9 item membuat descrption utk Purchase barang/spare part

Membeli barang/spare-part/produk/service bagi petugas pembelian/buyer kadang kala menghadapi masalah atau kendala yang rumit. Sedangakan target dari pemebelian ialah ; mendapatkan barang dengan cepat, benar barangnya/tidak salah, dan degan harga yg murah. Salah satu penyebab tidak tercapainya target tsb. Ialah deskripsi atau spesifikasi tidak ditulis secara lengkap apa yg di minta, sehingga penyedia barang tidak cukup ngerti barang yg di maksud. Berikut ini beberapa hal yg diperlukan utk panduan membuat descripsi.Bagaimana cara membuat spesifikasi atau deskripsi

Memasukan Delapan item dan satu item utk mencegah.
jika permintaan barang cukup flexible maka tidak diperlukan spesifikasi terlalu detail. Tetapi jika permintaan barang harus sama persis sesuai dgn permintaan, maka specifikasi diperlukan lebih/sangat detail.
Delapan item yg perlu dipertimabangakan utk dimasukan ketika membuat deskripsi/specifikasi barang atau service yang anda minta.

1. Specify LINEAR DIMANSIONS (dgn atau tidak dengan drawing), jika product bentuknya sederhana mungkin tidak perlu gambar artinay ahamay diperlukan ukuran , tetapi jika bentuknya cukup rumit gambar akan sangat membantu. Ukuran2 harus detail dan jelas dgn stnadardvtertentu apakah metris atau inchi.
2. Describe the SHAPE (umumnya perlu drawing). Gambar dgn ukuran2 jelas sngat membantu utk mendapatkan barang. Bentuk2 standard juga tersediak ketika kita membeli besi atau pipa, dapat di order dgn hanay menyebut nama, ukuranndan tipe besinya.
3. Sebutkan Unit/satuan ukuran; sebutkan satuan ukuran yg dipakai. Missal satuan panjang dipakai: meter,millimeter, feet, inchi. Berat dgn pound, kilogram, ounces, ton. Volume dgn liter, meter cubic. Tekanan dgn psi, bar, kg per cm2.
4. Specify COLOR.: Warna sangat sulit utk menentukan tanpa membuat standard tertentu. Membuat standard warna juga sulit. Tetapi ini dapat dilakukan dgn menganut standard product tertentu. Karena tanpaini supplier mengalami kesulitan memenuhi permintaan. Missal untuk cat kita mengikuti standard warna dgn nomor dari sebuah merk tertentu. Atau nomor RAL.
5.Specify FORMULAS: raw material, chemical compound, lubriacant, drugs, coating dan detergents dapat di spesikasi dgn formula yg ditentukan
6.Specify PACKAGING: pengepakan mungkin sudah merupakan standard dari pebrikan/penjual sehingga pemebli tidak perlu mengajukan secara detail. Tapi dalam hal tertentu perlu juga di buat spesifikasi detail jika diperlukan missal al: jika produk tsb akan dijual kembali, ini macam dan ukuran setiap barang perlu dibuat detail. Jika produk akan dimuat dgn transportasi tertentu, missal kapal laut, truk angkutan darat atau ankutan udara. Jika produk tsb akan di taruh di gudang terbuka, missal dilengkapi terpal dll. Jika produk tsb harus dicegah dari pengkaratan. Dsb. Dengan membuat specifikasi pengepakan secara detail dapat berpengaruh thdp harga, dpat bertambah ataupun berkurang.
7. Descripe the Required QUALITY AND TESTING, Semua spesifikasi menentukan tingkat kwalitas suatu barang/produt/service yg diminta. Untuk menentukan tingkat kwalitas juga diperlukan cara/metode verivikasi sebagai cara untuk menetukan barang dapat atau tidak dapat diterima. Maka perlu didescripkan al: di-ukur, di-test, dianalisa dan dilengkapai dgn sertifikat2 tertentu. Missal : sertifikat uji coba, test tekanan, test ketebalan dll.
8.include the CarRIER NAME AND ROUTING SPECIFICATION. Jika buyer ingin memilih pengangkutan kusus, maka perlu disebutkan dan perjanjian PO, dan juga alur perjalanan yg dipilih. Biasanaya utk perusahaan besar memilih model transportasi yg tercepat, aman dan murah.
9. Avoid BRAND NAMES>. Hindari mencantukan nama pabrik pembuat jika memungkinkan. Tetapi jika harus memakai, karena produk kusus atau karena belum tahu ada merk lain, maka perlu ditambah “ or equivalent..

2 Responses to 9 item membuat descrption utk Purchase barang/spare part

  1. A. Widiyanto says:

    Pak Soemarno Adibroto yth
    Terima kasih pencerahan dan tambahan pengetahuan mengenai purchasing.
    Salam
    A. Widiyanto
    Mantan Pertamina Plaju
    Palembang
    jawab: wah-wah. apa kabar? sekarang di mana? apa ada bisinis baru? ajak2 lah. salam utk teman2.

  2. Frisiliana says:

    Saya Frisiliana, bekerja di salah satu perusahaan sawit di Indonesia, saya ditempatkan di Site dengan jabatan staff Purchasing and Logistic.
    saya ucapkan terimakasih atas tips mengenai purchasing.
    kedepannya saya berharap bapak posting tips mengenai bagaimana cara mengatasi keterlambatan barang datang dengan leadtime yang tidak menentu.
    jawab.trima kasih atas saranya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>