Panduan untuk menjaga efisiency motor listrik ketika merepair

Panduan untuk menjaga efisiency motor listrik ketika merepair.
(disarikan dari EASA buletin “Technical Service Commite)

Tantangan bagi semua Workshop rewinding motor listrik al:
• Mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin
• Menunjukan kepada contumer bahwa semua inspeksi & testing dilakukan dan didokumentasikan bahwa pekerjaan rewinding tidak mengakibatkan menurunya efisiensi motor.

Jika effisiensi turun, berarti motor perlu lebih besar tenaga listrik dari sebelumnya, yang berarti menambah pemborosan pemakain listri.
Dari hasil pengamatan terjadi bahwa hampir semua motor setelah di rewinding, efiesiensi menjadi turun. Study menyimpulkan hal2 yang memepengaruhi al: membakar core, design winding, type bearing , airgap & winding resistance.
Untuk mempertahankan efisiensi EATA membuat “recommended practice” , yang berisi
Yang harus dikerjakan dan yang tidak boleh dilakukan, ketika anda melakukan rewinding:

DO / Kerjakan.
1. Buatlah “quality assurance program”
2. Lakukan program test/kalibrasi semua alat ukur dan alat test.
3. Lakukan test stator core sebelum dan setelah membongkar.
4. Repair atau ganti laminasi yang rusak.
5. Evaluasi impact efisiensi jika merubah design winding
6. Ukur dan catat resistansi/tahanan winding dan temperature ruang
7. Ukur dan catat ampere dan voltage selama test.

DON’T / Jangan
1. Jangan overheat stator core
2. Jangan menggunakan api saat membongkar
3. Jangan mem-sandblast besi core
4. Jangan “short” laminasi, dengan menggerinda atau meng-kikir (filling)
5. Jangan memperbesar airgap
6. Jangan menambah tahanan stator winding.
7. Jangan knurl, peen, mengecat bearing fits
8. Jangan memodifikasi sebelum mendapat persetujuan pemilik.

Diskusi lebih lanjut sbb:
DO
1. Quality assurance program:
Pastikan bahwa workshop melakukan apa yang kita kehendaki. Ukuran kawat , ukuran lead wire, material isolasi apakah sesuai dengan spec. Test qualitas varnish sesuai dengan rekomendasi pabriknya varnish, Semua harus didokumentasikan saat pembongkaran, pengetesan, inspeksi, dll.

2. Lakukan program test/kalibrasi semua alat ukur dan alat test.
Semua peralatan test, pengukuran dan pengujian harus di kalibrasi secara rutin oleh yang ber wenang atau bersertifikat, sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.

3. Lakukan test stator core sebelum dan setelah membongkar.
Dokumentasikan test core stator, untuk memastikan bahwa saat pembongkaran winding tidak merusak core. EATA memberikan panduan mengetest core dengan Wattmeter satu phase .

4. Repair atau ganti laminasi yang rusak.
Pisahkan laminasi yang sudah short. Ketika restacking core pakailah coreplate yang sudah divarnish sebelah. Proses pengeringan saat varnishing harus mengikuti procedure curing. Stackinglah pada sisi yang tidak divarnish mengarah yang sisi yang varnishing.

5. Evaluasi impact efisiensi jika merubah design winding
Harus perhitungkan bahwa perubahan wire winding dapat menimbulkan perubahan efisiensi dan juga mungkin performance. Merubah jumlah penampang & panjang winding dapat mengubah total resistansi winding.

6. Ukur dan catat resistansi/tahanan winding dan temperature ruang.
Ukur dan dokumentasikan resistansi winding dan temeprature ruang. Karena temperature mempengaruhi harga resistansi

7 Ukur dan catat ampere dan voltage selama final test
Selama final test hal2 pokok harus dimonitor dan dicatat, dari start , per ½ jam atau periode waktu tertentu : suhu ruangan, suhu bearing, suhu winding, vibrasi, arus start, ampere semua phase, voltase semua phase. Besar Ampere sesuai dengan besar beban, voltage lebih tinggi menyebabkan ampre no-load lebih besar, voltage tidak balance menyebabkan arus tidak balance dan lebih besar.

DON”T / Jangan
1 Jangan overheat stator core
Membongkar dengan cara membakar, sangat merugikan. Ini akan mengakibatkan core-plating mengalami kerusakan, yang mengakibatkan timbulnya short core-plating pada laminasi. Short pada laminasi menyebakan core –looses besar. EATA memberikan pedoman, pemanasan tidak boleh lebih dari 360 C.

2 Jangan menggunakan api saat membongkar
Membongkar dengan api sngat dilarang , kerana nyala api dan suhu tidak dapat dikontrol

3 Jangan mem-sandblast besi core
Laminasi core jika disandblast juga mengakibatkan short, sehingga meningkatkan core-looses.

4. Jangan “short” laminasi, dengan menggerinda atau meng-kikir (filling)
Jangan mengikir atau menggerinda , karena akan menyebabkan short antar laminasi. Jika membersihkan varnish pada lubang di stator, jangan memperbesar lubang, karena akan menyebabkan short antar core.

