Gland packing pompa

Packing adalah bagian penting dari sebuah mesin atau peralatan, misal: pompa, valve, untuk mencegah bocornya media dari dalam peralatan tsb. Namun pada umumnya kerusakan dan bocor tidak mudah dihindari danwaktu/umur pakai susah untuk diprediksi kapan akan terjadi kerusakan. Kerusakan packing banyak disebabkan oleh kesalahan pemasangan ,tidak mengikuti procedure yang benar atau tidak mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen packing. Salah satu upaya untuk memperpanjang umur pakai adalah memasang dengan benar serta memilih specifikasi yang cocok untuk pemakaian media tertentu.
Kerugian pemakaian packing
v Bila bocoran 15 tetes per menit : total 350 liter per tahun
v Bila bocoran 60 tetes per menit : total 1400 liter per tahun.
Mechanical seal > packing
Ø Pompa dengan mechanical seal : Zero drop per menit
Ø Pompa dengan gland packing : 10 s/d 15 drop per menit
LANGKAH PEMASANGAN GLAND PACKING POMPA.
1 . Safety
Ø Siapkan permit untuk meminta kepada Bagian Produksi agar Pompa yang akan dikerjakan untuk di STOP dan diisolasi dari system. Pengisolasian itu meliputi : locking system,mengunci breaker dari motor listrik penggerak
Ø Mengosongi isi dari dalam pompa dan kita harus tahu jenis isi tsb. agar dapat mempersiapakan hal2 yang diperlukan untuk segi keselamatan kerja, a.l apakah perlu memakai :protective clothing, face mask, flushing.
2 . Packing removal
¨ Lepaskan nuts dan withdraw dari gland follower
¨ Keluarkan semua packing lama dari stuffing box dengan packing extractor
¨ Keluarkan latern ring jika ada
¨ Bersihkan stuffing box dan pastikan sudah tidak ada material yang tertinggal.
¨ Inspect/periksa dengan seksama kondisi shaft,shaft sleeve, apakah ada keausan, luka, goresan , retak dll
¨ Bila perlu penggantian shaft sleeve atau shaft harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang berulan-ulang.
3 . Persiapan pemasangan
q Tentukan ukuran packing. Ukur ID stuffing box dan ukur D dari shaft sleeve. ID dikurangi D dan bagi dua maka ukuran packing sudah didapat.
q Ukur kedalaman stuffing box untuk mendapatkan jumlah packing/ring yang diperlukan,dengan memperhitungkan latern ring.
q Pilih spesifikasi packing dan ukuran yang cocok .
q Sediakan pemotong packing yang tajam, agar bekas potongan tidak rusak.
q Siapkan mandril yang sesuai.
4 . Pemotongan
Pemotongan pada prinsipnya harus merupakan ring tertutup jika dilingkarkan shaft sleeve dan tidak berongga pada stuffing box..
v Jika materialnya merupakan spiral, lingkarkan pada mandrel dan potonglah dengan potongan sejajar atau 45 drajat terhadap shaft.
v Jika material packing memanjang ukurlah panjang dengan tepat , letakan di mandrel dan potong dengan sudut seperti tsb. diatas.
5 . Pemasangan
§ Ukurlah gap stuffing box dan check ukuran packing, pastikan ukuran sudah sesuai dan jumlah cukup untuk dipasang.
§ Check kebersihan stuffing box, kondisi shaft sleeve dan latern ring.
§ Ambil packing, cukup di twist (tidak di buka keluar ) agar tidak rusak, pasang dan putarlah shaft dengan tangan untuk memastikan pemasanagan yang baik . Pasang satu demi satu dan selalu diputar satu demi satu.
§ Bila perlu beri gemuk atau graphite lalu masukan ke stuffing box, bila perlu pakailah gland follower untuk menekan kedalam stuffing box.
§ Potongan packing diletakan sedemikian rupa sehingga tidak segaris satu dengan yang lain.
§ Posisikan latern ring berada tepat di lubang pipa pendinginan bila packing sudah ditekan dengan penekan packing.
§ Pasanglah gland follower (penekan packing), dan kencangkan.
§ Kendorkan lagi , sebab packing akan berkembang.
§ Kencangkan dengan tangan.
§ Selesailah pemasangan, Tapi perlu adjustment ,jika dijalankan.
6 . Packing adjustment
setelah packing dipasang perlu langkah adjusment, karena saat memasang awal tidak boleh langsung kuat.
q Jalankan pompa, pada awalnya bocoran besar dan seharusnya akan berkurang setelah 10 – 15 menit.
q JANGAN MENCOBA UNTUK MENYETOP BOCORAN SAMA SEKALI, AKAN MENGAKIBATKAN TERBAKAR.
q Penyetelan/adjustment dapat dilakukan selang 10 menit, setiap memutar/ mengencangkan nut kira2= 1/6 putaran s/d bocoran/ tetesan cukup hanya sebagai pendingin shaft, agar tidak terjadi overheating.
q Jika terjadi overheating maka segera distop dan biarkan sampai dingin.
q Mengendorkan penekan gland, bocorkan sedikit dan mulailah seperti tahap awal adjustment
SEBAB ***AKIBAT
Over tightening
q Merusak shaft atau shaft sleeve
q Membakar/merusak packing
q Overheating pada komponent lain;bearing, shaft, seals, lub oil
q Meningkatkan cost, material, manpower, produksi stop.
Under-tightening
q Kerugian akibat bocoran yang berlebihan
q Proces problem , loss vacum
q Pencemaran
q Meningkatkan cost.
Jika kita ingin zero leaking, pakailah mechanical seal terutama untuk produk mahal , berbahaya bila tercium dan atau mudah terbakar, tetapi lebih mahal.

