Frequensi 60Hz atau 50Hz. apa pengaruhnya.

Frekwensi merupakan salah spesikasi sumber tenaga listrik yang ada atau dipilih oleh suatu negara tertentu. Spesifkasi lain yalah tegangan atau

voltage. Pemilihan ditentukan oleh standard apa yang dianut negara tsb.    perbedaan yang dianut kedua standard tsb. Jika NEMA memakai 60 Hz maka IEC memalai 50 Hz. Pemakaian motor 60Hz ke supply listrik 50 Hz tentu ada pengaruh demikian pula sebaliknya. Frekwensi paling berpengaruh pada putaran motor yang disupply tenaga listrik tsb. Kita perlu tahu seberapa besar pegaruh tsb, apa pengaruhnya terhadap faktor daya guna, umur motor dan baik atau buruknya.

NEMA dan IEC
Standard NEMA dipakai di Amerika bagian utara, terutama Amerika Serikat tentunya ditambah negara yang yang memakai tehnologi atau membeli pabriknya dari Amerika Serikat. Sedangkan IEC dianut oleh sebagian negara di dunia selain di Amerika. Disamping standard lain seperti negara Inggris BS2613, Jerman VDE 0530 dan Jepang JIS. Biasanya standard lain mengadopsi IEC yang bersifat metrik.
NEMA atau National Electrical Manufacturers Association berkantor di Amerika .
IEC , International Electrotechnical Commission berpusat di Eropa.

Spesifikasi Motor
Dibawah ini contoh spesifikasi listrik dari sebuah motor sebagai contoh untuk pembahasan sehubungan dengan pemakaian frekwemsi. Yang sulit dihindari ialah kita membeli motor standard NEMA untuk dipasang dinegara yang memakai standard IEC atau sebaliknya. Sehingga diperlukan pengetahuan tentang spesikasi listril dan spesifikasi mekanis dari kedua standard tsb.

Contoh : Motor 100HP, 230/460 V, 60 Hz,
Pengertian dari spesifikasi tsb, sbb :
· NEMA menuliskan kapasitas dengan horse power, 100 HP sebagai kapasitas atau kemampuan motor menggerakan beban sebesar 100 horse power. Biasanya IEC menyatakan kapasitas dengan KW,  (100 HP = 74,57 KW)
· 230V , winding motor terdiri dari dua set setiap phase dan dihubungkan secara parallel
· 460V, winding motor terdiri dari dua set setiap phase dan dihubungkan secara serie.
· 60Hz, adalah frequency jaringan listrik yang seharusnya tersedia untuk motor tsb.

Effek pada Motor 230/460 V, 60 Hz, jika di pasang pada frekwensi 50 Hz
Freq pengruhnya

( table tsb. Disalin dari Catalog Leeson Motor)

Memasang motor 60 Hz di Freq 50 Hz
Power-grid di Eropa dan dihampir semua negara lain menggunakan system freq 50Hz, kecuali Amerika bagian Utara menggunakan 60Hz.
Apa efek performance, memasang motor 60Hz pada freq. 50Hz? Apakah cukup aman ?
Jawabnya meragukan “ya” atau mungkin “ya tidak”.

Motor 3 phase 60Hz  dapat dioperasikan cukup memuaskan (sesuai dengan nameplate) pada power supply freq 50Hz jika tegangan/voltage di turunkan sama dengan rasio penurunan frequency.
· Jadi motor 60Hz,460V jika dipasang pada 50Hz,380V akan menghasilkan performance yang memuaskan sesuai nameplate horsepower, dan putaran poros hanya 50/60 dari putaran yang tertera di nameplate. Jadi jika 60Hz ke 50Hz, berarti seharusnya Voltage   5/6x460V=383V
· Motor 60Hz 230V jika dipasang di 50Hz 230V, mungkin tidak memuaskan tanpa menurunkan horsepower sebesar faktor 0,80-0,85. Jadi HP rated beban yang digerakan harus diturunkan, ini hubungannya dengan efek panas yang timbul di winding.

Dengan panduan table tsb, dapat disimpulkan
Motor 100HP, 230V/460V, 60 Hz, 1800Rpm motor winding terkoneksi 230V dipasang pada 220V / 50 Hz akan terjadi sbb:
· Torsi full load diperlukan 120%
· Putaran sinkron stator turun menjadi 5/6 atau 83,3% yaitu 0.833×1800 Rpm = 1500 Rpm
· Arus full load menjadi 115%
· Efisiensi saat full load turun 2%
· Power faktor turun 3-4%
· Locked rotor torque naik dari rated menjadi 130 – 135%
· Breakdown torque, naik dari rated menjadi 120 – 125%
· Arus locked rotor naik dari rated menjadi 106%
· Panas di motor naik menjadi 153%
· Magnetic noise bertambah.
Kesimpulan dari kasus ini bahwa umur motor berkurang karena bertambahnya arus yang berarti bertambah panas.

 

104 Responses to Frequensi 60Hz atau 50Hz. apa pengaruhnya.

  1. baimwong says:

    Malam Pak..thank’s atas kepedulian ya pada ilmu Pasti,namun say ngin bertanya tentang Motor 3 Phasa,Apakah motor 3 phasa dapat berputar pada tegangan 1 phasa. Thanks Penjelasan nya
    .baim
    Jawab:agar tidak penasaran boleh dicoba, bisa? tetapi dari sisi praktis/ekonomis ya tidak bisa atau jangan.

  2. wayan dammayasa says:

    trimakasih dengan pengetahuan yg bpk brikan, sya mau tanya kenapa di indonesia harus menggunakan frekwensi 50Hz, knp tdk 40Hz atau 80Hz? tlg jwbn secpatnya pak. tks

  3. soemarno says:

    PWayan.Didunia standard yg ada saat ini:50Hz(Indonesia,JIS jepang,IEC Eropa,Brasilia dll(Amerika NEMA-60Hz).dgn stndard tsb, orang ada pedoman utk medesign mesin2 lain(pompa, kompresor dll)sehingga tidak bingung/kacau sipembuat/ sipemakai mesin2. kapasitas mesin berhubungan dgn putaran

  4. yusril says:

    apakah motor yang data frequecy 50 Hz bisa direwinding menjadi 60Hz dan dimana tempatnya ?

  5. soemarno says:

    PYusril.Bisa.semua wshop dpt.Secara phisik tdk ada yg perlu diubah,cara rewinding ya sama.yg beda output,rpm,torsi (baca tulisan diatas)

  6. agan gunandar says:

    pak di gedung kami sering drop voltage sampai 355 karena belum dipasang AVR apakah pengaruhnya terhadap komponen yang lain pompa2 atw elektronik lainnya jka terus dijalankan ,terus ada saran dari suppliernya dengan cara penyetingan kembali MCB apakah benar .terima kasih sebelumnya

  7. soemarno says:

    PAgung.supply listrik utk peralatan/msin2listrik hrs dijaga spek:voltage,frekwensi&powerfactor. agar semua peralatan/mesin dapat bekerja optimal.pd artikel di web telah di terangkan akibat2 buruknya. pengatur otomatis Voltage dan system perbaikan powerfactor dpt memperbaiki keadaan ini.

