Jumlah Start-stop, mengapa harus di batasi?

Ketika motor distart, motor memerlukan arus start yang sangat tinggi, mungkin dapat mencapai beberapa kali atau lebih dari 5 kali. Arus tinggi

menimbulkan panas dan thermal shock, sehingga jika ini dilakukan ber-kali2  dan tanpa ada jedah waktu, maka berakibat sangat buruk terhadap winding motor, overheating. Sehingga sangatlah perlu mendapat perhatian serius perihal start dan stop semua motor listrik agar kerusakan fatal dapat dihindari.
Tabel No dibawah ini memberi gambaran jumlah start dan stop operasi motor yang ada korelasinya dengan putaran dan rated Hp. Banyak dokumen perawatan motor mencatat bahwa kerusakan motor kebanyakan diakibatkan oleh pembebanan yang terlalu berlebihan. Umur pendek: al hubung pendek (short circuit) disebabkan karena terlalu sering start dan stop. Kuncinya ialah harus lebih dimonitor jumlah start dan stop,

Tabel Starts vs Stops

Jumlah star-stop
A= maximum jumlah start / jam
B= minimum waktu istirahat dalam detik jedah start.
Artikel ini di ambil dari “Baker” dengan referensi NEMA.
Sebaiknya di setiap motor perlu di catat dalam manual atau histori atau standard operating procedure perlu ditulis al: max start dan min jedah waktu.

 

29 Responses to Jumlah Start-stop, mengapa harus di batasi?

  1. mathias windy says:

    Terima kasih Pak soemarmo, forum yang dibuat bapak sangat membantu sekali terutama saya sebagai mahasiswa
    Jawab:
    terus membaca, bertanya, belajar itu perlu agar kita tidak ketinggalan. karena waktu dan proses tidak bisa menunggu kita.

  2. andika says:

    pak untuk motor yang 335 hp berapa kali yaaa???untuk 1 jam start/stop nya??
    soalnya di bag saya terdapat 5 buah motor yang kapasitasnya 250 kw.terima kasih sebelumnya..

  3. widodo s says:

    Matur Nuwun Pak Marno,
    tulisan Bapak sangat membantu saya dalam bekerja. mudah2an Bapak selalu diberi kesehatan sehingga bisa menulis lebih banyak lagi.ditunggu artikel selanjutnya pak, Suwun
    Jawab: Insyaallah, semoga bisa.

  4. sapto says:

    terima kasih pak atas semua info-infonya… sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah. saya mau bertanya tentang star-delta starting motor, dari buku-buku yang saya baca, dicantumkan bahwa:
    hubungan delta :
    tegangan lilitan = tegangan line-line, dan
    arus lilitan = (1/akar3) arus line-line
    hubungan star :
    tegangan lilitan = (1/akar3) tegangan line-line
    arus lilitan = arus line-line
    jadi saya tarik kesimpulan bahwa arus pada hubungan delta lebih kecil daripada hubungan star. tetapi mengapa pada metode starting motor, digunakan starting star-delta untuk memperkecil arus start??? padahal kan arus hubungan delta lebih kecil daripada hubungan star???
    tolong di jawa ya pak… saya benar-benar bingung, karena saya belum paham prinsip sesungguhnya dari metode starting ini. terima kasih….

  5. soemarno says:

    Mas Sapto
    hubungan delta :
    tegangan lilitan = tegangan line-line, dan
    arus lilitan = (1/akar3) arus line-line
    Misal Vline=380 Volt & Rlilit=20 ohm, maka:I lilitan =380V:20=19A
    Arus line = 19A x akar 3 = 32,9A
    hubungan star :
    tegangan lilitan =(1/akar3) x V line
    arus lilitan = arus line-line
    maka: Vline=tetap 380 Volt dan V lilitan=380V:akar 3=220V
    arus lilit= V lilit:Rlilitan(phase)
    =220:20ohm)=11A = I.line
    Kesimpulan:
    Arus line star lebih kecil dari arus delta:
    380V/V3:R=11A 380V:R=32,9A
    Maka: metoda star-delta baik,murah,mudah dan yg tertua.
    perhitungan di cek yg lebih teliti lagi, mngkin sayaada salah)

