmn itu pak..?? Makasih banyak pak,,
    Jawab: Maaf ya kok gak ngerti maksud pertanyaanya.

  73. Harmen says:

    Pak, saya punya exhaust fan, putarannya lambat (ketika baru dibeli purannya kencang).ketika saya ganti kapasitornya (1 mokrofarad) menjadi 1,5 mikrofarad,putrannya menjadi kencang lagi. apa fungsi sebenarnya dari kapasitor ini. mungkingkinkah makin besr kapasitor semakin kencang putaran exhaust fan tersebut/.
    Jawab:saya tidak tahu persis masalah mtr tsb, tapi putaran motor induksi itu ditentukan oleh jumlah kutub.

  74. BUDI says:

    Salam kenal. Jawaban2 Bapak sangat bermanfaat bagi saya.Pak, saya mau tanya, kalau motor 3 phase 132kW dan motor2 kecil sekitar 5,5kW besarnya persentase arus tanpa beban terhadap arus name plate sama atau beda? Standard-nya berapa persen dari arus full load/ name plate. Terima kasih banyak atas jawabannya.
    Jawab:
    biasanya adatertulis di nameplate atau data sheet motor dan ada artikel di web ini adacontoh Data sheet. kira sbb: misal rated current 100 A, arus start bisa mencapai 5-7 kalinya, arus noload 1/5 kali.

  75. andika says:

    Pak saya mau tanya saya memiliki spesifikasi current motor 130,3 A sedangkan hasil pengukuran R/S/T = 38,04/40/37,6 menurut bapak bagaimana cara menganalisa hasil pengukuran tersebut dan ada standardnya tidak lebih kurangnya berapa?
    jawab:
    datasheet/nameplate ada I=130,3A, ada V=…? hub delta atau star, dpt dihitung R lilitan/phase. nah anda sdh tahu jawabanya.

  76. sony says:

    salam kenal pak, mau tanya untuk menentukan standar noise,vibrasi & ampere motor yang diijinkan agar motor tetap running berapa pak.terima kasih

  77. agus says:

    pak saya mau tanya apa kelebihan dan kekurangan dan memakai motor listrik 1 fasa dan 3 fasa ? terimakasih
    jawab: motor 3 phase dgn konstruksi kompak/kecil daya 3x motor 1 phase, makanya motor 1 phase hanya utk yg kecil2 kw atau hp

  78. anwar says:

    ass…slm knl pak sumarno…..sya ada mslah tntang crain NH HOIST …knpa pak ya shbis speed 2 trus tmbolny sya lpas mtor long travel kok nylonong bae pak ya…tpi dsaat sped 1 breakny bsa bkrja…Apa stingan acclerasi inverterny / deccelerasiny atau mslh timerny pak… Nywon tlng jwbne pak nggeh…
    jawab: saya tdk bisa jawab secara tepat, karena tdk tahu persis crane nya. mungkin seting magnetic perlu di ajust.

  79. ario setyo says:

    selamat sore p,soemarno. pak kenapa kok motor 3 phase di bwh 10 kw koneksi starnya dari dalam motor dibandingkan yg d atas 10 kw koneksi star deltnya terpisah dg perlengkapan kontaktor. Terima kasih
    jawab: motor besar bisa diatur start star/delta utk memperkecil arus. dan yg kecil dianggap tdk perlu.

  80. Muhammad bahrudin says:

    salam pak soemarmo, pak, apa. Perbedaan motor AC dan DC ??
    Jawab: Motor AC memerlukan arus/listrik AC (mis dari PLN), motor DC memerlukan arus DC/searah (misal batery, gen DC)

  81. yazid says:

    pak, bagaimana rumus menentukan ukuran kabel, TOR, breaker untuk instalansi motor dengan daya tertentu, terima kasih

  82. muhammad says:

    salam pak..sya mahu taye..kalau motor 3 fasa untuk starting motor jalan pastu untk running motor stop..saya check control panel ok..voltage ok..arus mula starting tinggi..untuk phase red 33amp..pe masalah 2 pak?
    Jawab: maaf saya tdk ngerti ini crita&tanya apa.

  83. satria says:

    motor 3 phase 415 volt 36 ampere 18.5 kw tuk mesin mixer cat..pertanyaan saya mesin hanya berputar 1 menit lalu mati sendiri dan lampu overload menyala padhal saya test running tanpa beban..kira2 apa ya pak penyebabnya mohon bantuannya
    Jawab: sewaktu tanpa beban overload. apakah overload device cukup ampre, mungkin terlalu rendah setingnya. ukur amp. juga sewaktu running. atau memang motor sdh rusak.

  84. toha says:

    salam pak soemarmo, pak.. Apa motor spesifikasi pabrikan hubungan bintang di hubungkan dengan segitiga?
    Jawab: pabrikan mencatumkan dua tegaangan misal 380/440 -> segitiga suplynya 440V

  85. prio says:

    pak mw tanya..saya punya honda C90, tp dah ganti CDI grand, pulser Gl, ma coil supra…tp kalo jalan agak jauh…tiba2 motor ga da listriknya(mogok)nunggu sampai dingin lg baru bisa?mohon
    solusinya

  86. Rohman says:

    salam kenal pak Soemarmo,pak,saya punya mesin cuci manual 2 tabung,sekarang ada problem pada spin atau pengering motornya,dimana motor tidak mau muter,tapi hanya mendengung ,kapasitornya model two in one ,tertulis 9,3 dan 3,9 mf, ketika saya coba tukar posisi kabelnya, spin motor mau berputar seperti biasa juga washer motornya normal,tetapi 3 hari kemudian spin motor tidak mau berputar lagi,dan hanya mendengung,pertanyaannya,di antara kedua kapasitor tsb ,yang mana yang untuk spin ,apakah yang 3,9 atau yang 9,3 mf ?, Apakah jika mengganti kapasitor,nilainya harus sesuai semula?,apa efeknya jika lebih besar atau lebih kecil dari semula? Demikian,terimakasih atas bantuannya. Salam/Rohman ,Bogor

  87. bram says:

    selamat siang, Pak kalau perbedaan type bearing yang belakang kan biasanya ada RS, 2RS, Z, C3 dan lain-lain, itu menunjukkan apa ya? kemudian punya data perbedaan dan pemilihan bearing tersebut tidak? kalau ada tolong diemail dunk pak. Terimakasih atas bantuannya.
    Salam, Bram
    jawab: RS utk bering tertutup seal sebelah, 2RS dua sisi , Z bearing tertutup sebelah dgn bhn logam dan C3 itu berhubungan dgn clearencenya.

