Lima Tips Optimalisasi Kopling

main3

Kopling mampu bekerja optimal dengan livetime panjang, tetapi memerlukan upaya2 yg al sbb :

Banyak  macam cara orang memberikan pembagian type atau klas, dan dibagi lagi menurut sub-type dsb.
Nenurut cara kerja kerja bagian kopling dapat digolongkan : type Sliding dan type deforming.
Type Sliding yaitu kopling yg terdirir dari dua bagian dapat bergerak sliding satu dengan satunya dalam mengakomadasi gerakan axial dari  dua mesin yang di kopel tsb. contoh: kopling jenis gear
Type deforming yaitu kopling yg terdirir dari dua bagian yang dihubungkan oleh bagian dapat berubah bentuk (melentur, memanjang) thd dengan satunya dalam mengakomadasi gerakan axial dari  dua mesin yang di kopel tsb. contoh: kopling seperti bola karet, kopling type flex.
(baca di artikel Kopling)
Menurut  sistem lubrikasi : lubeless coupling dan lubricated copling.
Lubeless coupling : kopling yang tidak memerlukan pelumasan : kopling kategori deforming
Lubricated coupling : kopling ketegori sliding.
Sering terjadi kopling cepat aus pd bagian yang sliding ini disebabkan karena misaligment : misal  kopling gear ,grid, dan jaw . Deforming kopling : disc,diaphragm, elastomer merupakan jenis kopling yang rendah maintenance cost, karena tidak memerlukan pelumasan .
Jenis kopling apapun harus di upayakan agar mampu memberikan performance yg optimal.
Al  dengan 5 tips sbb:
1. Lakukan dgn Konsisten cara, methode : pemasangan dan perawatan, kopling harus di pasang/dialignment sesuai dengan petunjuk manual. Perawatan harus mengikuti manual dan di improve dengan pengalaman yang sudah teruji (proven). Biasanya manual installation & maintenance  tidak terurus / hilang. Historical record setiap mesin/peralatan harus di catat secara rapi, terus menerus. Secara pirnsip histori, sekurang-kurangnya terdiri dari: manual instalasi ,perawatan,operasi dan semua perwatan/perbaikan yang pernah dilakukan dan renaca tindakan improvement.
2. Tahu batasan aligment atau spesifikasi kopling. Spesifikasi Alignment kopling itu terdiri dari kombinasi : shaft offset, sudut dan axial movement harus diketahui sebelum memasang. Harga axial actual pemasangan kedua mesin tidak boleh lebih besar dari axial kopling, atau melampau harga flexiblelitas  kopling jika lebih besar berakibat al: bearing thrust mesin panas/rusak, dua bagian kopling akan tarik menarik / rusak.
Utk jenis deforming kopling axial yang berlebihan akan membuat constant deforming dan mengakibatkan constant strees , sehingga menurangi kemampuan utk mentransmit torque dan mengatasi angular misalignment. Oleh sebab itu sangat penting utk familier dengan batasan berapa besar misalignment dan recommendednya bagi setiap kopling yang sedang di tangani, dapat  diketahui dari manualnya.
3 Memasang baut tidak boleh terlalu kencang atau terlalu kendor dan harus sama kekencangan stu baut dengan yg lain, Ini dpat dilakukan dengan alat/kunci torsimeter. Baut juga merupakan bagian yang meng-transmit torque, berarti ada shear strees. Jika terlalu kuat baut mengalami strees tarik dan shear/potong, hal ini mengurangi kekuatan baut bahkan mudah timbula kerusakan. Jika terlalu kendor dapat menimbulkan lepas dan tidak mating lagi.
Jadi baut kopling sudah di rancang besarnya pas dengan lubang baut, dan kekencangan harus sesuai stnadart, tidak boleh diganti dengan beda ukuran. Besarnya sesuai dengan beban yang akan di pikul. Beratnya harus sama agar tidak menimbulkan unbalance. Letak baut di lubang kopling usahakan tidak tertukar sebelum dan setelah dipasang, baut dan nutnya jangan tertukar, jika membongkar buatlah tempat baut dengan nomor dan lubang sama dengan kopling.
4 Pakailah lubrikan/grease yang tepat. Lubrikan merupakan darah-hidunya kopling (jenis lubricated). Lebih dari 50% kerusakan premature, disebabkan masalah2 grease: terlalu lama tidak diganti, bocor, kebanyakan/kekurangan, salah pilih spec, sebagai orang maintenance harus menjadari bahwa grease kopling tidak sama dengan grease bearing. Lubrican bearing memakai (National Lubricating Grease Institute) NGLI grade 2  sedang utk kopling memakai NGLI grade 1. Viscositas Grade 1   mendekati vis Oli.
5 Lakukan Preventive Maintenance. Hal in juga dapat dilakukan dengan tanpa harus berhenti operasi atapun harus membongkar. Dengan alat thermografi kita dapat mengetahui dan mendeteksi apakah ada kelainan2 dengan indikasi panas2 yang berlebihan. Sehingga dapat dilakukan rencana tindakan2 lanjutan, misal regreasing, realignment, ataupun penggantian2 bearing mesin yang dikoplel.
Untuk on line inspeksi kopling “disc flex” dengan  menggunakan strobe-light. Dengan mengatur “flash” dapat diidentifikasi apakah disc flex/pack  apakah buckling, karatan atau retak.
Jadi paling tidak ada 5 hal tsb diatas kita dapat memperpanjang umur  (live time) kopling bahkan juga mesin yang di”koplel”. Mesin dan kopling merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi umurnya.