  8. ikhwandillah says:

    Pak, penjelasan diatas menerangkan bagaimana pengaruhnya motor listrik dari 60Hz ke 50 Hz. Bagaimana pengaruh sebaliknya? Terima kasih

  9. soemarno says:

    P Ikhwan.maaf belum sempat menjelaskan secara detail.tapi dng rumus2 prorata, bisa dianalogikan: mis.putaran akan akan mengikuti putaran freq60 sinchron 3600 dan freq50 rpm sinhcron 3000. cobalah pakai tabel yg ada dan isikan parameternya.

  10. hendri awaludin says:

    Yth Pak Soemarno,kejadian ini sudah dua kali saya temukan pada motor induksi yang dicoba start no load ( motor tok ), currentnya mendekatiki 80 %, setelah dicoba berulang-ulang currentnya turun sekitar 40 %,padahal dari sisi mekanis sudah dipastikan oke. Kenapa begini Pak ??? Trims…

  11. soemarno says:

    PHendri.mungkinkondisimasih basah/lembab? apa megger sudah bagus, saat akan di coba?coba buktikan megger saat araus 80% dan megger setalah arus 40%.

  12. ebenezer says:

    Yth. Pak Soemarno
    pak sy mau tanya ni..
    degan rumus yg kita ketehui bahwa rpm= 120xf per jumlah phasa khusus u/ motor2 listrik.dgn pengertian frek=per satuan waktu(sekon)
    sebenarnya apa sih frekuensi itu? kenapa harus ada frekuensi?
    sedangkan pada jaringan,apabila pembebanan tidak setabil, maka ber_efek tegangan akan drop,y diikuti dgn frekuensi turun.yg dapat berdampak tidak baik pd peralatan listri,hubungan frekuensi ini sendiri dgn tegangan-arus bagaimana pak?
    sy kurang paham ttg ni pak.

  13. iskak says:

    saya punya motor dengan WEG name plate 220 volt/60 hz dan arus 4,5 A ,dicoba tanpa beban di tegangan 220 v/50 hz,setelah di ukur arus 5,0 A. apakah motor harus di gulung ulang sehingga cocok untuk frekuensi 50 HZ ?
    Jawab:
    perbedaan frekwensi tidak perlu digulung ulang. seharusnya saat dicoba tanpa beban arus lebih kecil. jika motor ini pernah di gulung, mungkin disebabkan kesalahan hitung. karena sudah terlanjur, ya coba jalankan, dimonitor, ukur berapa arus dan panas motor. jika motor tidak terlalu panas atau arus tidak terlalu tinggi ya aman utk jalan terus.

  14. budi says:

    Yth pak sumarno,
    Mohon informasinya, kami punya 2 tipe alat/mesin: Mesin A: 380V,50Hz, 3ph & mesin B: 220V, 60Hz, 3 ph.
    Max. power untuk tiap alat tsb: 8500Watt.

    Dengan kondisi listrik yg tersedia di indonesia saat ini, tipe mana yg paling cocok utk dipakai?
    Atas informasinya kami ucapkan terimakasih.

    Salam

  15. Andrie says:

    Pak mau tannya apakah hubungan arus, tegangan dan frekwensi sangat berkaitan? tolong berikan contoh pak… Terimakasi
    Jawab: Tegangan (Voltage=volt)menyatakan beda potensial listrik antara dua titik, arus (I=Ampere)besarnya aliran listik anta dua titik tsb jika pasang konduktor (R=Ohm). rumus I = V/R dan daya Watt(W) = V x I. fdan requensi = sinussoidal arus AC kaitan dgn putaran motor listrik

  16. tajudin says:

    Salam kenal Pa Sumarno, Maaf saya baru belajar listrik pa, tanya rumus frekuensi F=(p.N)/60
    60 itu darimana pa ? Konstanta kah ? Mohon pa, saya sangat memerlukan. Terima
    kasih Salam Udin
    Jawab: anka 60 itu konversi dari menit ke detik.

  17. Alisro says:

    Salam kenal Pak Soemarno. Pak saya mau tanya, apakah motor 45 KW 380V 50Hz bisa dipasang di jala-jala 440V 60Hz? apa yang akan terjadi dan bagaimana dengan life time motor tersebut? Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.
    jawab: menurut stndard praktis listrik motor 380V boleh dipasang pd jala 380V +/- 10%. jika dipasang pd 440V pd beban penuh Arus akan melebihi I yg tertulis di nameplate->lebih panas->life time turun. jika sdh terbeli beribeban->ukur->tidak melebihi arus tertulis di nameplate.

  18. Fauzi says:

    Pak Soemarno, salam kenal.Saya membeli mesin cuci dengan spesifikasi 220V satu phase 50Hz. Dua tahun ini saya pindah ke rumah Perusahaan dengan listrik rumah 110 V satu phase 60 Hz, dan 220V dua phase 60Hz. Dan mesin cuci saya tidak bisa digunakan. Apakah ada alat yang bisa digunakan agar mesin cuci saya bisa dipakai dengan listrik demikian itu Terimakasih atas info dan ilmu yang diberikan.
    Jawab: alat pengubah voltage = trafo disebut juga step-up. ada di toko2.

  19. ojax says:

    hellow pak. kenapa motor listrik 3 phase. Jikalau kita ingin membalikkan arah putaran motor. hanya menukar/membalikan 2 kabel fasany aja. Bgaimana penjelasan teorinya pak?
    jawab: misal hub RST itu menghasilkan medan putar searah jarum jam, jika ST ditukar mk arah medan putar magnit mjd kebalikan, karena sudut antar fase berubah.

  20. ojax says:

    motor listrik = konversi listrik menjdi mekanik
    generator = konversi mekanik menjdi listrik. Apakah motor listrik yang name plateny sama bisa di gunakan sebagai generator juga. Contohny.. Motor A menggerakkan mtor B. Shingga motor B skrg berfungsi sbgai generator. Apakah hal ini bisa terjadi pak? Trima kasi yah pak
    Jawab: teorinya ya. tapi masalhnya, peralatan memasukan listrik sbg mtr dan mengeluarkan sbg generator itu beda. dan jenis motor sinchroun, induksi, motor DC ?