  88. penjelasannya sangat komplit, sangat membantu.
    jawab trima kasih. jika ada yg ikut nulis2 silahkan

  89. aris says:

    Salam kenal Pak, saya ada maslah dengan electrmotor buat pompa merk ABB di kapal dgn teg 440 V output rated 45 kw,dr makernya dipasng direct starting dgn smbungan Star,saat jalan elmot overheating dgn ampera normal tdk overload.kemudian sy rubah smbungan Delta ttpi msih overheating.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah penyebabnya overheating?padhal sdah dichek pompa bagus dan prbandingan antara pmpa dgn elmot jg sesuai
    2. Apakah perbedaan trutama dr ampernya jk dismbung secara Star dngn Delta ( sama2 direct starting)
    Matur suwun….
    jawab:
    1,mungkin motor tsb sudah rusak.apakah bekas rewinding?
    2. ampare beda. jika motor tertulis dua tegangan. misal 380/440 maka jika dipakai di 380 dihub delta dan , jika dipakai 440 star. arus bisa dihitung.

  90. Indra says:

    Asslmlkm pak.
    Dlm sebuah name plate motor listrik tertera 380 v. Tegangan sumber 380 Vac.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah benar harus memakai sambungan Delta?
    2. Apa pengaruhnya jika memakai sambungan Star?
    Maturnuwun pak.
    jawab: jika motor tertulis dua tegangan. misal tertulis 380/440 maka jika dipakai di 380 dihub delta dan, jika dipakai 440 star. arus bisa dihitung.

  91. Indra says:

    Dlm dinamo motor yg saya lihat, di name plate cuma tertulis 1 tegangan yaitu 380 volt. Sumber tegangan 380 Vac. Bgmn pak?
    jawab: ya pas tinggal pasang. sebut saja motor (tidak dinamo motor). dinamo adalh alat pembangkit listrik, motor mengubah listrik jadi tenaga mekanis.

  92. nurhamid says:

    Pak mohon tanya berapa batas maksimal panas pada motor teco ? (kronologi) kami pakai motor Teco 380V 18 KW untuk penggerak pompa yang mempunyai head 100 meter, dalam kurun waktu 2 tahun ini inverter sudah 2 kali terkena sambaran petir sehingga main board power suplynya rusak dan harus di ganti, setelah di ganti dengan setting freq 43 A amper menunjukkan 32 A setelah operasi sekitar 1 jam motor kami cek ternyata panas sekali akhirnya kami matikan setelah dingin kami opersaikan lagi +/_ 25 menit lalu kami cek lagi ternyata panas seperti yang dioperasikan 1 jam tadi. bagaimana solusinya Pak .terima kasih atas jawabannya
    jawab: apa kondisi motor sdh turun semenjak ada sambaran petir, sudahkan di test tahanan/megger dll?

  93. DAN says:

    pak kalau motor start capaasitor, saat start cuma mendengung dan tidak bisa berputar kemungkinan masalahnya apa saja ya?? trima kasih sebelumnya
    jawab: ada kemungkinan capasitor rusak atau kabelnya putus.

  94. dian s kelana says:

    pak saya mau tanya..? diantara sistem2 motor listrik yang ada yang paling baik dalam efesiensi dan umurnya kita harus menggunakan sistem apa…? Dol kah, start delta..? atau soft starter….?
    dan apa keunggulan dan kelemahan dari masing2 sistem. mohon bantuanya. trimakasih sblumnya pak.
    JAWAB: pemilihan itu didasari beberapa faktor: berapa besar KW/Hp motor, kesediaan sumber listrik, dipakai utk menggerakan mesin apa, segi harga. Alat start tujuannya memperkecil arus mula, soft: utk mengahluskan gerakan awal. motor kecil cukup pilih DOL,

  95. Hany says:

    Met pagi pak…..
    Saat ini saya lagi melakukan KP di salah satu perusahaan nikel terbesar di Indonesia. Ditempat saya praktek, pabrik ini juga menggunakan motor sebagai alat menggerakkan beberapa alat produksinya. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    a. Bagaimana Preventive Maintenance pada Motor induksi ini menggunakan thermal imaging camera agar motor tidak cepat rusak?
    b. Insulation type motor induksi?
    c. Pada temperatur berapa motor itu bisa over heating?
    jawaB; thermal tsb merupakan salah satu alat saja.

  96. rusli says:

    Salam kenal pa.saya mau tanya saya punya masalah ampere yang dibaca inverter tinggi δάƦî biasanya analisa saya δάƦî motornya dan setelah ganti motor baru ternyata masih sama permasalahanny.apa kira2 penYebab inverter tersebut overload.???apa mungkin inverter îτϋ rusak???

  97. yoga says:

    maaf pak, ijin tanya … di tempat kerja saya ada elmot merk mitsubishi dengan daya 15 KW untuk menggerakan pompa centrifugal merk sihi dengan kapasitas 120 kl/jam dengan produk solar, masalah yang terjadi adalah tiap 5 – menit 10 menit pertama pompa mati sendiri,,itu masalahnya apa pak ? mohon bantuannya terima kasih
    Jawab: masalah ini saya tidak bisa menjawab dgn tepat, karena saya tdk melihat/info kurang lengkap. apakah breaker ada timer, atau ada pembatas panas? atau over load.

  98. salam kenal pak. Aku pengen tau apa tujuan dari pengetesan delta t pada motor kipas angin. Dan bagai mana cara pengetesanya. Mohon dibantu pak.
    jawab: saya kok tidak tahu maksudnya. barang kali ada pembaca yg tahu silahkan menjawab.

  99. adhit says:

    Salam kenal pak, pak pompa deep well submersible apakah grounding adalah suatu keharusan untuk di install? saya mengalami problem lilitan pompa terbakar/short , sebelumnya tegangan operasi normal, conector kabel setelah saya pompa saya angkat dalam keadaan baik
    Jawab: aturan semua peralatan listrik hrs di grounding. ya problem motor deepwell pump, setelah sekian lama running kebanyakan short. krena ketahanan isolasi ada betas umur. atau short karena pompa macet.

  100. Hendra says:

    Salam kenal…
    Pak saya mau nanya, kira2 di panel stardelta biasanya kerusakannya apa aja? Cara perbaikannya gmana? Tolong dijawap pak, trimakasih
    Jawab: kerusakan panel ya sama seperti panel lain.

  101. sulhanda says:

    Salam pak soemarno
    pak saya minta pengalamannya ni,saya ada masalah,motor 1 fasa mati,
    saya ganti kapasitornya dgn ukuran sama mesinnya hanya berdengung,lalu saya coba dgn kapasitor yg lebih besar jg masih berdengung.kalau tdk diberi tegangan rotor agak lancar diputar dengan tangan,tetapi sewaktu diberi tegangan mesin berdengung dan sepertinya malah agak berat diputar,seperti putaran saling berlawanan.padahal 1 fasa.trima kasih.
    jawab: apa sudah di cek, bahwa winding masih baik? kapasitor itu hanya berfungsi saat start saja.