  6. Banuardi says:

    infonya sangat membantu pak.
    ada hal yg mau saya tanyakan, apakah benar kapasitor itu bisa meningkatkan efisiensi Motor.Jika benar, mengapa bs begitu pak?
    terima kasih sebelumnya

  7. soemarno says:

    PBanuardi,capasitor dipakai utk mperbaiki sudut I dgn E atau dgn kt lain power faktor.harga pf yg eff (0,8-0,9, jadi klau R.induksi besar->pf kecil.maka ->R.ind hrs dikurangi dgn pasang R.cap.baik utk smua aplikasi trmasuk pnerangan &bayar lebih murah.

  8. soemarno says:

    PYulianto. tanda rusak&penyebab wire rope al: diameter mengecil&putus bberapa kwt->pernah overload
    diameter tdk pas dgn sheave,kurang pelumasan,kotor dgn tanah/pasir,kena sudut runcing saat mengangkat gulungan tidak teratur.

  9. M. Sahlaa says:

    Dear Pak Soemarno,
    Diskusi ditempat Bapak ini sangat berarti bagi saya untuk menambah ilmu dan pengetahuan terutama di bidang maintenance.Yang saya mau tanyakan dari bahasan artikel Bapak diatas, starting current yang terjadi pada motor itu kurang lebih berapa lama ya Pak sampai dia mencapai nominal current? Mohon arahan dan bimbingannya. Terima kasih.
    jawab:
    hanya beberapa detik. namun banyak faktor yg mempengaruhi al: jenis beban, jenis system starting, ini equivalent dgn berapa lama mencapai RPM penuh. ada baiknya coba ukur langsung di eqp tsb,

  10. budy kris suliyanto says:

    salam kenal pak Soemarno.
    mohon penjelasan cara mengecek kapasitor bank 3 phase?
    apa bisa dicek dari ampernya saja atau ada yang lain? saya ucapkan banyak terimakasih.
    Jawab: kapasitor bank itu tujuanya utk memperbaiki cos sudut I-E atau power factor. jika ada ukurlah dgn PF meter.

  11. ADRIAN says:

    Selamat pagi pak ,saya kebetulan tamatan s1 t elektro arus kuat tapi saya tidak punya pengalaman kerja di dunia kelistrikan pak,saya mau nglamar dibdidang itu tapi malu karena gak punya skill pak…gimana caranya pak padahl saya pengen sekali punya keahlian dibidang kelistrikan pak.maksih sebelumnnya.
    Jawab: jangan putus asa, setiap orang mengalami proses pematangan. modal S1 itu sngat cukup utk maju. baca lebih dalam buku2 kuliah dll, semangat & mencoba, berusaha itu yg diperlukan.

  12. syefriadi says:

    sore pak!. aku punya motor induksi 2hp baru. listrik dirumah 2200 watt, motor tersebut tidak bisa star dengan daya tsb walau tanpa beban. yang mau ditanyakan 1. apakah motor 2 hp tidak keangkat dengan daya 2200. 2. apa kemungkinan pemasangan yang tak benar. 3. apa mungking pengaruh oleh kapasitor yang jelek
    Jawab:
    tidak bisa start, apakah saat start breaker rumah langsung trip/lepas atau hanya diam seribu basa (tapi breaker tidak lepas)? motor listrik saat start, butuh arus(amprere) 5kali atau lebih dari arus normal.

  13. Didik Wicaksono says:

    Yth.Pak Sumarno. Tanggal 26 Nov 09 tadi pagi sudah transfer via BCA untuk pembelian buku praktis alignment a/n. Didik Wicaksono. mohon dikirim ke email: didikw@yahoo.com. trims
    Jawab : sudah di kirim semoga bermanfaat.

  14. edy says:

    pak marno saya pernah buka bearing alternator euclid dump truck pada saat saya check bearing tersebut ternyata panas sebagian mohon penjelasannya supaya infonya berguna bagi mahasiswa dalam pembelajaran
    Jawab: tentu kalau baru dibuka itu panas, berapa derajat? jika masih bisa dipegang itu relative normal. panas itu akibat gesekan selama dipakai.