  21. jimmy says:

    Hallo Pak, salam sejahtera Motor 3ph 60 KW 220 volt 60HZ Rpm 1120 dengan hitungan winding sbb;
    1. diameter enammelled 1,20mm x4
    2. 4 seri langkah 9
    3. conn winding full paralel
    kemudian saya merombaknya menjadi conn seri paralel, sehingga spec menjadi 60 KW 440 volt 60Hz. pertanyaannya : untuk dioperasikan di frek 50 Hz 400 volt apakah motor ini aman ? jika tidak , apakah winding harus diubah langkah nya ? thanks atas jawaban secepatnya…
    Jawab: putaran pasti berubah. seriparalel seprti apa kurang jelas, tapi degan membuat sket/gambar bisa dihitung arus yg mengalir ke winding, sehingga apt dipastikan conn thd voltage tidak timbul masalah.

  22. ayoga nugraha says:

    sore pak, mau tnya auxilary engine kalo di kasih beban banyak/ berat tempraturnya cepet naik knpa yah pk tolong penjelasanya.
    Jawab:
    saya tdh tahu persis maksud pertanyaan, tapi semua mesin kalau beban melebihi kapasitas yg cepat panas kmd rusak.

  23. yadi says:

    Pak bagaimana cara y motor listrik 50 HZ yg dipasang ke listrik 60Hz bisa awet. makasih
    jawab:
    ukurlah ampere, cara praktis, usahakan beban/ampere tidak melebihi yg tertulis di nameplate

  24. munif says:

    Selamat malem pak… pak kalo motor name plate 380 v – 400 v dipasangan pada tegangan 600 v, pengaruhnya apa pak… ??? matur suwun
    Jawab:
    anda tentu bisa hitung berapa arus yg mengalir, dan anda akan tahu jawabanya. misal seperti lampu 110V , dipasang pd votage 220V.

  25. irwan says:

    Slamet met siang pak ,mengapa rpm mesin turun naik sehiggaa menyebab kan hz turun naik juga mksi
    jawab: pertanyaan kurang jelas, apakah mesin penggerak generator yg naik-turun, mesin apa (diesel, turbin ?). mungkin (governor=pengatur putaran yg kurang baik)

  26. wawan efendi says:

    sore pak,saya mau menanyakan bagaimana menentukan diameter kawat pada motor listrik?trimakasih pak.
    jawab: kalau rewinding bisa ukur kawat lama, atau : kalau kita tahu arus yg akan mengalir, maka kita bisa cari lewat tabel berapa besar kawat dipilih.

  27. Nugraha Subchan says:

    Salam sejahtera pa,saya ada pertanyaan pa,di tempat kerja saya ada mesin yang di name plate motor nya tertera 230/460V 60 Hz,sedangkan power yang tersedia 380V 50 Hz,apakah motor tersebut bisa di pasang pada tegangan yang tersedia?mohon penjelasanya pa…..
    sekian dan terima kasih atas amal ilmu nya
    jawab: keterangan ada di tulisan saya. freg 60 dipasang di freq 50 -> putaran dan daya turun. voltage 460 ke 380V juga harus derating (menurunkan daya). itu bisa dihitung. kesimpulan :motor tdk efficien

  28. danang says:

    Assalamu’laikum wr,wb. pak mau tanya perusahaan saya beli mesin dengan power 575 v/ 60hz. kemudian mesin itu kamicoba trial dengan tegangan 470 volt / 50 hz. yang terjadi mesin bisa berjalan akan tetapi pada saat start awal kurang galak, apakah ini pengaruh dari penurunan tegangan yang harusnya 575v di ubah jadi 470 v. terima kasih.
    jawab: analisa sederhana dgn afinity tenaga yg dihasilkan berkurang menjadi 470/575 x hp motor dan putaran juga turun. di artikel web ini dua hal ( V dan Hz) dibahas, silahkan baca.

  29. vanbim says:

    Selamat sore bapak, saya ada pertanyaan.
    Pada sebuah generator, ada 3 varaibel : jumlah lilitan, kuat medan magnet, dan frekuensi putaran. Untuk outputnya juga ada 4 variabel (setahu saya) : tegangan, arus, frekuensi, dan faktor daya. Pertanyaan saya, masing 2 variabel output tersebut, dipengaruhi oleh varaibel input yang mana ?
    Jawab: anda sdh tahu, baca lebih dalam buku teori ttenaga listrik/generator

  30. David says:

    Salam,
    Pak saya minta pencerahannya. Saya punya motor 1phasa, trafo, power supply 220V (phasa-N) dg frekuensi 50Hz, apakah bisa dipasang pada tegangan 220V (Phasa-Phasa) karena standart tegangan di negara yg akan saya beri moto tersebut 3 phasa 220V 60Hz.
    Mohon bantuannya untuk masalah saya ini. Terimakasih banyak. Salam. David
    jawab: mestinya bisa fasa to fasa asal diukur 220V. yg penting dua babel ujung2 nya 220V

  31. Jhon says:

    salam, Bagaimana dengan sebuah trafo dgn spek.primer nya 110.120.220.240 vac dan sekundernya 18.15.9.CT.9.15.18, dan frekuensi kerja yang tertera 50Hz jika digunakan pada frekuensi kerja 60Hz, apa efek yang akan terjadi pada trafo tsb,,trims
    jawab: tidak ada efek. ya freq nya jadi 60Hz

  32. mohammad says:

    saya punya alternator dengan name plate 12V, 50A berapa persenkah batasan max yang diperbolehkan untuk output dari alternator saya dilihat dari dua frekuensi 50Hz dan 60Hz. mohon bantuannya terima kasih
    jawab; apakah ini alternantor mobil? alternator= generator? ya max 50A

  33. ari says:

    Mau tanya nh, kok standar yang dipake amerika lain sih, dengan yang umum digunakan di negara lain? alasannya apa ya?
    Jawab: alasan aslinya tergantung negara masing2. negara besar/industri bisa menentukn sendiri mana yg enak/cocok dipakai.

  34. Indra says:

    Slmt mlm pak, mau nanya:
    1. Benarkah 1 hp=746 watt?
    2. Jk benar, apakah generator 10 hp menghasilkan daya sekitar 7460 watt? Dan dinamo motor listrik membutuhkan konsumsi listrik 7460 watt? Trimakasih pak.
    Jawab: menurut buku benar. ini bisa diukur

  35. Darmawan says:

    Salam Kenal Pak,
    Seandainya tidak memperhitungkan segi ekonomisnya, dengan pemasangan VSD dan menggunakan trafo step up/down, kita bisa mengatur frekuensi dan tegangan supply ke motor sesuai dengan name plate motor.
    Mohon koreksinya kalau saya salah. Thx DMA
    jawab: artinya juga mengatur speed motorsesuai dgn kebutuhan beban (pompa) yg diperlukan.