  102. nasrul says:

    Salam pak…
    D PLTU tempat z bkerja ada 4 buah BFWP tpi ada salah satunya yg bermasalah dengan over heating..jika motornya ditukar dng yg lain masih tetap over heating n bekas motor yg dicabut n dipasang di BFWP yg lain motornya tidak over heating
    Jdi kira2 permasalahanx d mana pak?
    Jawab: apakah sudah diukur berapa amper masing2, juga yg overheating. sebab2 bisa bermacam2: apakah ada kelainan internal pompa, atau instalasi/konfigurasi pipa. (jawaban kurang tepat karena saya tidak melihat),

  103. Yusuf says:

    Salam Pak..
    Saya mau bertanya ini ada masalah dengan motor listrik saya…ketika motor listrik dihidupkan tanpa mendapat beban, motor listrik berputar normal(kencang), tetapi ketika motor listrik mendapat beban untuk memutar pulley motor bergerak lambat(meraung-raung)…apa penyebab terjadinya hal tersebut?kemudian bagaimana mengatasinya??terima kasih..
    jawab: kemungkinan beban terlalu berat, coba diukur ampere dan badingkan dgn ampre namepale. atau pully terlalu kencang.

  104. Roros says:

    Pak saya mau tanya, kalau lilitan motor hubungannya u1-v1, v2-w1, w2-u2 apakah menyebabkan putaran motor berputar ke kiri, lalu ke kanan? Mengapa demikian? Urutan yang benar u2-v1, v2-w1, w2-u1, terima kasih atas jawabannya.
    Jawab:intinya jika putaran motor semula kekanan, jika dua phase ditukar, maka putaran menjadi kekiri.

  105. ruslan says:

    kami memakai vibrasi meter disana ada satuan mm, mm/s, M/s^2 yang saya tanyakan nilai mana yang menetukan vibrasi. dan bagaimana gejalanya jika salah satu nilai besar. terima kasih sebelumnya
    jawab : sebaiknya di baca dgn baik manualnya.

  106. ali ubaidillah says:

    Pak, kalau motos 1 phase di hidupkan sebentar langsung panas, trus putaran motornya di tahan pake jari bisa . Gimana itu pak?
    Jwab: ini motor berapa KW/hp. menggerakan apa? apakah saat ditahan dgn jari ,masih dgn bebanya.

  107. yudi says:

    pak,saya tukang gulung dinamo,zat apa yang ditambahkan ke gulungan saya kok dalam beberapa hari putus kawatnya kayak di blunder seperti orang ngelas,padahal kalau terbakar cuma gosong,berubah warna,tdk putus,tolong bapak terangkan supaya saya bisa beri penjelasan ke costumer saya,jika hal itu terjadi karena sabotase karyawanya sendiri,bukan kwalitas gulungan saya,terma kasih saya tunggu jawabanya
    jawab: mohon maaf ya, tidak bisa menjawab dgn benar, karena saya juga tidak melihat barang tsb. mungkin ada kerusakan isolasi/email apakah saat memasang atau ? apakah sebelum di bawa pulang sudah di coba di tempat rewinding? apakah juga sudah di megger ?

  108. nano says:

    pak saya mau nanya klu motor 3 phase,,amp 5 volt 415 frekwensi 50 hz ,,motor itu
    klu di hidup kan berputar terbalik,apa masalah di wayering nya?
    mohon jawapan nya segera,,makasih
    Jawab: untuk membalik putaran, sambungan dari luar ke motor , dua kabelnya di tukar satu sama lain.

  109. NOVI says:

    minta ilmunya pak,motor ac 25 KW 5 speed, untuk speed 1 hilang. tapi untuk speed 2,3,4 dan 5 bisa berfungsi normal. kira2 kenapa ya?
    Jawab: maaf ya saya kurang jels yg dimaksudkan.

  110. dyan says:

    salam kenal pak,
    saya mau tanya, teman saya baru beli mesin bubut dengan motor 2hp 3ph/380v, tapi tegangan di workshop baru terpasang 1ph/220v. pertanyaan saya aman tidak ya / apa resikonya apabila saya tetap paksakan motor jalan dengan suply tegangan 3ph/220v yg dihasilkan dari inverter?
    jawab:coba diperiksa apakah motor ada tulisan 220/380. apakah motor 1 phase ya.

  111. ali says:

    pak saya mau tanya ,..motor saya tegx 380/660 , bisa ngak dites tanpa beban dalam hubungan star jika tegangan listrik saya 220/380
    jawab: menurut spec motor, jika tegangan 380V hub mestinya delta.

  112. dyan says:

    salam kenal pak,
    saya mau tanya, teman saya beli mesin bubut dengan motor bawaan 3phasa/380v, tapi tegangan di rumah baru terpasang 1phasa/220v, saya rencananya mau memakai inverter untuk menghasilkan tegangan 3phasa/220v. pertanyaan saya aman tidak ya / apa resikonya apabila saya tetap paksakan motor jalan dengan suply tegangan 3phasa/220v yg dihasilkan dari inverter, padahal harusnya si motor memerlukan tegangan 3phasa/380v?

  113. rais matali says:

    salam pak. saya punya problem dg msn cuci kontaktor 3 fasa, voltage V 440 3-50, fuse 35A. sewaktu mesinnya dihidupkan, putaran drum dan bodynya bergetar kencang. kemudian saya buka dan saya kencangkan baut drum dan baut lantai mesinnya. kemudian mesin dihidupkan lg, tapi putaran drumnya hanya ke arah kanan saja (seharusnya putaran bolak balik). pertanyaan saya kenapa putaran drumnya hanya kekanan saja dan bagaimana cara memperbaiki supaya putaran drumnya menjadi normal kembali alias kekanan dan kekiri. mohon panduannya pak, terimakasih.
    jawab: maaf jika jawaban ini kurang tepat, karena saya tidak bisa melihat sendiri masalahnya. bergetar kasar, apakah ada kerusakan teknis, misal bearing, gear. putearan krkirai kanan itu bisa dgn kontaktor apa sudah diperiksa?.

  114. amir hakim says:

    salam kenal pak..mau tanya saya bekerja d perusahaan pembangkit tenaga listrik…ada masalah disalah satu motor HP BFP kapasitas 1MW vibrasi aksial bearing 2 tinggi 4,5 mm/s dan ketika d individual tes poros maju mundur arah aksial..kira2 penyebabnya apa pak.
    jawab: yg panas bearing axial pump? test solo run motor harusnya majumundur sebentar, kemudian steady pada posisi tertentu (karena ada magnetic center), apakah sudah diukur arusnya? 3 phasenya sama kah/balance?