5. Jangan memperbesar airgap
Memperbesar stator bore atau memotong/memperkecil diameter rotor menyebabkan air-gap bertambah besar. Yang menyebabkan arus magnitasi bertambah besar, berakibat bertambah besar losses

6 Jangan menambah tahanan stator winding.
Ukurlah diameter kawat dengan teliti, setelah mengupas varnish coating, total penampang jangan dikurangi, juga jumlah lilitan. Perubahan penampang dan jumlah lilitan sangat mempengaruhi perubahan tahan winding, selanjutnya mengubah performance motor.

7 Jangan merusak, mengecat bearing fits
Jangan melakukan sesuatu yang merusak bearing fits, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan bearing lebih awal atau premature.

8 Jangan memodifikasi sebelum mendapat persetujuan pemilik.
Melakukan perubahan atau modifikasi dapat mengakibatkan perubahan2 performance. Perubahan fan mengakibatkan pereubahan suhu motor. Perubahan bearing dan seal menyebabkan perubahan friction, yang berpengaruh terhadap efisiensi.

Kesimpulan
Pekerjaan repair ataupun rewinding tidak boleh menimbulakan penurunan efisiensi , paling tidak harus diusahakan tetap. Effiensi turun berati memerlukan energi listrik lebih besar yang berarti pemboroasan.
Misal effisiensi Motor awal 87% dan effisiensi setelah direwinding 84%.
Dengan rumus pendekatan ,maka konsumsi energi listrik menjadi : 87/84 x X = 1,04 X
Kalau X misal 300 Kw , maka 1.04 X = 312 Kw
Per hari komsusi sebelum rewinding = 24Hx 300 Kw = 7200 KWH
Per hari konsumsi setelah rewinding = 24H x 312Kw = 7488 KWH
Selisih cukup signifikan sebesar 288 KWH per hari.

Disarikan dari brosure EATA oleh
Soemarno Adibroto

16 Responses to Panduan untuk menjaga efisiency motor listrik ketika merepair

  1. rakhmad adi says:

    Selamat pagi pak soemarno
    Perkenalkan.saya adi.saat ini bekerja di dept. Maintenance PT. Astra daihatsu motor. Saya sangat tertarik dg pendalaman materi yg ada di website bapak. Kiranya berkenan, kami ingin mengundang bapak untuk berdiskusi / sharing.dan jika memungkinkan.memberikan training pada personil maintenance di tempat kami. Ada alamat email atau kontak yang bisa kami hubungi? Terima kasih.
    jawab: sudah kami balas dgn email.

  2. dese faizal fazri says:

    assalamualaikum..
    pa soemarno salam super!!
    saya ada masalah dengan mesin fan blower dengan kapasitas motor 2500 kW, masalahnya itu ada di vibrasi pada bearing fan blower, sudah berulang kali di alignment tapi hasil nihil.. faktor apa saja kira-kira yang mengakibatkan vibrasi pada bearing itu tinggi?
    terimakasih…
    jawab: fan blower tsb, mengisap/menghembus apa ya? kemungkian sebab vibrasi-> fan tdak balance. kemungkinan ada penebalan debu/kotoran di blade tidak sama, akibat stop pd waktu yg agak lama. coba beri beberapa keterangan lain.

    • wawan wijaya says:

      Dear,
      Bapak Faizal maaf numpang koment nih pak,,,saya juga pernah mendapatkan pekerjaan Repair Fan Blower Seperti itu kasusnya,,,
      setelah sy lakukan balancing Fan dan lakukan Cleaning Kumparan hasilnya ok pak,,,Thank.

  3. sanusi says:

    Pak minta alamat &no telpon.
    terima kasih sebelumnya.
    jawab; anda tinggal dimana, atau kerja dimana?

  4. dorman says:

    SALAM BUAT BAPAK SOEMARNO !!
    Saya mau Tanya pak . Saya punya masalah di kerjaan saya pak. Kebetulan berhubungan dengan kelistrikan pak. saya punya motor dc 300 kw 380volt 730ampere rpm 1470 . ketika di pakai Fuse & scr nya rusak , saya sudah ganti fuse & scr nya pak. dan pada saat saya start untuk test Saya rasa sudah ok. Ko tiba-tiba di pada saat saya star ngga masalah pak akan tetepi pada saat ampere sampai 300 amper ko malah suaranya (getaran besar sekali . itu kenapa pak?
    jawab: getaran besar, dpt disebabkan oleh mekanikal dan atau electrical: mekanis: rusak bearing, tidak alignment, rusak kopling.rotor tidak balance. electrical: magnetic center tidak ditempatnya, rusak winding,

  5. Prio Basuki Rahmat says:

    Assalamualaikum pak soemarno
    Saya mau tanya pak, saya mengalami masalah di tempat saya bekerja, yaitu generator yang terbakar, nah yang jadi pertanyaannya al: kenapa gen. tsb bisa terbakar? Bisa saya pastikan bahwa stator tidak lembab, dan apabila permasalahannya ada di mekanikal maka tegangan turun dan ampere naik (mohon koreksi jika salah) kenapa breaker pada panel tidak nge trip? Terima kasih sebelumnya karena sudah berbagi ilmu, semoga menjadi bekal di akhirat…
    jawab: maaf ya dgn info sedikit kok susah dijawab, tebak2an: memang terbakar itu karena overload, dan tegangan turun juga mungkin karena overload,kalau tidak trip ini, apakah breaker sudah betul setingnya? jadi perlu di cek berapa kapasitas gen, dan berapa beban terpasang. arus motor start itu bisa 5xlebih arus normal, jadi jangan start motor bersamaan.

