Toleransi alignment

main2

Saat ini belum ada standard toleransi baku yang dipublikasikan Lembaga Standard seperti ISO atau ANSI. Dari semua tabel terlihat bahwa Rpm

semakin tinggi dan diameter kopling semakin besar maka toleransi harus makin kecil. Sesungguhnya harga yang harus dicapai harus nol atau Zero misalignment (dalam kondisi mesin operasi atau hot alignment)

Toleransi dikutip dari buku Vibralign
Angular Misalignment             Offset Misalignment
Mils per inch .001/1″               Mils .001″
Toleransi1
Tolera 2
Tabel Toleransi (dikutip dari buku Maintenance Technology )
Toler 3
Toler4

Pemahaman toleransi
Secara historin toleransi mulanya dihitung oleh pembuat kopling , sebagai batas aman untuk sebuah flexible kopling setelah di alignment memakai penggaris dan feeler gage.
· Misal ada pabrik kopling yang memberikan rekomendasi untuk angular misalignment sebesar 3 derajat dan 0,075 ” (75 mils) utuk offset mis-alignment. Di center kopling

 

Tolr5

PUMP    MOTOR

 

· Gap Toleransi, pabrik kopling yang memberikan toleransi tertentu degan istilah Coupling Fase TIR ( misal tidak lebih  dari 5 mils), artinya penunjukan dial (Total Indicator Reading) pada face permukaan kopling tidak lebih dari harga tsb. Atau vertical parrallel misalignment tidak boleh melebihi harga tsb.
Jika dia kopling 5 ” , maka angular misalignment = 5 mils / 5 inchi = 5 mils / 1 inch. Bisa dikatakan 1 mils per 1 inch jarak axial sepanjang sumbu shaft .
Jika diameter kopling 10 inch, maka toleransi tsb menjadi lebih persisi yaitu 5 mils / 10 inch = 0,5 mils/1 inch.
Jadi toleransi Couplig Face TIR 0,5 mils masih cukup baik untuk di gunakan referensi.
Kesimpulan :
Dari beberapa referensi disimpulkan bahwa diameter kopling, jarak kopling dan  putaran mesin menjadi faktor utama memberikan toleransi sekecil-kecil nya.
Tetapi yang terpenting ialah menghitung ‘thermal growth” (perubahan panjang/tinggi/pendek mesin akibat berubah suhu ) untuk menentukan target cold alignment, sehingga mesin dapat mencapai sumbu dalam kondisi koliniar.
Riset SKF (pabrikan bearing) menyimpulkan: akibat misalignment, beban tambahan bertambah  3 kali. Umur bearing ball/roller berkurang  dengan faktor 27
(silahkan jika mau menambah, mengkoreksi dll)

52 Responses to Toleransi alignment

  1. Miko says:

    Yth. Pak Soemarno terimakasih atas sharingnya. Pak apakah ada kategori panas untuk kondisi alignment kopling saat kondisi running ya? (panasnya normal atau tidak). Jika ada misalignment kopling pola panas memang dapat dilihat Pak, tetapi kalo panas yang diijinkan untuk mampu bertahan misaligment saya belum dapat. Maturnuwun sebelumnya

  2. soemarno says:

    PMiko.tanda kopling misalignment dpt dilihat al: vibrasi,panas pd kopling/bearing. sebetulnya berapa besar misalignment lebih teliti dilihat dari vibrasi.sebab panas itu akibat dari vibrasi. yang harus kita putuskan. apakah misalignment masih memungkinkan mesin masih dpt beroperasi lama,atau harus segra di”alignment”. panas yg berlebihan mungkin misalignment sdh besar:akibatnya (dikopling,bearing)mengubah viscositas pelumas,keausan copling/bearing. kerusakan fatal mesin.

  3. Dadang Sutarman says:

    pak saya mau tanya tentang type oli:CALTEX RANDO HD-68,CALTEX MOLYGREASE EP-2,CALTEX ULTRADUTY 2,NBU 15,CALTEX VICATAC 68,shell TONNA 68,VACTRA 2,ESSO FEBIX K68,CALTEX RANDO HD 32,shell TELLA 32,DTE 24,ESSO MUTO H32..contoh merknya apa dan persamaannya merk apa aja?mksh sblmnya.
    Jawab: diweb ada tulisan komparasi lub oil, tapi masih kurang. cara cerdik: baca spesifikasi al: viscositas, editive,base oil, penggunaan dll kemudian cari pengganti. (angka2 68,2,32 biasanya ada artinya misal visc=68) sedang pembuat mencantumkan nama. saran sebaiknya sedikit mungkin merk yg di pakai, agar tidak menimbulkan kekeliruan/campur.