  115. Rizal Gilang Perkasa Sanusi Putra says:

    Salam kenal pak,
    saya seorang pemula yg masih perlu belajar banyak.
    saya punya masalah, motor untuk vacum ditempat kerja saya putarannya lemah. Jadi, untuk membuat putarannya normal, perlu diputra manual menggunakan tangan.
    Penyebabnya apa ya pak? Mohon bantuannya, Terimakasih.
    jawab:putaran motor ditentukan oleh jumlah kutub/pole stator. yg saya belum jelas: diputar dgn tangan menjadi normal itu maksudnya apa ? berapa putarannya.

  116. Lukman says:

    Salam Kenal Pak !
    Saya seorang maintenance di sebuah Perusahan.
    Elmot saya d gunakan sebagai penghisap panas suda 2 kali Terbakar,karena alat yg d pakai mengeluarkan api. mohon Sarannya.TKS
    jawab: sebetulnya saya sulit memberi saran, karena tidak ada data/keterangan seperti apa system pengisapan, pakai motor seperti apa, berapa kapasitas dsb. antara lain yg perlu diperhatikan: apakah motor sdh sesuai kapasitas, pilih type yg tertutup. TEFC

  117. mail says:

    salam kenal pak..saya mau tanya masalah pompa air di rumah 1 ph sering panas dan mati,bearing sdh di ganti, sy coba khusus buat pompa saya kasih MCB 4 A, MCB tersebut turun saat pompa jalan sebentar.tolong pencerahannya..terimakasih
    jawab: panasnya seberapa? apakah tangan sdh tak tahan? kalau tidak tahan mungkin winding sudah ada kerusakan.kalau di hitung arusnya sbb. 1hp=740 w. Watt= V x I x 0.8 atau 740=220xIx0.8 jadi I=4.2A.(arus normal). arus start bisa 5x I normal

  118. ass.. salam kenal pak saya bekerja salah satu perusahaan daerah.PDAM, di kab.sidrap sulsel. saya di bagian tehnik. kami punya pompa submersible mrk. groudfos 3ph tdk bekerja maksimal. awalnya pertama dipasang jalanya normal, tapi setelah sering mati lampu, kejadianya seperti yg saya jelaska tadi diatas. pertama kami cek, memang voltase turun, saat itu jg km laporkan kepihak PLN dan poltase kembali normal 380, dibawa 380 tidak bisa jalan. km sudah berapa kali bolak balik kabel di bagian panel masih jg tetap sama(air kurang tekanan) terima kasih.
    jawab: voltage naik turun dpt meyebabkan kerusakan pd motor. saat voltage turun motor bisa overload (arus lebih besar).

  119. efraim says:

    Salam kenal pak… Saya mau tanya. Saya punya sepeda motor mio soul, kelistrikan nya masih standard smua, tdk ada acsesories tambahan, tpi kenapa klo lampu rem hidup, lampu depan nya berkedip, dan bukan makin redup, tpi cahaya nya lebih terang, begitu juga kalau klekson atau pun lampu seind di hidup kan, lampu depan nberkedip.
    jawab: maaf ya saya kurang paham, tentu ada kesalahan/gangguan instalasi, mungkin lebih baik dibawa ke bengkel motor resmi.

  120. ahmad says:

    Salam Pak, saya lagi pasang motor ukuran 4.1 KW 3 Phase.
    ketika di running motor malah mengeluarkan suara kasar dan getaran yang juga kasar. apa langkah awal yang harus saya cek? terima kasih banyak
    jawab: mungkin bearing motor sdh rusak. atau cara menghubungkan 9alignment) dgn yg digerakan belum betul.

    • ahmad says:

      motor yang saya pakai baru pak jadi belum berani buka samapai ke bearing nya. dan kebetulan motor ini memakai break coil. apa mungkin break nya itu kurang sempurna ketika break posisi buka ya pak? soalnya ketika di coba break nya saya buka, saya harus menggunakan tenaga yang sedikit agak kuat untuk memutar rotornya.

  121. yanto says:

    Pak Soemarno, salam kenal,
    saat ini kami punya masalah dengan motor tiga phase. dilapangan 2 motor 3 phase kami jadikan satu MCB,
    apabila salah satu motor mati, aoakah bisa menyebabkan motor yang lain juga mati? matur nuwun untuk jawabannya Yanto PT.INKA
    jawab: tentunya harus individual.

  122. Nosha Noviyanto says:

    pak.. bagaimana dengan pemecah permasalahan yg bapak tuliskan ? # tolong jawab penting pak . makasih …
    jawab: masalh yg mana? saya tidak ngerti.

  123. yusri says:

    Assalamu’alaikum pak soemarno
    pak pompa air sya dirumah klo dipasang alat otomatis putarannya menjadi rendah, tetapi bila sya lepas kmbali alat otomatisnya(yg biasa org sbut radar)putran pompa normal kembali n ini sdh berlangsung lama n sya jg sdh cba berbagai merek alat otomatisnya. kira2 penyebabnya apa ya pak?
    jawab: secara tepat saya tidak bisa jawab, karena kan tidak bisa langsung seperti apa. mingkin putaran rendah karena air kluaran terkhambat. apa sudah di lihat lubang keluaran tidak terhambat, sempit.

  124. Santo Foe says:

    Pak mau tanya, di pabrik saya memakai banyak sekali motor 3 phase dgn total di nameplate 70 A. Dari pengalaman saya sejak ada motor 7,5 hp rpm 2900 listrik dgn starer delta listrik saya turun ke 0 volt dan lsngsung naik lagi ke 380 volt, dan ampere naik ke 75 A. Motor 7,5 hp tsb saya pakai untuk penggerak vibrator mesin pavingblock dgn pola start stop per 3 s/d 5 detik. Kira2 knp kejadian ini bisa terjadi? Untuk sekarang saya memakai genset 72 A, dan sekarang saya rencana mau beralih ke listrik pln karena ada tambahan mesin. Menurut bpk daya harus saya pasang brp kva? Apakah harus sesuai dgn nameplate atau lebih?
    jawab:salah satu penyebab, motor saat start itu perlu arus 5 s/d 7 kali arus normal. start-stop yg sangat singkat.menimbulkan arus naik-turun. saat arus besar itu voltage bisa turun rendah.

    • Santo Foe says:

      Jadi solusinya gmn pak? Apakah g3nset saya tidak memadai? Terus mau tanya sedikit pak klo saya mau beralih ke pln kira2 apakah daya di name plate motor sebamding dgn daya yg mau dipasang? Yhx pak.
      jawab: genset berapa? motor berapa? kalau PLN , pasang dayanya ya lebih tinggi, tapi watt yg dipakai tergantung beban motornya .