  15. Ito says:

    Wuih…Saya merasa terbantu sekali dengan artikel plus tanya jawab seputar elmot di site mr. Sumarno ini, makasih ya pak mudah2an bapak diberi kesehatan untuk menulis terus.
    Mahap pak aqu ada kesulitan, bisa ga pak motor induksi 3 phasa di suply tegangan 1 phasa? dalam kondisi bagaimana? Dan bagaimana caranya? Matur nuhun pak. Wsl
    Jawab: boten saget mas. dari pada banyak losses mendingan jangan.

  16. joko says:

    assalamualaikum pak,di tempat saya ada mesin sandblast yg di gunakan untuk membersihkan kotoran sebelum di cat, nah pada saat ini connection nya masih DOL rencanannya mau saya rubah ke star-delta, pertanyaannya kira2 ada efeknya apa tidak ke mesin dan hasil produksinya, soalnya mesin tersebut model lama. daya motor 7,5kw. dan kira untuk setingan timer nya dari star ke delta itu berapa second idealnya. terimakasih
    jawab: sistem star-delta kan utk memperkecil arus start, utk motor kecil sebtulnya tidak terlalu terasa. thd mesin tidak ada efek jelek.

  17. deni says:

    assalamualaikum pak.
    saya deni,saya masih amatiran dibidang litrik arus kuat karna basic saya di otomotif.saya mau bertanya bagaimana membaca tabel standar star stop diatas…
    dan apakah jika rata2 waktu running motor 11kw = 13 detik dan jeda stop hanya 1,2 menit (dalam 1 jam siklus star/stop pompa bisa 45 kali) dengan suhu 60 c, termasuk sudah standar.penerapan pompa dalam supply air gedung dengan sistem hydrosfor(sistem tangki tekan). saya mau coba improve dengan pemasangan inverter..cuma saya bingung mw mengukur dan menghitung efisiensi valuenya dari pengurangan siklus star/stop…..mohon pencerahannya pak.terima kasih
    jawab:
    motor continue running jika sering di start kan cepat rusak, maka 11 kw itu antara 10 -15 kw. jadi motor boleh di start max 6 kali/jam dgn jedah 94 detik. makin lama jedah makin aman.

  18. Pepenk says:

    bapak Soemarno. Terima kasih sebelumnya atas adanya website ini. Sangat membantu bagi pemula seperti saya. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara menghitung thermal over load untuk star-delta motor starter ini berdasar keterangan yang ada di nameplate motor. setahu saya klo rangkaian powernya terletak di hubungan deltanya?
    Terima kasih dan wassalamualaikum wr.wb.
    jawab:
    stardelta motor statr itu maksudnya utk memperkecil arus start, kalau sdh jalan normal pd hub delta, maka betul hitunglah saat hub delta. coba hitung simulasi, dgn suply vol tetap hubkan star kemudian delta, berapa arusnya.

  19. Rahim S says:

    pak, apakah tabel diatas berlaku juga untuk motor yang menggunakan softstarter untuk kendali startingnya? Terimakasih,,
    jawab: softstater memang utk memperkecil arus start, tapi lebih aman jika dipakai acuan.

  20. anton says:

    pak soemarno, kami baru merewinding motor 3 phasa 500 Volt ampere 240 ampere dan rpm 1470. hasil pengetesan kami ;
    running test no load di bengkel motor dihubung delta 157 Amp. jika kami hubung star 35 Amp. hubungan asli motor delta. dengan hasil itu bagaimana menurut bpk?? karena enginer kami bilang itu terlalu besar ampernya jika 157 Amp..mereka berpendapat harusnya kisaran 70-100 amp dihub delta…mohon bantuan untuk solusinya .terima kasih
    Jawab:
    coba baca buku manual originalnya, umumnya arus beban nol kira2 1/5 arus beban. mungkin ada salah hitung saat rewinding. saat dicaba berapa lama dan panasnya berapa?