  4. voller harefa says:

    pak, saya mw minta tolong dijelaskan untuk batas2 toleransi alignment di atas, karna klw di lapangan kita pakai satuan mikron, terima kasih pak
    Jawab: coba di konversi dr in ke metric. mungkin di buku alignment saya ada metricnya.

  5. ridwan says:

    pak saya mau tanya, saat aligment ada istilah radial n axial apa pengertiannya, tolong jelaskan dan gimana cara aligment nya, terima kasih
    Jawab: panjang banget nerangkan, dibuku alignment jelas 150 halaman.

  6. Wanda ramadhon says:

    Slamt pagi pak,salam kenal. sya wanda dan sya tertarik dgn buku praktis alignment apakah skrng msh ada dan bgm cara pemesanannya.trimakasih.
    Jawab: sdh kami kirim, semoga bermanfaat.Utk Alignment bisa transfer100.000 rupiah rek .Bank BCA , Soemarno Adibroto 2010241696 .

  7. M RUSDIONO says:

    pak, sekarang masih ada bukunya, kalau masih ada bagaimana saya mendapatkanya,apa masih sama caranya (by transfer BCA)
    Jawab:
    masih ada dan berikan email anda, akan sgra tak kirim.

  8. sofyantoro says:

    Ass.pak soemarno?saya mw nanya,bgaimana untuk menentukan nilai vibrasi normal dari disuatu motor,apkah hrus merujuk pd Rpm Dan Besarnya ampere atau bgaimana pak?mungkin bs let email saya jawabanya pak,ini email saya. sofyantoro@gmail.com. Terimakasih pak?

  9. Joni says:

    Ass. Pak Soemarsono Saya tertarik sama bukunya bagaimana cara saya mendapatkannya, dan sama price list catalog buku yang lainnya pak, konfirmasi Lewat email aja pak jonibudiarto@yahoo.co.id
    jawab: sudah dikirim, apakah bisa menerima?

  10. mizi says:

    lam kenal pak .saya cukup lama berkecimpung dalam bidang alignment, dan saya membuat buku tentang alignment juga, dari metode@ dan pengukuran matematik sampai grafis berbahasa indonesia praktis berikut. mungkin bapak bisa meriview nya? bapak bisa menghubungi saya di riza.romizi@gmail.com mohon saran nya pak.
    Jawab: baik kita bisa saling mengisi , bisa hubungi di email sadibroto@ipmpaiton.com

  11. muis says:

    Ass. Pak Saya tertarik sama bukunya bagaimana cara saya mendapatkannya? Mohon di komfirm lewat email. Thanks
    Jawab: akan segra di kirim.

  12. riuh says:

    pak numpang nanya nih,sebenarnya mana yg lbih didahulukan pd saat me allignment gearbox dgn motor,apa dari kiri kanan dulu( posisi 3 & 9) apa dari atas bawah (posisi 6 & 12).
    jawab:
    jika anda memakai cara reverse indicator, koreksi bisa sekaligus kedua posisi tsb.

  13. DUDUNG PERMANA says:

    pa! sy minta no tlp./hp bp yg bisa sy hubungi.tk
    Jawab: no HP beri tahu saya.

  14. Toto Riyanto says:

    Pak soemarno saya berminat dgn buku alignment praktis tulisan bapak bagaimana cara mendapatkanya ? dan apakah ada buku lain tulisan bapak yang berkaitan dengan rotating equipment kalau ada minta list nya biar saya lihat dulu buku apa yang cocok dengan pekerjaan saya sebagai mechanical rotating inspector.
    terima kasih
    jAWAB: sudah dikirim, semoga bermanfaat

  15. toto riyanto says:

    uang 100rb sudah sy transfer di rekening mandiri 1430004605729 pada tanggal 09 mei 2012 jam 16.06. terima kasih atas bukunya

  16. hormalam silaen says:

    Dear P’ Soemarno,
    Sebelumnya salam kenal, Pak.
    Pak, saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan distributor pompa pemadam kebakaran, pompa air bersih, pompa air kotor n pompa HVAC.
    Dimana semua pompa tersebut dikopel dengan driver motor listrik. Adapun jenis coupling yg kita gunakan adalah flexible coupling FCL. Untuk memastikan apakah alignment coupling kita sudah 0 (nol), kita hanya menggunakan mistar baja yg kecil.memang utk pompa fire, kita hampir tdk pernah terima complain dari customer, tapi utk pompa air bersih ( booster pump ) dan pompa HVAC, kita pernah mendapat complaint dimana baut mur FCL coupling longgar semua n diminta utk dikencangkan kembali. Kalau menurut analisa saya, ini akibat alignment yg tdk benar2 0 (nol) n ditambah karena frequensi kerja pompa booster n HVAC 2 jam. Yg jd pertanyaan saya adlh apkh analisa sy ini benar n apkh alat mistar sudah cukup sbg alat utk mengukur alignment ataukah ada alat yg lain lg yg lbh akurat ?. Mohon pencerahannya,pak. Terima kasih
    Jawab: alat yg paling sederhana tapi cukup profesional pakailah “dial indicator”