33 Responses to Gland packing pompa

  1. Chandra MDE says:

    Pompa chiller saya ada juga sih yang bocor, tapi gak pernah kepikiran untuk ngitung debit per tahunnya. Kalo udah diitung gitu, jadinya kok ya banyak ya, Pak.
    Jawab:
    Terima kasih sudah membaca, harusnya kita belajar untuk menjadi tidak boros. contoh: jika dirumah ada air bocor dibiarkan terus (atau makan tidak habis), maka berapa meterkubik air (atau beras)terbuang percuma, kalau ada satu juta (saja)rakyat indonesia berbuat yang sama.

  2. Chandra MDE says:

    Oh iya. Blog Bapak sudah saya masukin Blogroll saya. :) Jawab; terima kasih atas hal tsb.

  3. soemarno says:

    P Chandra. Terimakasih atas linknya. dan mohon ditambah text linknya dengan title “Sharing Pengalaman Maintenance”. mohon saling membantu untuk menjawab/share comment.

  4. MArham says:

    salam kenal dan salam hangant pa`Soemarno. Satu kata buat bapak…salut dan luar biasa. Ilmunya masih ingin di share dengan kami yang jauh lebih muda. Sangat bermanfaat pa. Thanks bgt pa Soemarno..

  5. Ronny Wijaya says:

    Salam kenal Pak Soemarno..
    Sharing pengalaman maintenance benar2 membantu saya pak. Kebetulan saya baru berkecimpung di dunia maintenance.. Klo bisa tlg di bahas juga mengenai pompa reciprocating pak, mengenai masalah2 yg sering terjadi dan troubleshootingnya.. Regards, Ronny W.

  6. soemarno says:

    PRonny.Pompa reciprocating.apakah yg utk minyak2 mentah/berat di kilang? kalau itu biasanya problem utama al: piston ring aus, valve in/out/springnya rusak/patah/tersumbat. packing bocor.