  36. anwaruddin says:

    Terima kasih banyak informasinya ( matur nuwun sanget infonipun ), sangat bermanfaat bagi kami semua…

  37. SUKADI says:

    pak minta di jelasin…., saya mau test rpm motor satu fasa dengan 220vac 50hz dan 60hz, bagaimana caranya…? padahal teganan yang ada 220vac 50hz…bagaimana dengan yg 60hz….?, trimakasih pak atas bantuannya…..
    Jawab: putaran akan tunduk pd freq sumber, cari “rumus Rpm motor” jadi putaran kedua motor akan sama.

    • SUKADI says:

      maaf pak…, teganagan sumbernya dari stabilizer 3 fase, outputnya ada yang 110v,220v….., rencana mau test rpm 50hz dan 60hz dengan tegangan 220v, kemudian test rpm dengan motor yg berbeda tengangan yakni 110v, akan test juga dengan rpm 50hz dan 60hz…..mohon dibantu pak…..trimakasih
      jawab: stabilizer kan tidak mengubah frequensi. kedua motor tentu sama putaranya jika jumlah kutub magnit sama.

  38. darmawan says:

    dear pak Soemarno,
    saya mau tanya, apakah ada pengaruhnya bila perbedaan frequency ini bila digunakan pada mesin yg tidak ada motornya, misalnya water heater? terima kasih.
    Jawab: tidak ada pengaruh pd heater,

  39. I Gst Pt Alit Jaya says:

    Wasalam walaikum Pak ,Jika menjalankan motor 3 fase,apa bener harus delta dulu baru ke bintang, apa nggak tergantung pada jaringan listriknya Pak ? terimakasih
    jawab: 1) lihat spec motor dulu, misal 220V/380V, 2) lihat jaringan yg ada, jika jaringan 220V ->delta, jika 380V ->bintang.

  40. tree says:

    assalamu’alaikum wr.wb. bpak saya mau tanya, saya punya 2 alat ultrasonik. yang 1 daya nya 300 watt frekuensinya 19 kHz dan alat yg satunya dayanya 60 watt frekuensinya 42 kHz, apakah daya itu berpengaruh ke frekuensi, soalnya hasil setelah diuji berbeda, bagaimana cara menghitung atau mengetahui perbedaan pengaruh tersebut? terima kasih..
    Jawab: waalaikum salam ww. daya tentunya tidak terpengaruh. sedangkan frequensi output alat dipengaruhi oleh input/source frequensi yg dipakai.

  41. Ferry Yanuar says:

    Salam kenal Pak Soemarno,
    Pak saya mau bertanya, ada tidak alat atau dengan cara apa kita bisa merubah frekwensi 50 Hz ke 60 Hz?Boleh kami cerita sedikit, kami mendapatkan suatu masalah di kapal yang pemakaian motor dan perlatan komponen dengan memakai frekwensi 60 Hz, selama ini di kapal memakai supply dari generator / Genset yang bisa di adjust 60 Hz.
    Nah permasalahannya begini, mereka (kapal) akan mengunakan Shore Power dari PLN yang frekwensinya 50 Hz, nah mohon dapat dibantu ada solusi atau pemecahan dari permaslahan ini, apakah ada alat tambahan / komponen yang bisa merubah frewensi dari 50 ke 60 Hz?
    Terima kasih atas jawaban bapak semoga berguna buat kami.
    Salam,
    Ferry Yanuar
    Hp.081283266386

    • Teja Kusuma says:

      Kalau menurut saya:
      Genset dimodif governornya dan avr nya supaya turun frekuensinya jadi 50Hz. Output kedua sumber (genset dan PLN) dihubungkan menggunakan ATS, supaya ketika sumber PLN lagi mati bisa switch ke genset. Sebelum masuk ke ATS, listrik dari pln diatur dulu pake trafo supaya sesuai dengan kebutuhan. lalu output dari ats dihubungkan ke vsd lagi untuk dinaikan frekuensinya ke 60Hz.
      efek sampingnya, gensetnya bakal berkurang kapasitasnya, jadi ketika listrik PLN mati, pemakaian motor2 sebaiknya tidak full kapasitas.

    • Dony AJM says:

      berdasarkan pengalaman kami, hal tersebut kami atasi dengan mengkopel menggunakan V Belt utk alternator dengan output 440VAC 60HZ yang digerakkan oleh elektromotor dengan source power 380VAC 50HZ dari PLN, yang tentunya kapasitas elmot dan rpmnya sebanding dengan daya yang dibutuhkan oleh alternator tsb, dan untuk kapasitas alternator tidak perlu sebesar kapasitas A/E kapal tersebut karena biasanya hanya untuk penerangan selama kapal docking atau A/E sedang dalam perbaikan

  42. sri says:

    Selamat malam,,,Pak kalau hubungan tegangan suplay dengan frekuensi,bagaimana???
    Jawab:suply listrik di Indonesia, dari PLN. kalau rumah 220 V dan freq.50 Hz

  43. Hayoy says:

    Selamat Pagi Pak. Saya mau bartanya, bagaimana dengan peralatan elektronik yang input frekensinya 60 hz di pasangkan dengan frekwensi 50hz . Dapak yang terjadi di peralatan elektronik tersebut bagaimana ? Terima Kasih, Hayoy
    jawaB; dampak akan menmpengaruhi hal2 yg berkaitan dgn: putaran, getaran.

  44. andy says:

    Pak mau tanya kalau mesin cuci LG 220 v 50 HZ digunakan pada jaringan 60 hz selalu menunjukkan error, mungkin karena beda frequensi, bgmn cr mengatasinya. Makasih sebelumnya
    jawab: beda freg –> beda putaran mesin 9motor listri). saran konsul dgn service engineer LG.

  45. Denny says:

    Selamat malam pak,
    Apakah akan terjadi kerusakan jika di alat control meminta 220Vac fasa to netral dipasang pada 220 Vac fasa to fasa mhon penjelasannya?
    jawab: mestinya tidak. karena teg tetap 220 V’

  46. Yayan says:

    di jakarta sulit cari spek yg saya cari converter 200VAC to 115VAC/400hz,barang kali bapak punya saran.trimakasih
    jawab: maaf saya tidak punya referensi, bisa contact lewat internet/email ke vendor2.

  47. holby says:

    malam pak….saya mau tanya apa sih maksudnya fasa to fasa..bukanya kalau fasa to fasa di pakai bisa buat hubunggan singkat pak……
    Jawab:jaringan PLN listrk itu 3 phase (RST), antara R dan S itu berati teg antar phase.

  48. nur says:

    mau tanya, saya mau ganti diesel penggerak dengan motor listrik untuk penggerak hummer mills. Selama ini kami pake diesel 10 silinder dengan kapasitas 350PS 2100rpm. Pertanyaan saya berapa hp electro motor yg harus kami pakai. Dan berapa Kw listrik yang kami butuhkan?
    jawab: 300PS itu berapa hp (caba dicari )? (1 HP= 0736 KW).