  6. agil says:

    pak saya punya motor break 3 phase yg kabelnya keluar 3….q dah bongkar tapi kehilangan jejak….gmna ya pak soemarmo cara gulungnya???

  7. purwanto says:

    Maaf Bapak Saya mau bertanya Bisa Kah sebuah generator dengan spec 220/380 50 hz. di convert untuk pemakaian 440/60 hz. kalau bisa minta bantuanya agar di jelaskan
    sebelumnya maaf kalau pertanyaanya agak ribet.
    jawab: gen set itu berarti bisa 380V/50 hz. jika mesin/motoryg dipasang 440V/60Hz, maka motor tsb putaran akan berkurang menjadi 50/60 x rpm dan kkapasitas/power juga turun eqv dgn turunya voltage.

  8. heri supriadi says:

    ass..pak , untuk jenis/type/ class kawat yang digunakan yang bagus itu mempengaruhi apa tidak pak,mohon penjelasanya pak ,untuk ukuran-ukuran kawat nya mohon penjelasan pak … trimakasi .
    jawab: tentu saja ybg bagus yag baik. class isolasi menentukan ketahanan panas, juga ketahanan tegangan. ukuran kabel menetukan besar tahanan R dan berarti batas besar arus yg boleh lewat.

  9. Henry Loekman Anujaya says:

    Kepada Bapak Soemarno,
    Saya telah mentransfer sebanyak Rp 100,000 pada tanggal 28 April 2014 untuk pembelian buku Praktis Alignment penulisan Bapak. Namun sampai hari ini saya belum menerima pdf file yang telah dijanjikan akan dikirimpada saya melalui email yang saya daftarkan pada saat pembelian. Saya menunggu respon Bapak akan hal ini. Terima kasih.
    jawab: maaf saya mungkin lupa atau sdh dikirim tapi, email full tidak bisa menerima. sdh dikirim selasa pagi 20 mei. semoga bermanfaat.

    • Henry Loekman Anujaya says:

      Pak Soemarno, maaf apakah boleh tolong di check email address pengirimannya? Karena saya sampai saat ini belom menerima nya dan saya sudah mencheck di semua folder mail. Apakah bisa tolong mengirimkan ulang pada email address trikencanapolypack@hotmail.com atau helenfwlo@gmail.com? Terima kasih.
      jawab: baik tak coba lagi.utk ketiga kalinya.

  10. zainul arifin says:

    salam kenal , saya praktisi bekerja di bagian listrik sudah 24 th
    sangat memberikan apresiasi dan sangat berguna sharring ilmunya sekali lagi terimakasih telah memberikan peengalaman.
    jawab; jjika ingin menamabah, silahkan.

  11. miftah says:

    Selamat sore pak… Saya mau nanya… Cara menyambungkan kbel frequwnsi itu melalui apa? Gensetvsaya kan ada ukuran hznya. Tp ngambil setrumnya lwt mana ya.. Apa dr salah satu pas apa g mana… Sedangkan generatorvsayakan tiga pas… Trs apa nyambungnya min plus apa g mana…
    jawab: mohon maaf ya. tanpa melihat barangnya, saya tidak bisa menjawab, tidak faham pertanyaannya.coba pertanyaanya disusun yg urut agar mudah dimengerti.

  12. mz didi says:

    hebat pak.. penjelasannya sangat simple dan jelas,, ikut nyimak saja, karna pertanyaannya udah ditanyakan ama teman2,,
    jawab: silahkan ikut2 ngisi

  13. Edy umbaryono says:

    Assalamualaikum Bp.Sumarno Perkenalkan saya yg duduk di dpn bapak waktu naik kereta api. Tgl 2 agst 2016. Pripun bpk. Mugi2 sampun ndugi malang kanti rahayu.
    Kulo mboten ngertos bab tekhnik…namung kulo kagum kaliyan semangatipun panjenengan.Wonten ing yuswo sak monten taksih semangat. Luar biasa.Mbok menawi semanten rumiyin.sanes wekdal saget sinambung malih. Nuwun Wassalamualaikum. Wr.wb.
    jawaB: waalaikumussalam wr wb’ piye test, apa sudah ada hasil, semangat iku harus di dipelihara agar tidak mudah padam. kalai ke Malang silahkan mampir rumah di PBI J2-3 Malang. biyei aku yo ora ngerti tehnik. kan ora ono bayi langsung iso nulis. tak kirimi PDF satu dulu ya, nek seneng mengko tak kirim meneh. salam kanggo bapakmu. teteplah semangat yo peringan beban orang tuamu yo.
    wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>