  125. eprion says:

    ass. Met mlm pak. Saya mau tanya..apa penyebab motor berdengung??
    jawab:apakah motor tak berputar?-> beban besar. mungkin juga lamel sdh kendor.

  126. Santo Foe says:

    Pak genset saya 40kva, motor total 73A dan sekarang saya rencana mau tambah 35A jadi total 108A. Sekarang ini saya mau pasang pln 53kva, 80 A. Menurut bpk kira2 sudah cukup blm? (Selama ini saya cek dgn tang ampere 40 A naiknya, itupun naik ke 40A krn start awal dinamo 7,5 hp saya per 3 detik mati dan 3 detik nyala untuk menghidupkan vibrator)thnks.
    jawab:gensetnya berapa volt? berapa buah motor yg di supply genset? apakah genset tsb hanya utk motor vibrator saja? mungkin agar genset tidak cepat rusak karena arus naik-turun, ambilkan saja dari PLN.

  127. indra says:

    pak, saya mau tanya; generator diesel 60 kva 3 phase 380 volt. kalau dipakai beban mesin injek 15 kw, lampu 40 watt kedip-kedip? apa masalah nya dan solusinya? terima kasih
    jawab: mesin injek itu kerjanya bagaimana? apa kontinu atau inject-stop-inject-stop dst?

  128. eko p says:

    salam kenal pak sumarno, saya mau menanyakan batasan selisih dari arus ataupun hambatan motor 3 fasa jika terdapat perbedaan untuk masing2 fasanya. menentukan apakah motor tersebut masih kondisi baik apa tidak ditinjau dari arus dan hambatan motor masing2 fasanya. sekalian juga jika arus sudah lebih dari arus nameplate, berapakah batas aman motor tersebut dikatakan kondisi baik?
    terima kasih
    jawab: mungkin di artikel ada. perbedaan resistance, voltage, arus saling ada krelasi

  129. G. Darsono says:

    Selamat malam pak.
    Saya punya masalah dengan motor granulator 15kw.
    Sewaktu moror saya run, 5 detik kemudian Relay Over Load trip. Lalu seting ampere saya naikan menjadi 40A. Tapi tetap saja trip. Relay Over Load over heating. Dan tercium bau (seperti terbakar, tp belum sampai terbakar). Body motor panas dan kabel (NYM 4x4mm) juga panas.
    Saya udah cek koneksi gulungan uvw, xyz sudah benar. Tidak ada yang putus atau shot body.
    Apa yang terjadi dengan motor tersebut? Mohon bantuannya, terimakasih.
    jawab: sepertinya sudah ada yg short/overheat. apa sudah di meger? berapa?

  130. herman says:

    Slam knal pak
    Sya mw tnykan apa pnyebab tekanan gas pda genset tdak stabil alias naik turun gas pda saat hidup?
    jawab: maaf yo ini gas yg dimana?

  131. eko p says:

    maaf pak, saya kurang jelas, untuk toleransi selisihnya berapa persen kira2?

  132. masjoko says:

    sugeng siang pak..
    artikelny sangat membantu pak. terima kasih.
    jawab: semoga mudah dimengerti dan bermanfaat,

  133. nurwibowo says:

    baik sekali keterangannya sangat bermanfaa bagi saya

  134. febry says:

    pak saya mau tanya?
    kalau motor 3 fasa yang baru direwending trus dipasang bermasalah tidak.
    tadi saya pasang terus vibrasinya tinggi,suaranya kasar dan motornya belum 1 menit udah panas,pendapat bapak letak salahnya dimana pak.mohon penjelasannya pak saya pemula pak.
    jawab: apakah motor tsb dipasang pd tempat yg sama, sebelum direwinding?. vibrasi/suara kasar dapat disebabkan oleh al: bearing, rotor unbalance,fasa unbalance. panas oleh arus listrik, bisa salah hitung saat rewinding.

  135. Zamzani says:

    Salam Kenal Pak.
    Pak saya mau menanyakan, saya punya bor duduk 1 phase, 1420 rpm.., kenapa setiap di hidupkan motor terus panas.., kapasitor terus pecah..
    Bagaimana cara menentukan besarnya capasitor yang harus dipakai utk bor tersebut.. karena saya tdk tahu ukuran aslinya dulu…
    terimakasih.

  136. teguh says:

    Siang pak…
    Benarkah motor listrik 1 phase kalo diganti kapasitor startingnya dengan ukuran yang lebih kecil (misal dari ukuran 200 mikrofarad diganti dengan 150 mikrofarad) bisa membuat putaran awal lebih kencang?
    sebab motor (dengan kapasitor 200 mikrofarad) kalo ada beban harus dibantu untuk bisa berputar. Terima kasih jawabannya Pak…
    jawab: motor 1 phase, capacitor pd winding starting,berfungsi utk membuat start dgn sudut arah putar yg dikehendaki. jika sudut terlalu kecil maka masih perlu didrorong dgn tangan. dan dgn trial anda bisa di lakukan ya bagus.

  137. Budi Rahardjo says:

    Salam Kenal Pak.
    Pak saya mau menanyakan, saya baru beli bor duduk 1 phase/1420 rpm/power 375Watt/amp 1.7A/pole 4/class B , pada pemakain awal tidak ada masalah, setelah dipakai 2 hari, Kenapa tiba2 motor tidak bisa jalan , tapi ada suara ngeng( nggereng)..meskipun saya bantu dengan memutar kipasnya motor tetap tidak bisa jalan (kipas waktu diputar ringan) Daya di Rumsh saya 1300wat Kira-kira kenapa Pak…? atas informasinya saya ucapkan terimakasih.
    jawab: apa sudah dibawa kembali ke tokonya, minta di periksa. mungkin ada kabel yg teroutus, mungkin terminal didalam.

  138. bastian says:

    Salam kenal pak sumarno,,
    Mau tanya pak di tempat kerja saya merakit panel hub bintang menggunakan mesin pompa 3 fase untuk pengisian watertank. . .
    Mke contaktor 60A.
    Overload 9-13A.
    Mcb 32A.
    Mke menggunakan rangkaian sederhana hubung bintang.
    Spek pompa 10kw.
    Past saya coba waktu star tanpa beban normal 7A.tpi ketika ada beban air masuk,malah sampai 70A trus terjadi overload,, padahan sdh menggunakan hub bintang pak,, mohon solusi nya pak •̸Makasie•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶™ :) ,,
    jawab: sebetulnya saya tidak bisa jawab dgn tepat. data motor kurang jelas, data sumber listrik juga. berapa volt? seandainya motor 10KW, 220v bisa dihitung besar arus. jadi kok mencapai 90A itu juga mengherankan.