  49. Indra says:

    Asslmkm pak, slmt pg.
    Sy ingin tanya ttg cara menghitung gulung per volt (gpV) pd trafo. Pake rumus:
    1). gpV = f / luas teras besi,,
    ATAU pake rumus:
    2). gpV = f / keliling teras besi,,
    Yg benar yg mana pak?
    Terima kasih. Wasalam.

  50. Qaharuddin says:

    Dear Pak Soemarno.
    Saya hendak pesan exhaust fan dengan voltase 115V; 60 Hz. Akan digunakan dengan menggunakan sumber listrik PLN. Mohon pencerahannya, apakah exhaust fan tsb aman? Terima kasih
    jawab; yg harus diketahui itu spec listrik PLN ditempat itu , Voltage berapa? apa 115 atau 120 atau 220V. Frequensi berapa? (50 Hz). mungkin kita pilih 220V 50 Hz.

  51. tarom says:

    assalaamualaikum pak ,mohon bantuannya pak,….kalau motor listrik yang membutuhkan power supply berfrekwensi50hz dipasang pada pawer supply yang berfrekwensi 60 hz apa pengaruhnya ya Pak? Terimakasih……
    jawab:di artikel ini ada soal itu, cari dan baca.

  52. arriham says:

    selamat malam pak
    jawab: selamat pagi

  53. agant says:

    Di rmh ad brng elektronik korea punya cman frequensi 60hz,,,da daya 3500 va jm 2
    tertentu sering turun dr MCB Kwh,,,apkah ad masalah sma frequensinya?trimakasih
    jawab: lihat di artikel ada soal frequensi.

  54. Irfan says:

    Selamt Pagi, Mau tanya Pak. Jika kulkas 220v 50Hz digunakan di 220v 60Hz, dampaknya apa Pak
    jawab: ada sedikit pengaruh, tetapi karena kecil bisa diabaikan, jadi tidak masalah.

  55. Yopie says:

    Sebelumnya saya berterima kasih atas share ilmunya ne pak krn sangat bermanfaat bagi kami semua..
    Numpang nanya ne pak…
    Artikel diatas kan sdh bapak jelaskan yg intinya jika motor 3phase 230/460Vac 60Hz dipasangkan ke 220/380Vac 50Hz maka akan menyebababkan berkurangnya usia component pada motor tsb dikarenakan adanya panas yg berlebihan dan sebagainya krn alasan spec.
    nah,yg mau saya tanyakan disini adalah apakah yg harus kita lakukan agar tidak terjadi panas yg berlebihan krn perbedaan power supplay dari 60Hz ke 50Hz td pak…???apakah ada component yg harus diganti atau perlu merubah diameter winding dari motor tsb ?agar motor tersebut seolah2 menjadi motor listric dgn power supplay 50Hz.Terima kasih…
    jawab: kalau artikel dibaca dgn teliti, salah satu upaya ya derating, artinya jangan di bebebani penuh. nah utk melihat itu ukurlah ampere saat dibebani/running. apakah ampere melebihi yg tertulis di nameplate. sebab umumnya kita beli motor itu dgn HP/KVA lebih besar dari yg diperlukan.

  56. ubaid says:

    salam ,kenal pak.saya punya alat transistor inferter af 500 untuk apa ya…..saya pernah tanya ke tehnisi tapi
    jawabannya saya masih belum faham

  57. Teofilus Bessie says:

    Yth Pak Soemarno,
    Saya baru beli mesin pemanas air/shower heater. tertulis di kotaknya dia memiliki 230V, sementara sudah terlanjur pasang saya baru sadar kalau rumah sy pakai 220V/1300VA. yg terjadi adalah saat mesin digunakan listrik turun terus(MCB). pertanyaan saya pak : 1. Apakah hal yg saya sebutkan itu berkaitan(beda voltase)?. 2. Bagaimana mengatasinya pak??. terima kasih
    jawab:utk pemanas beda 10 v tidak masalah. batas langganan berapa VA ? dan MCB di set berapa?

  58. roger says:

    Dear pa.Soemarno.
    Salam kenal pa.Soemarno,saya mau nanya karena saya belum ngerti,”Apakah pengaruhnya kalau kita pakai generator frekwensi 60 hz untuk suplay peralatan listrik/electronic frekwensi 60 hz untuk waktu lama.
    Terima kasih sebelumnya untuk sharingnya.
    jawab: tentu saja no problem.

    • roger says:

      Dear pa.Soemarno.
      Mohon maaf sebelumnya dan saya ralat pertanyaan saya sebelumnya yang saya maksudkan adalah “Apakah pengaruhnya kalau kita pakai generator frekwensi 60 hz untuk suplay peralatan listrik/electronic frekwensi 50 hz untuk waktu lama”.
      Terima kasih untuk sharingnya
      JAWAB:di web ini ada artikel electro motor, bisa di baca. pengaruh terutama utk alat2 yg ada putaran, resolusi/frequensi gambar. mungkin cukup ecil pengarurhnya.

  59. pras says:

    ass.selamat malam pak. sedikit cerita pak. saya tinggal diperumahan perusahaan. spek listrik di perumahan tersebut adalah. 220/460v 60Hz. sedangkan saya rencana pasang AC yg beredar dupasaran 220/380 50Hz. apakah bisa dipasang pak AC tersebut. apa dampaknya. dan apa ada alat perubah frekuensi dan tegangan. dan jika ada barang si pasaran mencantumkan frek. 50/60hz apa artinya. atau spek dengan tegangan …v/…V/….V/…V. Apa artinya itu trims salam.
    jawab: dampak perbedaan freq. utk Ac cukup kecil dan tidak masalah, jadi dipasang saja.

  60. dana says:

    tks bnyak impormasinya

  61. Yanjo says:

    slmat siang,, mau tanya perbedan antara KW,HP/PK dan KVA bagaimana dan cara mengetahui rumusny bagaimana,, termakasih,,
    jawab: KW=kilowatt, HP=horse power/tenagakuda 1 HP=0.736 KW. KVA=kilo volt ampere 1KW= power factor X KVA

  62. m42n says:

    Pak sy mo tanya…sy beli peralatan polisher dari luar (titip teman)…alat tsb di name plat tertera tegangan 230 volt…apa bisa dipakai disini yg menggunakan tegangan listrik 220 volt dan apa efeknya jika digunakan tanpa step up… Trims sblmnya
    jawab: dapat di pakai. efeknya , power yg di hasilkan lebih kecil.