  7. Ronny Wijaya says:

    Pak, pompa yg saya maksud memang dalam industri proses pengolahan minyak. tp pompa plunger ini berfungsi untuk menginjeksikan wash water. nah, kebetulan valve pompa ini sering mengalami kerusakan bahkan platnya patah pak…apakah faktor2 penyebabnya pak?dan hal2 apa saja yg mesti kita amati untuk mencegahnya? Regards, Ronny
    Jawab:
    screen intake tentu tidak boleh bolong, agar kotoran tdk masuk. plate valve pecah, mungkin karena kotoran shg plat tidak duduk rata dipermukaan. apakah terpasang damper/compensator?

  8. anto manan says:

    salam kenal Pak Soemarno, salut buat Pak Soemarno. dengan blog ini, bisa menjadi nilai tambah buat kita semua. gini pak, saya mau nanya dikit atau mungkin teman2 ada yang punya pengalaman dengan slurry pump ataupun mud pump. da rekomendasi tips2 atau mungkin punya pengalaman brand/maker pompa jenis ini yang ‘bandel’?
    Jawab:
    pompa slurry zaman dulu, pakai reciprocating pump ya. sat ini smpeyan pakai jenis apa. biasanya slurry itu panas dan cairan berat? ini biasanya jika “steam tracing” tidak baik, maka cairan menjadi lebih berat, shg sering2 macet atau gland packing mudah bocor. salam

  9. suggianto says:

    slam Pak Sumarmo,
    Saya mau menanyakan bagaimana cara menghitung besarnya flow rate air pendingin pada pemakaian gland packing pada pompa, karena kita ada program reduce water untuk pemakaian gland packing. regards,sugianto

  10. soemarno says:

    P Sugianto.Di tulisan diatas, utk packing gland memang hrs ada bocoran utk pelumasan,tapi tidak boleh terlalu banyak,direkomendasikan 10-15 drop per menit. sbg experiment, dicba ditampung/diukur, dan simpulkan berapa yg terbaik.

  11. Hanif amriana says:

    Pak,saya mau tanya,chiller tu untk mdinginkan pa ja? Sama gk cara kerjaY dgn cooler? Trz refrigerant yg d pke apa ja, n apa spesifikasi refrigerantY..Saya blm mengerti benar tntang chiller,mdah2n bs dpt informasi yg sdrhana dr bpk shngga saya bs mengerti.. Trmakasih,pak sumarno..

  12. Rachmad subandi says:

    sealing water apakah diperlukan untuk gland packing..? jika ya berapa debit yg disarankan..atau parameter apa yg dipakai untuk mengontrolnya..?
    jawab:
    tulisan diatas jelas, air utk pendinginan. controlnya tetesan, baca yg teliti.

    • azhar says:

      Sebagai pendingin untuk pompa menggunakan air.ambil contoh untuk pompa warman 8/6AH atau warman FFHX 8/6 menggunakan GSW(gland seal water).pada sisi stufing box sudah terdapat connector untuk supply air ke bagian gland packing.dengan susunan pemasangan packing ialah Neck ring,1 pcs gland packig,Latern ring,gland packing,setelah itu glan follower atau gland plate.air sebagai sealing akan d arahkan ke area packing oleh latern ring.smoga bermanfaat.
      Regards
      Azhar
      http://Www.Grandtwinsengineering.com
      JAWAB TRIMA KASIH

  13. rizki says:

    pak sumarno…
    saya minta tolong pnjelasan tentang shaft seal pada PLTA dan cara kerja serta kegunaannya pak…
    tolong dikirim ke e-mail saya pak..
    email saya : rizki.tian@gmail.com
    terima kasih sebelumnya…

  14. hery says:

    numpang tanya pak…apa beda packing, gasket, dan seal? sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    Jawab: mungkin kurang tepat, tapi kira2 sbb: kesamaanya, semua utk menahan bocor. gasket bentuk lembaran tipis utk dua permukaan rata. (casing pompa).packing bentuk spt tali utk dua benda yg satu gerak ( poros pompa dgn gland). seal spt packing dlm bentuk fabrikasi.