  139. Daniel says:

    kalau pompa rpm terpakai ok tetapi tekanan kurang kenapa ya ? ada ndak rumus perhitungan rpmnya ?
    jawab: jika RPM ok, sebabnya diameter pompa berkurang atau clearence bertambah besar. ada rumus “infinity”

  140. Henry says:

    numpang Nanya..Motor AC saya hanya Bergetar, kumparan tidak hangus, Capasitor Start normal. Apakah Rotor (sequirel cage) pada AC motor bisa rusak ..? gejalanya bagaimana ?, bagaimana cara memperbaiki..?,trims
    jawab: saat bergetar apakah sudah dicoba di putar/gerakan sedikit dgn tangan. sguarelcage rusak ya di cari mana yg konduktornya putus dan perlu disambung.

  141. adam says:

    Pak saya mau tanya,kenapa motor pompa air 1 phase bisa terbalik putaranya..
    Dan minta rangkaiannya.. takutnya ada yg slh konek..
    Terima kasih
    jawab: apa sudah dicoba ditukar/dibalik -sambungan kabellnya.

  142. mariyono says:

    pak soemarno adibroto terhomat saya tanya lokasi kapasitor mesin cuci saya inverter direct drive wd-m8060 pintu samping tolong pak jawab ya
    jawab: mohon maaf ya saya tidak tahu. sebaiknya baca manual/bukunya.

  143. O'on Oni Ono Ae says:

    mt malam pak soemarno.saya mau tanya mslah motor spin aku..motor aku sering mogok.setiap mogok pasti ganti kiprok ama aki.ini sudah tiga kali aku alami..yang saya tanyakan gimana solusinya kiprok ama aki bsa awet gk sering ganti…
    jawab: maaf saya kurang jelas, ini motor apa, untuk apa?

  144. hidayat says:

    assalamualiakum pak,tolong bantuan nya pak,,saya sangat butuh pertolongan menyangkut reputasi pekerjaan saya juga masalahnya,,persoalannya begini,saya ada motor 2.2kw,di gunakan untuk mixer penyedot air,terhubung dengan inverter,dan menggunakan motor breaker yang range nya 4A~6.3A,masalahnya target pengisian tangki air adalah 40liter/detik,sementara aktual yg ada cuma mencapai 37liter/detik,jika di inverter saya naikan menjadi 65hz,maka motor breaker trip,dan sampai saat ini inverter tetap di 60hz,pertanyaan nya,
    apa saya harus ganti motor breaker nya dari yg di sebut diatas menjadi 6.3 ~ 8 A,
    apakah saya harus mengganti motor yang lebih besar dayanya,agar putaran bisa di maksimalkan dan mencapai angka yg inginkan,,karena motor yg skrg digunakan sangat panas jika dipaksakan pada frekuensi 70hz.
    dan pertanyaan yg terakhir,adakah perumusan dari rpm menjadi berapa ampere yang digunakan,,mohon solusinya pak,,jika di bolehkan saya minta nomor hp bp untuk saya bisa konsultasi scara langsung by phone,jika boleh tolong kirimkan nomor hp bapa lewat email saya di nichlanlovers@gmail.com,,atas jawaban solusi bapa saya ucapakan trima kasih yg sebesar besarnya.
    jawab: kondisi saat ini dpt disimpulkan: motor/pompa lebih kecil dibanding mau kita. kalau kita mau naik kan freq utk menaikan kapasitas menjadi 40L/detik ya ganti motor yg lebih besar. yg paling aman motor& pompa ganti: misal beli yg 50L/det.

  145. rudy gunawan says:

    salam kenal PakSumarno….mohon petunjuk saya berkerja di perusahaan Hatchery udang mempunyai kendala peralatan Blower 7,5 HP digerakkan dengan motor 3 phase 7,5 Hp dengan putaran motor 1:1, Listrik yang terpasang 23KVA 35 Ampere pembetas Arus…di temapat saya sering terjadi gangguan JTR dari PLN seperti salah satu tegangan Phasa drop dibawah 180 V phase terhadap netral. sehingga motor tidak bisa digunakan menggunakan suplly PLn,kalo ada kendala seperti ini kita alihkan sumber ke diesel.
    Pertanyaan saya seetelah searching dinternet ada spec motor 1 phasa 7,5HP 220V tapi pas saya liat di datasheetnya arus startingnya sangat besar sehingga tidak mungkin saya aplikasi pada instalasi motor saya …..tolong bantuan kalaupun ada solusi tanpa harus UpgRADE DAYA PLN TAPI PERALATAN SAYA MASIH TETAP BISA BEROPERASI MENGGUNAKAN MOTOR 1 PHASA KARENA MEMANG HASIL PENGUKURAN SAYA 2 PHASA NORMAL SAAAT TERJADINYA GANGGUAN..TERIMA KASIH…
    jawab: tegangan droop di 1 phase itu disebabkan oleh beban yg tdk imbang, apakah pemakaian beban di instalasi anda sudh imbang. karena bisa jadi ketidak imbanagn itu dari beban anda juga. arsu motor 7,5 HP satu phase itu arusnya 3xarus phase tmr 3 phase. coba cek beban anda dulu.

  146. agus taufiq says:

    salam sejahtra.pak saya mau tanya tentang mesin cuci 2tabung.pengeringnya apa bila di on kan mcb kwh langsung matek sendiri.saya gak tau apanya yang rusak.apakah kapasitornya apakah motornya.jadi bagai
    mana cara mengetahui rusak atau tidaknya kapasitor nya.dan ngecek motornya gemana pak.tolongya pak.

  147. Ahmad says:

    Bagaimana cara mengetahui kalo motor 3 phase putus salah satu phasenya
    jawab: kalau sedang jalan bisa diukur arus perphasenya. kalau sedang stop di ukur R nya tiap phase, bisa pakai multimeter.

  148. dorman says:

    salam kenal pak sumarno !!
    tolong saya di bantu pak. saya ada motor 300kw . Pada saat saya start dari ampere 0 sampai 300 ampere normal. Tapi saya naikin lebih dari 300 ampere suara getarannya besar . scr sudah saya ganti. taco generator sudah di ganti juga pak. masalahnya apa pak ? tolong bantu saya pak Terimakasi.
    jawab: getaran besar itu kemungkinan sebab2nya banyak. yg paling tepat ya kita ukur dengan alat ukur getar/vibrationmeter. ini kita mengdiagnose kerusakan. sebab2 al: bearing, misalignment, sebab dari yg digerakan, unbalance rotor dll.