  17. budi set says:

    pak, minta list bukuny yah, ane minat nih…
    matur nuwun..

  18. Edy Eriyanto says:

    Selamat malam
    Saya berminat dgn buku alignment praktis tulisan bapak dan saya ingin tahu bagaimana cara saya mendapatkanya?
    Disamping itu apakah ada buku lain tulisan bapak yang berkaitan dengan rotating equipment? salam Edy
    jawab: sdh dikirim. ada buku lain “motor listrik” apakah berminat?

  19. Mirza Febriyandi says:

    Pak Soemarno, saya berminat dengan Buku praktis Alignment, gimana cara mendapatkannya?
    jawab: sudah dikirim, jika diterma&bermanfaat, kabari

    • Mirza Febriyandi says:

      softcofy BPP Alignment udah saya terima pak, makasih. dan uang udah saya transfer ke rek. BCA bapak. udah saya email ke bapak, tapi blm ada balasan.
      jAWAB: saya jarang ngechek, jadi kalau sdh dikirim ya trima kasih.

  20. rully says:

    Pak soemarno,
    mohon bantuan infonya. saya pernah melakukan alignment pada pompa & motor dgn dial gauge. 1.untuk posisi magnet dial saya tempatkan pd coupling / shaft motor saya re adjust posisi motor sampai nilai terkecil, & akhirnya final baut sudah sangat kencang & kondisi ok. kemudian saya coba posisi magnet dial saya pindah ke posisi copling/shaft pompa nah disitu ada penyimpangan perbedaan nilai dial antara posisi magnet di motor & di pompa. hal ini disebabkan karena apa?
    jawab:
    1) apakah soft foot dan pipe strain sudah di cek dan baik, karena saat di kencangkan bautnya pasti berubah alignment.
    2) pakai model satu dial, memang hasilnya tidak akurat, sebaiknya pakai 2 dial (sekaligus) seperti dlm buku saya.3) clearence dan endplay masing mesin perlu di perhitungkan. 4)saat memutar shaft/dial juga hati2, apakh goyang/berubah dll.

    • ardiamsyah says:

      kalau boleh saya bantu ,mungkin bp ruly belum memasukan data BAR SAG (niali selalu “-”) terlebih dahulu.pengambilan data awal (rim &face)itu masih nilai TIR (total indikator reading),kemudian bapak bisa kalkulasikan nilai TIR dan BAR SAG akan mendapatkan nilai yg real.baru kemudian hitung hasil tsb.pasti mendapatka nilai yg sama .TK

  21. miraldeem says:

    Saya sangat tertarik melihat posting disini,.tap saya kurang faham. Saya salah satu oiler (assistance engineer) disalah satu perusahaan pelayaran.
    JAWAB: YA KITA BLAJAR TERUS UTK FAHAM. kita kan tidak lahir terus pinter. maju terus pantang menyerah.

  22. miraldeem says:

    Saya penasaran setelah mendengar istilah axial & radial saat mekanik ship dockyard sedang melakukan pergantian shield as propeler, mereka mengukur axia & radial pada plan sambungan as propeler ke as gear box menggunakan scuifmat dan feleer gauge.
    Apa bener pak, axial itu adalah jarak antaran plannya, dan
    Raadial itu jarak antara dimeter plannya.
    Yang ingin saya tanyakan, ketika gap/jarak antara planya itu berubah atau karena proses pergantian shield propeler tadi,apa yang akan terjadi sedakang itu harus disatukan baut rapat lagi, jadi untuk apa gap itu diketahi ???
    Terimakasih pak,.salam sejahtera
    jawab: utk kausu ini saya tdk bisa jawab, karena saya tidak tahu maksud penanya dan juga susunan mesin.
    yg umum kita perlu tahu axial dan radial clearence mesin2 rotasi, hal ini utk mengetahui dan mencegah saling mempengaruhi(yg berakibat rusak) antara kopling, penggerak, gearbox dan mesin yg digerakan. misal (engine,gearbox&propeller). atau bertanyalah kepada yg mngerjakan.