10 Responses to Lima Tips Optimalisasi Kopling

  1. dadang sutarman says:

    Di dalam buku ada contoh gambarnya tidak pak
    Jawab: ada gambar dan grafis2

  2. dadang sutarman says:

    pak Bagaimana cara melakukan pemeliharaan pada mesin bubut CNC dan apakah bapak punya buku manual mesin bending CNC dan Shearing CNC soalnya buku punya saya hilang

  3. soemarno says:

    PDadang. mesin2 tsb.tentunya spesifik,artinya tidak general(misal pompa centrifugal=semua jenis ini maintenancenya hampir sama.maaf saya tidak punya. Dicoba minta copy dari pabrik pembuat mesin tsb.

  4. Ditempat kami terjadi (11/10/09) pompa BBM patah pada poros pompa dan poros motor penggerak bengkok, dengan data, sbb;
    1. Pompa kapasitas 243.9 m3/jam, total head: 97.6 m,
    speed: 2950 RPM.
    2. Motor Listrik kapasitas 90 kW, speed 2955 RPM, tegangan/arus 3 ph 380V/ 155A.
    Untuk itu mohon penjelasan dari kejadian tsb, mengingat,sebelum kejadian tidak ada indikasi yang mencurigakan, vibrasi masih dalam batas normal, arus demikian juga, jam operasi masih dibawah 4000 jam (manual book). proteksi motor hanya overload relay saja, jenis kopling rubber sliding. Atas bantuan dan kerjasamanya terima kasih.
    Jawab: maaf ya.
    utk dpt menjawab perlu tahu al: bekas patahan/dibagian mana, bacaan/data alignment, data clearence radial/axial/,temp kerja. ada kemungkinan patah akibat ciclic dari vibration.

  5. tri handoyo says:

    Pak saya mau menanya mengenai kerusakan rubber coupling,apakah kerusakan pada rubber itu bisa dikatakan terjadinya misaligment pada mesin?atau ada penyebab lain.thanks.
    Jawab: kalau cepat rusak mungkin karena misalignment, kalau lama ya life time/karena usia.

  6. Vhiya Qinaya M. says:

    Terima kasih sharingnya Pak Marno, saat ini saya baru setahun bekerja di Rolling Mill Plant baru di Banten dan dari awal kerja saya diberi tanggung jawab untuk memanage seluruh Maintenance pada sebuah Plant baik electrical maupun mekaniknya. Seperti ayam kehilangan induk, saya hanya bisa mengandalkan sharing2 seperti ini, browsing internet, menggali pengalaman rekan kerja, bertanya dan bertanya. Oh ya saya ingin nanya, apa ada tempat pelatihan untuk hal2 teknikal seperti ini ??? yang saya tahu hanya di Cepu, mohon kalau bisa di balas ke alamat email saya Pak. Terima Kasih
    Jawab:di cepu utk mesin2 refinery. mesin2 roll mill beda. Langkah pelajari manual2 mesin, susun/program PM & repair. latih pelaksana. memang jika perlu ada bantuan tenaga berpengalaman. Brapa jumlah mesin & type/macam ? berapa jumlah team maintenance?. adakan kursus praktis: PM, lubrication, bearing, alignment dll

  7. oki kurniawan says:

    kalaw penggantian kampas kopleng sudah dilakukan ternyata masih ada slip pada kopling…bagian mana yng harus dilakukan perbaikan pak… terima kasih pak…
    Jawab: mohon maaf ya, saya kurang ahli dlm kopling kendaraan, kopling dlm web ini adalah kopling yg ada di mesin2 dlm industri, misal pump-electric motor.

  8. dede maulana ridwan says:

    salam sejahtera buat kita semua.
    pa, bagaimana caranya saya pingin mendapatkan “buku praktis alignment”? trima kasih
    Jawab: sudah dikirim semoga ber manfaat. trima kasih.

  9. bayu rahman says:

    Bisakah saya membeli buku bapak tersebut tapi yang edisi cetaknya? mohon dijawab di email ya pak…. trims
    jawab:Mas Bayu, memang ada renacana utk cetak buku, tapi belum terlasana.

  10. Ass Pak Soemarno
    Mau tanya buku yg bapak terbitkan apa aja dan berapa harganya.
    Saya berminat untuk mendapatkan buku tersebut
    Mohon info, Tks
    Salam Ismail Hambali
    jawab: akan segra dikirim, jika bermanfaat, alhamdulillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>