  149. dorman says:

    salam kenal pak sumarno !!
    tolong saya di bantu pak. saya ada motor 300kw 220V DC 760 Ampere 1120rpm . Pada saat saya start dari ampere 0 sampai 300 ampere normal. Tapi saya naikin lebih dari 300 ampere suara getarannya besar . scr sudah saya ganti. taco generator sudah di ganti juga pak. masalahnya apa pak ? tolong bantu saya pak Terimakasi

  150. norman a.s says:

    pak tlng minta pencerahannya, sya punya motor 250hp merk teco dng kendala saat d start beban kosong amper normal di 140A, tp saat d pasang v beld g mau muter langsung overlout, motor tsb hbs kna petir jd stator sdh d ganti cm rotornya yg g,apakah bs jd penyebabnya lilitan rotor putus saat kna petir, mkshpak
    Jawab: untuk itu perlu di chek dulu. atau juga beban terlalu berat, mungkin akibat V belt terlalu kencang.

  151. syaifuddin says:

    pak, saya syaifuddin, saya mau tanya pak, breaker untuk hoist crane kok sering nge-trip ya pak?? itu kenapa??terus caranya menurunkan tegangan itu bagaimana pak perhitungannya,
    terimakasih pak
    jawaB; dicoba diukur dulu saat ngetrip itu berapa ampere.dan breaker itu diset berapa? bandingkan dgn name plate tertulis berapa? apakah ampere motor normal? apakah breaker kekecilan? apakah beban hoist terlalu berat? atau memang motor sudah ada kerusakan? dgn data baru bisa ambil action.

  152. al diki nor jafar says:

    Salam pak. Sy dr PDAM Tarakan. Sy pnya mslah pd pump submersible 18 kw. Saat ini sudh 3 pump yg trbakar. panel sistem star dngn proteksi MP 204 mlik grundfos. Power listrik dr PLN terkdang mnggunakan generator apa bila pemadaman listrik. Mslh skrng motor trbakar dan proteksi MP 204 pd panel ikut trbakat. Tetapi supllay power listrik normal. Air yg d pump jg bersih. Penyebabnya apa y pak ? Trims
    jawab: sebetulnya sulit utk menjawab, karena data2 kurang, tapi kita coba tebak2.(jika sebab mekanis tidak ada) apakah voltage supply listrik sering turun. berapa v pompa dan berapa V sumber. jika selisih banyak, meyebabkan arus naik, sehingga overheating. atau memang pompa/motor dibebani lebih. kalau ada tambahan keterangan tolong tambahkan.

  153. Taufiq says:

    Pak tlg mnta pncerahan: motor listrik 3,7 kw, 380 V 3phase, supplai listrik dr genset 50kva. tp terkadang ketika dioperasikan motor listrik tdk mau hidup (jalan). tp kadang bs hidup (normal). ap kira2 penyebabya ya pak? terima kasih.
    jawab: apakah sudah dipastikan tegangan supply tidak naik turun. berapa V supply? berapa V motor.

  154. Elisa Krisnawati says:

    Pak mohon bantuannya, saya import exhaust fan 3 pase dari cina utk perlatan kandang ayam broiler. Tetapi krn listrik di tempat saya 1 pase maka exhaust fan tersebut saya modifikasi dgn inverter sehingga bisa digunakan utk 1 pase. Yang jadi masalah setelah dinamo dibuat rangkaian delta star ternyata exhaust fan tersebut bisa berputar tetapi pelan. Bagaimana solusinya ya pak, saya benar-benar bingung..
    jawab: putaranterutama berhubungn dgn jumlah pole/kutub. jadi bisa di cek berapa jumlah kutub setelah di ubah mjdi 1 phase. mungkin penyambungan menambah kutub.

  155. Ketut Semadi Argayasa says:

    Pak.. saya ada kasus ketika motor filter running ampernya normal 12 ampere (motor 11 kw) ampere normal 12 dan ampere maksimum 21. Ketika pompa High pressure didepannya dihidupkan dengan tekana kerja sampai 50 bar, 75 KW maka seiring dengan hidupnya pompa HPP ampere pompa filter naik terus sampai 19 Ampere. Bahkan sampai trip. kira-kira kenapa ya ko tanpa pompa HPP, ampere pompa filter normal tapi setelah pompa HPP running amper pompa filter jadi ikut naik…
    Saya tunggu jawabannya ya.. Terimakasih
    jawab: sebetulnya saya harus tahu gambar instalasi. kira2 bayangan saya: ada pompa boster setelah pompa yg bermaslah? jika ya, salah satu sebab: kapasitas pompa boster lebih kecil dibanding pompa pertama. sehingga jumlah liquid yg di keluarkan oleh pompa pertama terlalu besar utk pompa kedua. ini pabrik apa di mana? berikan info yg lebih jelas, bisa lewat email. salam

  156. ponco adi nugroho says:

    asalamuallaikum wr. wb
    di tempat saya bekerja ada motor ID FAN 6KV 2MW 750 RPM,temperatur IBM nya 75 derajat celcius padahal teg supply,vibrasi bagus, greasing juga sesuai kaidah apa penyebabnya ya pak mohon pencerahaannya
    terimakasih
    jawab:wasalmualaikum ww, sulit bagi saya,karena yg gak lihat kondisilangsung. Tapi apa motor pakai grease? jika kepenuhan grease bisa di coba buka pipa buangan grease. apa bearing IDfan yg (inboard/dekat kopling juga panas?) apa juga sudah alignment? apa grade oil /grase sudah betul? biasanya utk motor besar pakai pelumas/lub oil.

  157. guntur says:

    salam kenal, mau tanya pak, motor listrik dayanya berkurang sebabnya apa ya pak, motornya 250 kW buat pompa head 67 m debit 250 l/s, bebanya tetap tp rpmnya turun. Trm ksh.
    jawab: apakah frequensi sumber berubah/ turun. atau tegangan berubah?

  158. guntur says:

    ada 3 motor + pompa, jalan bergantian. Salah satu pompa debitnya lbh kecil, setelah dicek pakai alat hioiki powernya lbh kcl, cek pakai tachometer jg putaran lbh rendah dibanding temenya(sebelah), dgn line sumber yg sama (tegangan frequensi sumber sama)., turunya kecil sih pak terpaut nilainya, Terima kasih pencerahanya.

  159. irvan says:

    mau tanya nih, indikasi kalau motor itu dalam keadaan overheat apa aja? atau diukur suhunya dari body aja? terima kasih
    jawab: jika masih jalan ya bisa diukur temp (basanya sdh tak bisa di pegang tangan) dan bebau gosong. kalau sdh tdk jalan ya di megger .