  23. sanusi says:

    Mohon alamat & no telpon

  24. aris says:

    pak, bagaimana cara mengetahui toleransi dari motor dan gearbox. terima kasih
    jawab; jika anda baca di buku alignment. diketemukan itu. fator diameter kopling juga mentukan. yg paling penting diperhatikan juga panas/temperatur saat operasi.muainya perlu.di[erhitungkan.

  25. nurrohman says:

    salam kenal pak saya mau tanya berapa toleransi bearing dan knp bus only baut murnya sering lepas
    jawab: ini beraing apa? anti friction (rolling) atau sliding. kalau sering lepas itu pasti ada yg salah, periksalah lebih teliti.

  26. Muhammad Taufik says:

    Pak marno saya sudah transfer ke rek.bca bapak Rp.100005 untuk pembayaran buku alignment padstgl.4 April 2014 mohon untuk dikirimkan buku dimaksud diatas.Terima kasih
    jawab: baru buka, sdh dikirim semoga bermanfaat

    • depi yadi says:

      Selamat pagi pak soemarno.
      Pak saya mau beli buku alignment bisa dikirim kealamat emai
      Saya pak. Ini alamat email saya pak. de_denov@yahoo.com
      Saya akan transfer uang least rek.bca bapak .
      Wassalam.
      jawaB ; sudah dikirim smoga bermanfaat.

  27. sutris says:

    Pak saya mau tanya gmana jika saya harus aligment turbin dan jika radial bearing liner 0,20mm
    jawab,maaf ya 0.20 mm itu tebal beraing atau clearence bearing. dan in dialignment dgn apa? generator kah.

  28. fahdi says:

    terima kasih banyak pak atas sharingnya sangat membantu untuk saya sebagai pemula…

  29. Nursahid says:

    artikel website ini sangat bermanfaat.Lanjut terus pak.
    Jawab.jika mau ikut ngisi yo silahkan

  30. laskar says:

    Pak…tlng kirimi list buku yg pak soemarno punya….ke amail agusjulianto72@yahoo.com…thank.pak…kalo ada tentang maintenance electrician technician in gas n oil …..matur nuwon sanget pak…
    jawab: saya akan kirimi versi PDF , mudah2an bermanfaat.

  31. Asep Rudi Mulyana says:

    Tks untuk sharing ilmunya pak
    jawa: anda juga dapat ikut ngisi. Terima kasih sudah mau membaca

  32. RIKI PERMANA SIDIK says:

    selamat pagi pak..
    terimakasih banyak pak atas sharing ilmuny, saya riki permana, usia 20 thn, sy mahasiswa teknik mesin
    saya mau tanya tentang toleransi standar run out shaft/poros itu berapa pak ?
    jawab: ini saya kutipkan dari buku alignmen saya.
    Run out harus di chek sebelum melakukan alignment, agar kita dapat melakukan pekerjaan secara benar dan dengan waktu yang cepat dengan hasil yang dapat dipertanggung-jawabkan. Namun keadaan sempurna/tanpa run out sulit akan kita dapatkan. Dibawah ini harga run out yang masih diperbolehkan, makin tinggi putaran (Rpm) mesin makin kecil toleransi.
    rpm 0-800 = 0,10 mm TIR, 800-3600 rpm= 0,05 mm TIR, >3600rpm = <0,05 mm (TIR = total indikator rading)

  33. jimmi simatupang says:

    Selamat siam om miko. Saya Jimmi mau bertanya bagaima ya cara perhitungan untuk menemukan jenis dan ukuran coupling yang pas untuk sebuah kondisi mesin. Dan aspek penunjang apa lagi yang harus di perhatikan agar usia pakai copling itu lama. terimakasih

  34. jimmi simatupang says:

    Selamat siang pa soemarno Saya Jimmi mau bertanya bagaima ya cara perhitungan untuk menemukan jenis dan ukuran coupling yang pas untuk sebuah kondisi mesin. Dan aspek penunjang apa lagi yang harus di perhatikan agar usia pakai copling itu lama. terimakasih
    jawab: untuk menentukan pilihan, ada beberapa pertimbangan al” power dari mesin yg akan di kopel, putaran mesin dan sifat mesin menentukan jenis kopling. coba sebutkan data2 ini jika ada.

    • Yudian nagara says:

      Dh pak jimmy,

      Mungkin saya bisa sedikit bantu saran untuk kebutuhan coupling bapak, jika equipment yg bapak merupakan equipment centeifugal saya sarankan untuk menggunakan membrane coupling, hingga saat ini masih membrane coupling yg dinilai paling handal karena free maintenance. Tp aligmment & dbff harus ok.