  63. Setyo says:

    Selamat malam pak, saya bersyukur dapat menemukan forum ini dimana saya berharap dapat menjawab pertanyaan saya dan memberikan solusi bagi permasalahan yang saya sedang hadapi. jadi begini pak :
    Saya mengimport Industrial Fan dari USA untuk digunakan pada Plant Amonium Nitrate. pada lokasi Amonium Nitrate.
    Ketika Fan tersebut tiba di Indonesia, baru saya ketahui bahwa ada perbedaan frequency antara Indonesia (50Hz) dengan USA (60Hz).
    Spesifikasi Industrial Fan tersebut adalah :
    Specialty Circulator Fan Head, 30 in Blade (9,200 CFM) 120V or 240V, 1 Phase Hazardous Location (60Hz)
    dan hanya bergerak di Frequency 60Hz. Sedangkan Frequency yang dipakai di Plant adalah 50Hz.
    Yang kami kuatirkan adalah terjadinya hal-hal ekstrim seperti meledaknya plant tersebut karena apabila dipaksakan untuk digunakan pada lokasi hazardous area tersebut motor dari Fan tersebut menjadi panas dan menyebabkan ledakan pada lokasi Amonium Nitrate.
    Saya mohon bantuan solusi dari Bapak untuk permasalahan saya ini. apa yang harus saya lakukan agar Fan tersebut dapat digunakan di Plant, karena mempertimbangkan mahalnya harga fan tersebut beserta dengan mahalnya biaya kirim kembali fan tersebut.
    Mohon petunjuknya pak. Terima Kasih.
    Jawab: di artikel blok ini ada konsekwensi pemasangan motor freq 60 di 50 hz. silahkan baca dgn teliti.
    al: putaran menjadi lebih kecil, berarti CFM lebih kecil. di tempat saya kerja juga banyak motor dari USA (standard NEMA) dan dipasang di standard Indonesia (50 Hz), jika motor banyak dan gede2 maka rugi2 pemakaian listrik lebih besar.

  64. Riza says:

    Ass,pak sumarno.
    Saya mau tanya.saya ad motor dngan tgangan 440v,tegangan yg ad sekarang 380volt.ap akibgtnya kalau saya hdupkan dngan tegangan 380vol. Makasih pak wassalam.
    jawab: tentu saja capasitas akan menjadi lebih kecil. jadi jika di pakai ,ukurI, jangan melebihi yg tertera di nameplate

  65. adi says:

    Selamat malam pak Sumarno,
    apakah frekwensi pln selalu stabil 50hz/60hz utk rumah tangga?
    apa akibatnya kl frekwensi di bawah 50hz? maksud sy apakah berpengaruh ke pemakaian listrik? (tagihan jadi tinggi) apakah ada alat ukur utk frewekwensi hz? sy awam sekali soal listrik.
    Terima kasih, adi
    jawab: seharusnya stabil pd 50Hz, mungkin kadang bisa turun 49-48. tidak terlalu berpengaruh pd alat2 rumahtangga.

  66. sumardi says:

    Dear, pak sumarno pak bagaimana caranya menurunkan Hz dari 55Hz ke 50 Hz pada Generator
    Regards Mardhy
    jawab: hz itu ditentukan oleh RPM penggerak. agar turun ya menurunkan putaran penggerak. kalau itu diesel , dgn mengatur governornya.

  67. oktowarmist says:

    Kalau jumlah coil(stator) pada dinamo maknit permanen ada 54 buah sedangkan 1coil menghasilkan arus 2v saat diputar kalau dasambungkan seri. Apakah hasilnya menjumlahkan voltase atau amper pak?

  68. rama says:

    Selamat Siang Pa Soemarno,
    Saya mau tanya : saya hendak membeli light switch (ceklikan) dari Amerika dengan spesifikasi Max 1800 W, ½ HP at 120VAC. Apakah ceklikan tsb dapat dipasang di Indonesia? Terima kasih sebelumnya Pa. Saya awam untuk hal seperti ini :)
    jawab: secara teori/standard tehnik harus di pasang di 120 Volt, sedang Indonesia PLN 220 Volt.

  69. yusqi says:

    slamat siang pak..saya mau bertanx apakah generator yg menghasilkan frekuensi 50Hz dia berputar 50kali dalam satu detik?
    Jawab: ada rumus listrik N=120f/P N=Rpm putaran permenit, f= frquensi dan P jumlah kutub. silahkan dihitung2

  70. adit says:

    selamat siang pak
    saya membeli alat dari USA dengan spek teknis: 120 Vac, 60 Hz, 15A, 1 phase
    untuk dapat BERJALAN DENGAN BAIK dan UMUR PAKAI PANJANG dengan penggunaan sumber listrik PLN (rumah), alat/converter apa yang saya butuhkan? dan resikonya..? apakah dengan regulator/step down sudah cukup? terimakasih atas jawabannya…
    Jawab: masih cukup aman, asal voltage tidak naik turun terlalu banyak. paling pasang voltage stabilisator.

  71. djavu says:

    Sy punya mesin dari jepang dngan motor servo dc dengan daya 147 v dan bridge 7 v namun pada converternya tertera daya 220 v/60 hz ,,yg sy tanyakan kenapa saat dioperasikan terjadi panas pada kontaktor sehingga sering trip..mohon penjelasan mas..terima kasih sebelumnya?
    jawab ; maaf saya kurang paham yg dimaksud. 147 V itu voltage bukan daya. satuan daya = Watt.

  72. richo says:

    slmt malam pak.
    mau nanya ni..generatore kami 14MW,50HZ..yang saya tanyakan bagaimana menghitung kenaikan HZ dengan daya.?? karena kami jual listrik ke PLN jadi HZ harus kami jaga 50HZ.
    terima kasih pak

  73. Werdhi says:

    Selamat siang Pak Sumarno
    Mohon pencerahaanya pak.
    Sebenarnya bagaimana hubungan secara matematis/rumus antara frekwensi listrik dengan daya listrik.
    Seperti penggunaan AC inverter di claim akan mengurangi pemakaian energi listrik. Ini berarti bahwa perubahan frkwensi akan mempengaruhi pemakaian energi. Mohon di jelaskan secara rumus matematis bagaimana hubungan antara kedua besaran tersebut.
    terimakasih. salam
    jwab: inverter dipakai juga pd motor2 di industri, lebih2 motor besar, rumus cari sendiri atau nanti tak carikan. logika dulu: Ac itu membuat dingin ruang, makin banyak orang disitu makin diperlukan tenaga listrik utk membuat dingin. la inverter itu alat yg menyesuaikan arus motor-compresor sesuai dgn kebutuhan. jika tidak pakai inverter, motor-compresor kerja tetap saja berapapun ada/tidak ada orang di ruang itu.

  74. akbar says:

    Siang pak soemarno, saya mau tanya pak masalah lampu sorot/spot lamp 400W, saya menggunakan lampu tersebut diproyek, dmn utk sumber tegangan diproyek msh temporary tanpa netral, tegangan normal pak 220, akan tetapi lampu sorot tersebut mati hidup dlm jangka waktu yg cukup sering…kadang hidup sekitar 1jaman mati sekitar 5-10 menit….apa penyebabnya ya pak? Apakah karena neutral yg saya ambil dari kontruksi bangunan? Kl besarnya tahanan dri kontruksi bangunan saya tdk tau pak, kontruksi menggunakan baja…seharusnya kan netral diambil dri grounding trafo, dilapangan nettal tersebut tdk ada pak, mohon penjelasannya pak..terimakasih sebelumnya
    jawaB; ada kemungkinan capasitornya sudah rusak, perlu diganti.