  160. aris says:

    mohon pencerahan pak…saya mau bikin rangkaian membalik arah putaran motor 1 phasa, keperluan untuk mesin pengering laundry…apakah menjadi masalah bila putaran motor dirubah tiba2? karena saya menggunakan kontakror relay dan TDR…bila bapak punya rangkaian yg sdh jadi mohon dibalas ke alamat email saya pak…terima kasih

  161. yuvan says:

    Saya punya sepeda listrik baru sunrace 48v model mio. Masalahnya adalah motor/dinamonya sering mati sendiri ketika dikendarai dan posisi “gas” sedang ditarik (batt. fully charged). Apakah ini masalah pada kontrolernya? Mungkin Bpk atau rekan2 ada yang bisa kasih masukan… terima kasih..

  162. apip nasrullah says:

    salam kenal…. pak saya pnya masalah tentang hoist pa motor 30kw hoistnya kapasitas 20 ton ..masalahnya kalau di bebani di atas 14 ton motor nya mau naik mau turun (ngeden) gimana pa solusinya apa mtor itu berpengaruh kurang daya apa gmna pa.. trim sebelumnya…
    jawab: berapa ton specifiksi crane tsb (20 ton?). apakah tegangan supply listrik normal/sesuai dgn spec motor. sebaiknya di cek kondisi motor dan break (system pengereman).

  163. BUdi says:

    saya punya masalah dengan pompa.
    pompa saya sering trip kaerna over heating, setelah di cek
    ternyata kesimpulan nya pompa nya tidak kuat.
    dengan spec H=10 meter debit 10 m3
    tetapi di gunakan untuk liquid yang bukan air (dengan masa jenis 1.5)
    pertanyaan apakah masa jenis mempengaruhi terutama viskositas
    adakah cara perhitungan/perbandingan bila ingi mengganti popa
    terima kasih
    jawab: yg panas pompa atau motor? jika berubah liquid, tentu dihitung ualang berapa HP yg diperlukan. jika motor terlalu k ecil ya perlu beli motor yg sesuai HP nya.

  164. naman suherman says:

    Salam Kenal : Pak.. untuk mengetahui kondisi bearing saya menggunkan alat Vibscanner Dari Frufteknick AG dengan menggunakan parameter Shock Pulse, yang ingin saya tanyakan adalah kenapa nilai shock pusle selalu berubah menjadi turun harusnyakan nilainya tetap atau naik..saya jadi sulit mengetahui kondisi bearing yang sebenarnya BAIK APA JELEK..
    jawab: sebaiknya konsul ke Frufteknick, karena pembuat alat lebih tahu kerja alat tsb.

  165. Dimaz says:

    Yth Bapak Soemarno Adibroto,

    Perkenalkan nama saya Dimaz. Begini pak ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Saya memiliki motor listrik yang berguna untuk boiler feed pump dengan Spesifikasi berikut: 50/60 Hz, 380-420 v, n 2963 /min, 55 kW 75 hp, 100.4 A, cos phi 0.9.
    Motor ini sebelumnya mengalami penggantian bearing. setelah siap dan dioperasikan selama 2-3 hari, terdapat bunyi bising yg lebih nyaring dibanding sblm penggantian bearing (vibrasi). takut terjadi hal yang lebih parah, operator menghentikan operasi motor. Setelah dicek, kami mencoba untuk menganalisis penyebabnya. dari hasil pantauan, cover bearing yg aus.
    a. karena misalignment rotor.
    b. beban fan exhaust (terhubung dg rotor)yang lebih berat menyebabkan rotor mengalami beban lebih, kemudian bengkok, terjadi misalignment.
    c. kurang pelumasan.
    d. bearing rusak kembali.
    Menurut bapak apakah penyebebnya motor masih vibrasi dan kenapa cover bearing bisa aus. kemudian bagaimana solusinya? apakah di las bubut atau bagaimana?
    Terima kasih pak.
    jawab: cover bearing bisa aus, mungkin outer bearing pernah ikut muter, las bubut bisa di terima, jika pengerjaan super teliti. (pengelasan-, pembubutan-jangan oval/consentrik)

  166. arif says:

    minta solusinya pak, saya punya mesin pengaduk roti b10. awalnya mesin berjalan normal tetapi setelah pemakaian kira”5 bln tiba tiba mesin berhenti dan bunyinya nger..nger pengaduknya tdk berputar, setelah diservice di bengkel dinamo setelah dicoba malah ampernya makin besar
    stelah di cek ternyata ampernya sampe 8 amper pdahal listrik dirumah saya hanya 900watt. mohon solusinya pak, terima kasih sebelum dan sesudahnya
    jawab: apakah digulung ulang/baru.(ada kesalahan ukuran gulungan), jika tidak , mungkin ada gulungan yg salah hubungan. coba di bawa ke bengkel yg lebih ahli.

  167. arif says:

    minta solusinya pak, saya punya mesin pengaduk roti b10. awalnya mesin berjalan normal tetapi setelah pemakaian kira”5 bln tiba tiba mesin berhenti dan bunyinya nger..nger pengaduknya tdk berputar, setelah diservice di bengkel dinamo setelah dicoba malah ampernya makin besar
    stelah di cek ternyata sampe 8 amper pdahal listrik dirumah saya hanya 900watt. mohon solusinya pak, terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    jawab: apakah motornya di rewinding/gulung baru? itu berati saat diservice/atau gulung ulang ada kesalahan menghubungkan winding, jika digulung ulang salah milih ukuran kawat.

  168. naman suherman says:

    pak mohon pencerahannya..saya ada masalah dengan motor 160kw, rpm dinameplate max 2400 no bearing 6319 C3, speed yang di pakai produksi 553 rpm belum lama motor di pasang sudah terdengar suara kasar didalam box tempat konection kabel power padahal motor tsb masih dalam kondisi sangat baik dengan nilai vibrasi sangat kecil paling tinggi 1.45 mm/sec..dan kejadian itu sudah dua kali motor dipasang mengalami hal yang sama. yang ingin saya tanyakan adalah apa penyebab munculya suara kasar di dalam box motor tersebut.

  169. kgsmhusin says:

    pak tanya ac LG inverter saya kipas indor nya bisa berputar terbalik jadi tidak ada hembusan angin nya… mohon pencerahannya
    jawab: coba periksa capasitornya. atau coba lihat apa kabel yg ke motor terbalik/tertukar hubungannya.

  170. Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

    A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog shine.
    Please let me know where you got your theme.

    Many thanks

  171. Bakri Junaidi says:

    Salam hormat,
    Saya punya genset yasuka tipe 1500 DC, tp arus listriknya kadang- kadang hilang. AVR, KULLnya Sdh diganti.statorya sepertinya baik . Mhn bantuan apa saja yg harus saya ganti?
    jawab: ada baiknya mengundang orang yg ahli dibidangnya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>