  15. Farah_MD says:

    Saya punya masalah Gland packing yang bocornya cukup tinggi pada pompa transfer.Liquid yang di transfer adalah crude oil dan condensate Mohon bantuannya pakai gland packing apa yang cocok untuk liquid tersebut.Terima kasih
    Jawab: jika gland packing bocor yg hrs di curigai adalah apakah shaft sdh aus, cara pasang sdh baik dll? utk condensate sebaiknya pakai mech seal. utk crude oil bisa kakai aramit atau, coba cari catalog, sebab nama/bahan sdh banyak sekali dipasaran.

  16. rein hs says:

    pak sumarno saya ingin bertanya saya ini punya problem di tempat saya bekerja,pompa-pompanya mcam-macam ada yang setrifugal dan ada yang non setrifugal yng jadi kendalanya pengoperasian pompanya lebih dari 24jam kebanyakan mechanical sealnya tidak kuat(tidak tahan lama) karna yang diproses cruad oil yang panasnya diatas 200derajat
    jawab: mungkin yg tidak tahan oil ring. atau crude masih kotor dgn pasir. jadi strainer harus baik. dan cari/tnya ke produksen seal ,minta yg tahan 200drajat

    • Adam Sutedjo says:

      Saya menambahkan saja jk menggunakan Mechanical Seal sebaiknya material yg digunakan tungsten – tungsten dan jangan menggunakan o-ring viton tetapi menggunakan ptfe .
      keterangan lebih lanjut atau anda membutuhkan mech. seal tersebut hubungi kami di 08129054635 terimakasih
      jawab: pemilihan itu perlu memperhatikan cairan yg di pompa. jadi tergantung sifat2 cairan yg di pompakan

  17. Bambang S says:

    terima kasih pak Soemarno Adibroto sudah berbagi ilmunya, walaupun saya bukan dari maintenance tapi sangat senang membacanya.

  18. Sam says:

    Terima kasih banyak Pa’ atas sharingnya…

    Sukses selalu…!!!

  19. artikel yang sangat informatif, mengenai masalah produk packing baik itu gland packing dll, memang membutuhkan sumber daya manusia yang profesional untuk menjalankan ( memasang, memperbaiki, dan merawat )

  20. arif says:

    Langsung aja ya pak sumarno,Sy kerja di perusahaan swasta bagian maintenance viscose. Punya mslh dgn gland packing,semua pompa setiap kami gnti gland packing,tahan cuma 2 hari. Hbs itu kmbali leakage yg besar,bukan cuma netes tp ngalir. Rata2 pompa kami pakai shaft sleve,knp ya pak kok cm brthn 2 hari,apa dari material gland packing,atau faktor lainnya. Pdhl kami cara pasang dah sesuai sop,shaft sleeve jg dah di cek, tak ada keausan,apakah hrs ada modif di bagian tab. Trms
    jawab;ada banyak sebab, material apa ssuai, cara pasang, saat awal perlu ada pendingin-jika tidak akan cepat terbakar, kondisi shaft sleeve apa juga baik?

    • Anggi says:

      Kami manufacturing Gland Packing, Gasket & Thermal Jacket.
      Silahkan menghubungi kami di 021-82415897, 0812 8164 4425

      Regards,
      Anggi
      Marketing

    • oma says:

      Coba Pake Gland Packing dari NIPPON PILLAR
      Bapak Bisa Hub sy di :082125755156

    • Adam Sutedjo says:

      Jk Medianya cair maka sebaiknya menggunakan Mechanical Seal , keuntungan mechanical seal shaft sleeve tdk rusak , dan tdk ada kebocoran .
      kamisediakan mechanical seal hubungi kami 08129054635
      jawab: ya hitung lah secara ekonomis, misal air mungkin tidak perlu mech seal.

  21. hasymrahman says:

    selamat pagi pak soemarno pak saya ini mau bertanya masalah bentuk stuffing box itu seperti apa? karena saya bingung kalau cuma liat di gambar hanya menunjukan arah dan part numbernya saya pingin lihat seperti apa bentuknya dan mohon bantuanya untuk untuk memberikan gambar realnya. terimakasih atas bantuanya.
    jawab; yg paling tepat ya lihat barangnya, pergi ketempat pompa, apa ti toko atau pabrik yg pakai ponpa.