  21. dwi says:

    selamat siang pak.Saya mau mengusulkan memakai soft starter untuk starting compressor 450 kw. tolong dibantu bagaimana menghitung saving energy dengan menggunakan soft starter secara teoritis. Terima kasih sebelumnya.
    jawab:mngkin ada teman2 yg bisajawab lebih pas.
    setahusaya softstarter bertujuan utk memprkecil arus start dan putaran awal yg tdk mengejut. jika utk safe energy: pasang pengubah frequensi/speed ( inverter) atau motor dgn kapasitas yg sesuai ( ada di web ini).

  22. Usahadi says:

    Selamat siang pak, mengenai pembatasan start-stop motor listrik, saya pernah mengoperasikan motor 2000 hp, adakah standard tabel untuk motor 300 hp keatas, bagaimana dengan motor yang low voltage dan medium voltage apakah pembatasan start-stop dan jeda berdasarkan hp motor saja, Terimakasih,
    Jawab: apakah sdh baca artikel di web ini. dasar pertimbangan hal ini: bahwa arus awal itu bisa 6x lebih, jadi makin besar hp makin tinggi arus, jika belum ada di tabel pakailah kalkulasi pendekatan.

  23. levo says:

    Pak soemarno,,nama bapak kebetulan sama kaya SPV lama saya
    hehehe,,
    pak boleh minta contoh SOP Maintenance Motor pak?? ditempat saya masih minim sekali pak,,terima kasih
    jawab: ini SOP utk kerjaan apa?

  24. kid says:

    Dear Pak Soemarno, mau tanya Pak, lebih hemat mana jika kita start stop pompa dalam waktu kira2 2 menit dibandingkan dengan motor running terus?. hal yng menjadi pertimbangan adalah arus starting motor. thanks n regards
    jawab: apa yg dimaksud itu 2 menit start, 2 menit stop, dan start lagi ?

  25. anoa201 says:

    Dear Pa Soemarno, apakah ada tabel praktis untuk menentukan waktu start motor asynchron, berdasarkan bebannya selain dari perhitungan torsi beban, motor, dsb…Terima Kasih
    JAWAb: ada di web ini bisa di cari atau di buku name plate motor juga ada.

  26. icha says:

    Pak Soemarno saya mau bertanya, karena saya masih baru dalam mengenal motor ini, bagaimana cara membuat agar motor ketika di start-stop tidak cepat rusak? atau adakah solusi lainnya?
    Alat yang akan saya rancang adalah sebuah alat untuk mendorong object pada conveyor, jadi setiap object lewat maka setiap itu pula alat akan mendorong object dengan kata lain setiap itu pula motor akan bekerja, sedangkan ketika tidak ada object, maka motor akan berhenti bekerja.
    Mohon penjelasannya ya pak, saya masih sangat bingung dan minim pengetahuan soal ini.
    Terimakasih.
    jawab: saya kurang begitu jelas dgn maksudnya. umumnya motor listrik juga di pilih specifikasi berdasar pemakaian : al continue running, continue start-stop (intermitten). itu utk menentukan ketahanan. perlu jelas yg dipilh.

  27. Paul says:

    Pak Soemarno saya mau bertanya niy, cara mengurangi lonjakan arus pada motor kan biasanya dipasang rangkaian star delta tp masi terlalu tinggi lonjakan arusnya,
    saya ada rencana mau memasang inverter untuk mengurangi lonjakan starting arus pada motor, tapi harga inverter kan mahal, saya mau tanya apakah ada cara lain mengurangi lonjakan arus starting selain cara diatas, menggunakan rangkaian apa? untuk motor 110 KW, mohon bimbingannya ^_^
    jawab: star delta, inverter itu cara2 mengatur agar arus start bisa kecil. inverter itu juga menghemat pemakaan listrik. kerena bisa mengatur hanya sesuai beban motor.

  28. Rudy Fahmi says:

    Dh, Pak Sumarno..ijinkan saya untuk sharing pak, di tempat saya bekerja ada beberapa motor yang menggunakan VSD, didalam pengoperasiannya sering terjadi start-stop sesuai dengan muatan. Yang menjadi pertanyaan saya apakah bermasalah pak bila motor tersebut sering start -stop walaupun menggunakan inverter…terimakasih sebelumnya pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>