  35. Angga JR says:

    ass, selamat malam pak
    Saya berminat dgn buku praktis alignment bapak,
    untuk menambah ilmu saya sbgai pemula. Tolong d bls, Terima Kasih
    jawab: belajar terus agar tidak ketinggalan pengetahuan.

  36. angga says:

    ass, selamat siang pak
    saya berminat sama buku praktis alignmet bpak, terima kasih
    jawab. sudah dikirim. semoga bermanfaat. mohon maaf ya terlambat membuka web

  37. kelik virgiantoro says:

    Assalamualaikum pak.
    Saya virgiantoro. Saya sudah transfer kerekening bapak via rekening mandiri atas nama saya sebesar Rp. 100.000 tadi malam tanggal 6 April 2016, kurang lebih jam 8 malam lebih. Mohon dikirimkan Buku Panduan Praktis Alinment ke email saya: kelik.virgiantoro@gmail.com.
    Atas perhatiannya diucapkan terima kasih
    jawab: akan segra akan dikirim segra, semoga bermanfaat.

  38. syaiful says:

    Pak bagaimana cara membeli bukunya

  39. syaiful says:

    Pak gimana cara pesan bukunya
    jawab: buku apa ya

  40. Djunaedy says:

    Pak boleh minta no tlf nya pak.
    jawab: tlpn mu brapa, nanti saya telepon

  41. yoga pranata says:

    Yth, Pak Sumarno
    Mau tanya Pak,saya punya kasus seperti ini
    Gearboks menggunakan bantalan metal, sedangkan motor menggunakan bearing (rpm 750) Ø kopling Ø 560, berapa besaran toleransi shaft alignment yang harus saya pakai Pak, apakah mengikuti standar toleransi yang ada?
    Atas perhatiannya, terima kasih.
    jawab:toleransi itu relative. tentu sekecil mungkin, di web, atau di buku saya mungkin ada panduan toleransi. tapi juga faktor lain perlu diperhatikan al:jenis kopling,soft foot, thermal growt. gerakan axial semua (kopling, gearbox, motor juga diperhitungkan=intinya axial movement jangan saling memeberikan toleransi/akomodasi).dibuku alignment juga ada dibahas.

  42. syaiful rochim says:

    Saya perlu buku aligment , dan beberapa buku lain tentang maintenance , tolong kirim data buku dan harganya ke email saya pak .
    Trima kasih syaiful R
    jawab: akan segra dikrim.

  43. Anto says:

    Saya perlu buku aligment , dan beberapa buku lain tentang maintenance , tolong kirim data buku dan harganya ke email saya pak .

  44. Zaki says:

    Saya berminat dengan buku alignment bapak dan bila ada buku lainnya tentang maintenance agar dapat diinfokan ke email saya bagaimana cara mendapatkannya, tks
    jawab: segra diinfokan lewat email

  45. priyatna effendi says:

    mohon pesan buku aligment
    jawab: segra dikirim

  46. Muhamad Sanusi says:

    Yang Terhormat Bpk. Soemarno
    Mohon informasinya bagaimana saya bisa memiliki buku tentang alignment dan maintenance pompa, terima kasih atas bantuan yang diberikan.
    jawaB ; sudah dikirim, semoga bermanfaat.

  47. Oges Foler says:

    Yth, Pak Sumarno
    Perkenalkan saya Oges pak, mohon informasi nya pak.
    Pada ID Fan boiler di pabrik saya menggunakan motor 30 Hp dengan RPM 1465. ketika motor dicoba tanpa beban (kopling di lepas) motor bisa mencapai RPM maksimum, dengan Ampere yg rendah. Tetapi ketika dipasang kopling/bebannya (impeller ID Fan) RPM 900, ampere sudah mencapai 47 pak. Apakah itu dikarenakan dari mis alignment atau bagaimana pak, mohon dibantu pak mencari solusinya.
    Terimakasih pak
    jawab: sepertinya ini akibat beban yg terlalu besar. seharusnya Rpm tidak terlalu rendah dari 1465 menjadi 900 rpm ( ini yg kurang ngerti). yg jelas dari arus itu overload.

  48. Dedy yulianto says:

    Selamat malam pak, saya ingin menanyakan perihal aligment dengan laser. Apakah dengan system aligment dengan laser bisa mengukur kesejajaran couple jika terdapat ukuran diameter luar couple yang berbeda? Karena saya pernah membandingkan jika memakai dial dan laser terdapat hasil yang berbeda saat kedua couple mempunyai ukuran yg berbeda. Mohon penjelasannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>