  22. fery ganesa says:

    Dear : pak sumarmo
    Menarik membaca sekilas gland packing bertahan hanya 2 hari…mungkin ini sama kejadiannya..
    Pompa feed water boiler ini setiap kami ganti gland packing dan membersihkan grease yang terkena air pada bearing..saat pompa dinyalakan selama 5 menit sudah jebol..padahal pemasangan sudah sesuai sop..shaft,oil ring,bushing masih bagus..mohon bantuannya..thanks
    jawab:maaf ya jika tidak bisa memberikan solusi, karena saya memang tidak dapat melihat langsung masalahnya. ini glang packing atau mechanical seal. ditulisan sebelunya dua2 disebut. jika gland packing, ada kemungkinan sbb: shaft sleeve sudah bergelombang, axial bearing terlalu besar, bahan gland seal tidak cocok. dan setiap bocor terus akan memasukan air ke bearing. apakah terjadi lama atau baru2 saja. apakah sebelumnya juga dgn material yg sama. apakah sdh dipastikan cara masang benar ( misal cara motong, cara masang), juga cara menjalankan pompa.

    • oma says:

      Coba Pake Mechanical seal,..gland packing dari NIPPON PILLAR

    • Silalahi says:

      Saya sarankan menggunakan Gland Packing CHESTERTON dan untuk menghindari rebesan air masuk ke bearing saya sarankan pakai bearing isolator CHESTERTON atau INPROSEAL. jika ingin lebih tau product tsb bs hub saya. thanks

  23. Akuen says:

    Sinar Mandiri

    Kami General Supply Industrial Produk Utama kami adalah
    Menjual Gland Packing, Packing Klingrit, gasket, Asbes, tali, pita, kain, spiral wound gasket, PE, Pu, PTFE / Teflon, Silicone, Nylon, Acriylic, Rubber, PVC Curtain Strip, Fiber Glass, Roock Wool, Glass wool, Almunium Foil, Double, Singel, VIlt woll, Chemical Dan Lian-lain

    Untuk Pemesanan Bisa Hubungi:
    Sinar Mandiri
    telp: 021-62320339
    fax: 021-62320339
    web: http://packinggasketglo-dok.indonetwork.co.id/

  24. Didi Ruspandi says:

    Selamat pagi Pak Soemarno
    Yang ingin kami tanyakan apakah efek dari penggunaan Slurry Pump dijadikan untuk memompa air di suatu kolong
    jawab: air kolong itu apa ya?specifig gravity beda,tapi mungkin tdak masalah. yg penting tidak cairan tidak kotor.coba saja, jika tidak ada bahaya.

  25. ACENG says:

    Tolong dijawab pak,,, glanpacking yang paling cocok untuk vacuum pump itu jenis apa? dan merk apa? saya sedang ada kendala di pompa yg sya servis meski sudaah memakai glandpacking tetapi masih bocor… terima kasih..
    jawab:bagaimana kondisi gland packing, apa ada pendinginan packing dan keadaan bagaimana. sebelumnya pakai packing apa dan berapa lama tahan, saat buka packing lama kondisi rusaknya spt apa. tolong data ini di jawab dulu

  26. ACENG says:

    kondisi gland packing baru pak,, tidak ada pendinginnya,,saat dibuka yang lama sudah rusak,kondisinya seperti terbakar mungkinkarna pemakaian,,,sampai saat ini blm dapat spec yg cocok untuk vacuum pump,, karna ada claim dari cust. masih bocor,, hrsnya kan hnya menetes saja.
    jawab,saya masih belum jelas, pompa ini memompa cairan apa dan berapa tekanannya, kalau rusaknya hangus ya tentu overheat atau terbakar, yag berarti kurang pendingan atau terlalu kuat/kencang baut pengikat gland,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>