  75. syamsul says:

    terima kasih atas share ilmunya, pak saya mau tanya kalau frequency ( 60 Hz ) and Voltage ( 440 V ) tidak mau naik kenapa pak…? padahal RPM ( 1800 ) sudah pas..! mohon dijawab pak..?
    JAWAB: yg akan dinaikan apakah frequensi? maksud ini utk apa? frequensi itu tidak utk dinaikan/turunkan.

  76. supriyanto says:

    Selamat siang Pak Soemarno,

    Saya mau tanya, saya mau beli peralatan elektronik ( dry block temperature calibrator ) dari Amerika, Tegangan 115VAC/60Hz. Saya mau pakai di Indonesia 220VAC/50Hz. Apakah cukup pakai trafo step down dari 220V ke 115 V aja sudah cukup ( bisa bekerja dengan normal? ) Apakah ada pengaruhnya ?
    Atau apakah ada peralatan untuk menurunkan frekwensi ? Terima kasih atas penjelasannya.
    jawab: maaf saya kurang bisa menjawab dgn benar, karena utk kalibrasi, seberapa besar pengaruh frekwensi yg diijinkan. munkin bisa membaca manual atau bertanya ke pabrikan.
    jika utk alat/mesin yg tidak ada putaran ya tak seberapa pengaruh atau bisa diabaikan.

  77. john says:

    saya mau tanya..mesin kondersor pendingin 3 ph 380 vlt di pasang di listrik 1 ph 220 vlt..mesin tidak bekerja optimal..bagaimana solusinya..bisakah condersor tersebut dapat bekerja optimal pada tegangan 1 ph 220vlt?
    jAWAb: tentu tidab bisa kerja optimal, karena tenaga hara 1/3 saja, yg 3 ph itu apakah electro motor- penggerak kompressor ?

  78. fitri says:

    Mohon bantuannya pak, saya baru membeli motor namanya motorized pulley, untuk dipasang di kapal. Di name plate tertera voltage : 415 vac, 3 phase 50 Hz. Motor capacity 4 kW. Sedangkan yg diminta oleh usernya. Voltage : 380 Vac, 3 phase 50 Hz. Motor capacity 7.5 kW. Apakah motor yg saya beli tersebut bisa dipakai oleh usernya ? Dan kalau pun tidak bs dipakai apa solusi yg terbaik. Makasih atas infonya.
    jawab: 4 Kw yg diminta 7.5Kw dan voltage 415V yg diminta 380V. motor yg dibeli jika dipasang capasitas kurang dari 4 Kw (karena tegangan)dilihat dari capacity sangat kurang. tidak ada solusi. kecuali beban di kurangi. pullley ini menggerakan apa ya ?

    • fitri says:

      Maaf sebelumnya pak klau saya banyak tanya, dan makasih banyak bapak sdh mau menjawabnya. Pulley ini untuk menggerakkan conveyor pak, setelah saya cek di name plate, capasitasnya 4kw sma seperti yg user inginkan, bukan 7,5 kw seperti yg saya tulis kemarin. Apa yg harus saya lakukan kalau voltagenya salah seperti itu (415 v) bisakah voltagenya saya turunkan ? Bagaimanacaranya dan dimana? Dan menurut pabrikan pembuat motor ini, voltage 415v suitable to 380 v.

  79. Hidayat says:

    Mohon pencerahan dari Bapak
    Saya berencana membeli Genset general 1000DC 750 watt untuk menggerakkan gerinda tangan 4″ 580 watt, apakah aman di peralatan dan penggunaan, saya memilih genset 750 watt karena keterbatasan dana , sekian pertanyaan saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    jawab: apakah grinda 4 atau 1 @ 580 watt. kalau satu = Genset 750w cukup aman.

  80. asta says:

    Pak sya mau tnya dinamo 3pahasa lubang 48 butuh ukuran kawat email tbl brpa mm…..?
    jawab: ukuran kawat itu juga ditentukan kapasitas, berapa arus yg akan lewat, atau motor ini berpa Kw.

  81. medy says:

    Slamat pagi pak, mohon pencerahannya, company saya membeli AC 1 pk merk panasonic dgn spec. 240 v / 50 hz, untuk penggunaan di atas kapal. Supply tegangan dari generator dengan 60hz. Yang ingin saya tanyakan kenapa AC ini sama sekali tak bekerja ketika dihubungkan ke sumber tegangan? Padahal sebelah ruangan kami pasang AC dgn merk Mitsubihi dgn frek. 50hz tapi bisa bekerja dgn baik. Mengingat tempat sy di atas kapal dan butuh waktu yang lama untuk proses penggantian, adakah cara yang bisa saya lakukan agar AC ini tetap bisa saya pakai? Terima kasih sebelumnya.
    jawab: tegangan yg di supply generator berapa?apakah 120V ? membaca manual dgn teliti perlu.

  82. Julius.Agustinus says:

    Pak sya mau tanya Perbedaan Arus tegangan 3 Phase R/S/T Ada perbedaan dan tidak seimbang/balance itu di sebabkan apa pak..*misalkan tegangan R=335 S=290 T=281 (mohon info-nya)
    jawab:bisa dari dalam generator. tapi yg umum sebab dari luar gen, akibat dari jumlah beban perphase tidak sama. standard yg dibolehkan max.10%,mengakibatkan “keburukan”.

  83. padri says:

    pak mau tanya ” motor 200 kw. Jika di gerakan pd frekuensi 40 hz dgn inverter. Selain pengaruh pd putaran apakah ada pengaruh lain. Karena jika di pake frekuensi 50 hz, panel genset trip, arus terlalu besar, karna kami menggunakan genset kapasitas kecil, sambil menunggu genset besar sadang di servis.
    jawab: arus motor akan ditentukan oleh beban motor. dgn menurunkan frequensi, beban yg digerakan apakah juga di turunkan? jika tidak, mungkin tetap trip.

  84. Ari Hastanto says:

    Permisi, Pak Soemarno. Saya ingin bertanya.
    Di tempat saya ada pompa air dengan nameplate 440V/60Hz, atasan saya salah membeli pompa. Karena di tempat kami hanya ada supply tegangan 380V/50Hz.
    Jadi, sesuai dengan uraian Bapak di atas, apakah berarti pompa itu bisa dipasang pada tempat dengan supply 380V/50Hz tanpa masalah?
    Atau apakah ada alat khusus untuk meng-konversi nilai 380V/50Hz menjadi sesuai dengan spec pompa 440V/60Hz?
    Jika ada, alatnya apa ya Pak?
    Karena setahu saya, untuk tegangan bisa dimainkan dengan trafo. Tetapi untuk frekuensi, saya belum pernah dengar. Terima kasih Pak Soemarno
    Best Regard Ari Hastanto
    jawab: alat pengubah tegangan betul->trafo. pengubah frequensi->converter. beda ferquensi -> beda putaran->beda kapasitas sedikit.

  85. yayak says:

    selamat pagi pak saya mau tanya standard voltage genset 50hz yang masik ke panel utama itu berapa ya pak? kalau melebihi dari 240v apakah nggak merusak alat alat kedokteran? terima kasih
    jawab: itu tergantung specifikasi GenSet nya. kalau alat itu utk 220V dan dipasang di 240V ya bisa rusak. karena arus listrik pasti naik.

  86. ageng says:

    Maaf Pak ganggu,mau nanya nih kalau 1hp=746w itu cara dapetinnya gimana yah?

  87. Agus says:

    pak soemarno,saya punya mixer dari Amerika dengan voltage 120 v frequensi 60 hz dan saya tinggal di United emirate arab yang mempunya rate voltage 220/50 hertz.apakah bisa mixer saya di pake dengan di bantu oleh transformer? ditunggu bantuan jawabannya segera pak Terimakasih
    jawab : tentu bisa pakai tansformer step down 229V ke 120V

  88. Adi says:

    Salam pak,, apa nama alat utk mengukur hz? Sya bikin inverter tp gak tau yg keluarnya brapa hz. Kalau secara logis lebih dri 60hz tw kurang dri 50hz tentu motor gk nyala cuman getar aja
    jawab: frequensimeter. apa ini ?

  89. adamrois says:

    trimaksh ilmunya pak,
    pak saya mau tanya pak, d perusahaan saya menggunakan dua genset..ketika menggunakan genset A pd mtor putar bolak balik lancar saja pak, tp ktika menggunakan genset B pd mtor mcb turun terus pdahal vltase sama . yg sy tnyakan apa pengaruh frekwnsi/hz 50 dgn60 pada kontaktor &mtor pak, terimakash…
    jawab: bisa di baca di salah satu tulisan di web ini.

  90. Felica says:

    I see a lot of interesting content on your website.
    You have to spend a lot of time writing, i know how to save you a lot of work, there is a tool that creates unique, SEO friendly posts in couple of seconds, just search in google – laranita’s free
    content source

  91. ngurah chandrawan says:

    selamat malam pak
    saya mau bertanya, bisakah mesin pompa 3 fase di hidupkan dg 3 meteran listrik PLN beda fase & adakah dampaknya terhadap mesin pompa ?
    jawab: jika 3 meteran itu berasal dari phase yg sama, ya tidak bisa. karena phase2 tsb mempunyai beda sudut.

  92. Eko Mulyono says:

    Selamat siang Pak.
    Saya mau menanyakan tentang 2 buah kontaktor dengan spek sbb:
    1. 230V/50Hz, 240V/60Hz.
    2. 240V/50Hz.
    Pertanyaan saya apakah efek yang ditimbulkan (baik atau tidak) bila masing-masing kontaktor tersebut digunakan untuk motor 50Hz? Terima kasih, Salam.
    jawab: ada sedikit efek, tapi aman utk dipakai.

  93. jayast says:

    Selamat sore pak, Saya awam nih pak.
    Saya terlanjur beli vacum cleaner RIDGID WD4070. Di name plate tertulis 110v/60hz 5hp. Dengan watt operasioal 1kwh. Apakah hanya dengan menggunakan stavolt dengan kapasitas 1500va yg tertulis outputnya 900watt cukup? Bagaimana caranya agar vacuum ini bisa digunakan pada rumah saya di jakarta.
    jawab:1) 5hp = 0,746 x 5 Kw= 3,730 KW= 3730 watt berapa besar listrik di rumah? 2) trafo tersbut tidak sepadan dgn kapasitas vacum cleaner. jika voltage rumah 220 tentu harus beli travo yg minmal 3800 watt atau 4000 watt.

    • jayast says:

      Oiya pak. 5 hp itu ditulisnya sebagai peak hp. Dan koreksi. Di name platenya. 120v 60hz 9amp. 1kwh energi per unit waktu.
      Listrik rumah 2200watt. Apakah cukup?
      jawab: 9×120=1080 VA jadi tentunya cukup tapi perlu trafo 120->220. jangan dijalankan speed/beban maximal.

      • jayast says:

        Jika sy menggunakan stavol yg 2000va. Cukup tidak pak? Apa harus pakai yg 3000va sekalian? Dan apa harus pakai yang ada output 120v? Karena sy lihat dipasaran kebanyakan outputnya 110v.
        jawab: voltnya bisa. mungkin lebih aman yg 3000VA.

  94. jaka says:

    salam pak, sy mau tnya..kontak tor mesin cetak sy rusak setelah sy gnti yg baru tetap sj gk bs..mesin sy menggunakan tegangan 110v..apa krn spek berbeda bs mempengaruhi ya,spek kontaktor yg baru tertulis: coil 208-220v 50hz 220v 60hzv.. mksh pak
    jawab: apakh contactor tsb jenis memakai magnetic, apakah mesin tsb 110v dan dihubungkan dgn jaringan PLN 220 V (ini mesin bisa terbakar). tolong keterangan yg agak lengkap.

    • jaka says:

      sy menggunakn kontaktor magnetik. liastrik 220 disambung ke trafo keluar 110 masuk ke mesin..stlah dipasang kontaktor yg spek nya spt diatas dengn bntuk body yg sedikit berbeda tetap motor mesin tdk bs jalan.sedangkan sy tekan di bagian swith pd kontaktor, mesin bisa jalan..mohon penjelasannya pak..kira2 masalahnya di mana ya..terimakasih.

  95. yofrizal says:

    Salam kenal Pak Sumamarno,
    Saya yopi, saya punya genset solar dinamo 3kw penggerak yanmar tf 85.sudah lengkapi dengan avr didinamonnya.merk dinamonya yamasuka.tapi saya pusing tenganngannya kok selalu berubah-ubah padahal frekunsinya sudah saya set 50 Hz.tolong Pak gimana cara mengatasi supaya tenggan outputnya stabil.rencana saya genset ini mau dipakai untuk warnet. mohon dibalas solusinya ke email saya Pak.atas perhatiannya saya ucap terima kasih
    jawab: alat pengatur suply bahan bakar mungkin kurang fungsi denagn baik (governor) perlu di calibrasi. tapi langkah yg paling mudah: cek apakah saringan solar masuk buntu/kotor, slang bahan bakar masuk apa juga bersih/lancar atau ada sedikit bocor halus sehingga angin masuk. apakag tangki solar juga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>